Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Mau Mencicipi Ayam Bekakak Bakar Lezat? Berikut Resepnya

Mau Mencicipi Ayam Bekakak Bakar Lezat? Berikut Resepnya

Ayam Bekakak Bakar

Resep ayam bekakak bakar

Resep ayam bekakak bakar yang akan diinformasikan berikut bisa Anda coba masak sendiri di rumah. Siapa tahu Anda berminat mencicipi ayam bekakak yang sudah terkenal rasanya lezat dan menggugah selera.

Diketahui ayam bekakak merupakan kuliner khas Sunda yang mungkin dijual di sekitar Jawa Barat saja. Sementara itu, Anda yang berdomisili di luar Jawa Barat dan ingin menyantap ayam bekakak, sepertinya tak mungkin jauh-jauh datang ke Jawa Barat.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memasak ayam bekakak sendiri. Tentu saja dengan bahan, bumbu, serta cara memasaknya yang direkomendasikan.

Jadi, tak boleh asal menyiapkan bahan terutama bahan utamanya, yaitu ayam kampung asli. Harus ayam kampung agar rasa masakannya benar-benar lezat.

Sementara untuk cara memasak resep ayam bekakak bakar yang direkomendasikan, berikut dinformasikan selengkapnya.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ayam kampung muda
  2. 200 ml santan kelapa kental
  3. 2 lembar daun salam
  4. 1 batang serai digeprek
  5. 400 ml air matang
  6. 1 sendok makan gula merah
  7. Garam secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 7 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 2 butir kemiri
  4. 4 cabai merah besar
  5. 2 cm lengkuas
  6. 2 cm jahe
  7. 1 sendok teh merica butiran atau bubuk
  8. 1 sendok makan ketumbar

Bumbu untuk merendam

  1. 3 cm kunyit dibakar
  2. 3 siung bawang putih
  3. Garam secukupnya

Cara membuat ayam bekakak bakar

Setelah semua bahan dan bumbu resep ayam bekakak bakar di atas siap, Anda bisa segera mempraktikkan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Cuci dan bersihkan terlebih dulu ayam kampung di bawah air mengalir. Lalu, belah bagian dada atau tengah jangan sampai putus.
  2. Selanjutnya, haluskan bumbu untuk merendam. Lalu, lumuri ayam dengan bumbu halus tersebut hingga rata di permukaannya. Setelah itu, ambil wadah dan masukkan ayam yang sudah dilumuri bumbu di dalamnya. Tuangkan air matang ke dalamnya. Rendam ayam sekitar 60 menit.
  3. Haluskan bumbu yang sudah disiapkan. Lalu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum.
  4. Tambahkan batang serai dan daun salam. Aduk merata hingga layu.
  5. Masukkan ayam beserta bumbu perendamnya. Aduk dan masak merata. Tambahi garam dan gula merah. Aduk terus hingga air mendidih.
  6. Kecilkan api kompor. Tuangkan santan kelapa ke dalam wajan. Aduk perlahan hingga santannya menyusut. Ungkep ayam hingga bumbunya meresap ke dalamnya.
  7. Matikan kompor dan ayam kampung yang sudah diungkep siap dibakar.
  8. Siapkan tempat untuk membakar ayam. Ambil sisa bumbu ungkep yang diwajan dan beri 3 sendok makan kecap manis. Aduk rata.
  9. Oleskan bumbu tersebut pada permukaan ayam hingga merata. Lalu, bakar ayam hingga berwarna kecoklatan. Jangan lupa membolak-balikkan ayam agar tidak gosong. Setelah matang, angkat ayam dan sisihkan.
  10. Siapkan piring saji untuk plating. Letakkan ayam bekakak bakar yang sudah matang di atasnya. Sebagai pelengkap, Anda bisa menyiapkan lalapan timun dan sambal dadak.

Itulah resep ayam bekakak bakar selengkapnya. Cara membuatnya memang cukup rumit, tetapi rasanya setelah matang benar-benar luar biasa. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info