Lompat ke konten
Home » Hidden Gems Solo, Worth It Banget Buat Dikunjungi !

Hidden Gems Solo, Worth It Banget Buat Dikunjungi !

Pandawa-Water-World

Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang menyimpan banyak keindahan alam dan identic dengan suasana “Adat Jawa” nya yang masih terjaga hingga saat ini. 

Lokasi kota Solo yang sangat strategis (berada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah) sehingga banyak wisatawan yang singgah di kota ini.

Tak hanya terkenal sebagai kota Sejarah, pemandangan alam dan kulinernya yang khas membuat wisatawan tak akan pernah melupakan kota ini dan selalu ingin kembali untuk mengeksplor kota ini. Berikut beberapa tempat wisata yang bisa kalian kunjungi saat berada di kota Solo :

1.   Pandawa Water World Solo Baru

Tempat wisata yang berkonsep kolam renang dan waterboom ini merupakan tempat wisata terbaru yang ada di Solo. Fasilitas permainan air yang ada di sini terbilang cukup lengkap. pandawa Water World berada di jl. Cernara Raya Solo Baru dan buka setiap hari Senin hingga Minggu, pukul 09.00 – 18.00 WIB.

Tiket masuk wahana air terbilang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 80.000,00 di weekday dan Rp 100.000,00 di weekend.

Harga yang dipatok oleh pengelola sesuai dengan fasilitas yang akan pengunjung dapatkan di sana. Yang menjadi icon atau karakter di pandawa water world ini adalah tokoh – tokoh pewayangan di cerita Mahabharata.

Baca Juga :  Liburan Keluarga Wana Wisata Dander Bojonegoro

Contohnya seperti patung Kresna terukir paling besar di bagian utama kolam ombak. Ada juga patung Bima yang berukuran sedang di area Bima slide, patung Yudhistira dan Drupadi sebagai patung yang mengisyaratkan “sugeng rawuh” atau dalam Bahasa Indonesia artinya selamat datang.

Berdasarkan map atau petanya total ada 18 area kolam yang bisa “dimainkan” hingga seharian penuh wisatawan berada di tempat ini.

Setiap area atau spot kolam yang ada di sini juga memiliki ciri khas atau keunikan masing – masing seperti Kunti children and toddler pool yakni kolam yang dikhususkan untuk anak – anak dan balita bermain sehingga kedalaman kolamnya mudah dijangkau oleh anak – anak dan balita.

Earth shower yang merupakan kolam air mancur yang menggunakan teknologi “semburan” air. Ada pula Drupadi food server yang menyediakan aneka makanan dan minuman untuk melepas lapar dan dahaga.

2.   Air Terjun Jumog, Karanganyar

Air terjun ini berada di lereng Gunung lawu dengan ketinggian air terjun sekitar 30 meter. Tepatnya di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.

Baca Juga :  Bukan Hanya Umbul Ponggok, ini TopWisata Hits Murah Meriah Klaten

Tiket masuk air terjun ini sangat murah yakni hanya 5,000 rupiah saja untuk wisatawan lokal dan 15,000 rupiah untuk wisatawan mancanegara.

Jam buka wisata ini yakni pukul 08.00 pagi dan akan ditutup pukul 17.00 sore. Pemandangan hamparan pepohonan yang rindang membuat pengunjung akan merasa “comfort” berada di tempat ini.

Air terjun ini memiliki julukan “Surga yang Hilang” dikarenakan letak air terjunnya tersembunyi di antara semak belukar dan pepohonan hijau nan rimbun.

Aliran airnya bening dan tak terlalu deras ngebuat pengunjung yang datang ingin mandi atau sekedar cipik – cipik bermain air.

Untuk mencapai air terjunnya pengunjung harus berjalan sekitar 100 meter, namun jangan khawatir pepohonan yang rindang serta udaranya yang sejuk tidak akan membuat kepanasan selama perjalanan.

Pengelola wisata air terjun ini menyediakan kursi dari kayu maupun hammock yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat dan melepas lelah.

3.   Museum Purbakala Sangiran

Eduwisata merupakan istilah yang tepat apabila kita mengunjungi tempat wisata satu ini. Terletak di desa Sangiran – Sragen dengan perjalanan hanya 1 jam dari kota Solo pengunjung dapat mengetahui atau mempelajari tentang fosil purba seperti yang ada dalam buku sejarah.

Baca Juga :  Pemandian Kebon Agung Kaliwates Jember dari sumber air alami

Selain fosil manusia, pengunjung dapat melihat pula fosil hewan dan bebatuan yang ada jutaan tahun yang lalu. Kawasan Sangiran ini terdaftar oleh UNESCO (salah satu badan organisasi dunia PBB) sebagai salah satu warisan budaya dunia.

Terdapat juga diorama yang menggambarkan tentang kehidupan di zaman purbakala. Dijamin deh pengunjung tidak akan bosan dan betah berlama – lama di dalam museum ini.

Sponsor topwisata.info