Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Nasi Kebuli yang Dimasak dengan Kearifan Lokal Indonesia

Nasi Kebuli yang Dimasak dengan Kearifan Lokal Indonesia

Nasi Kebuli (1)

Resep nasi kebuli

Resep nasi kebuli sangat identik dengan budaya dan tradisi Arab. Biasanya, nasi kebuli dihidangkan pada acara atau kegiatan yang diselenggarakan oleh keturunan ataupun komunitas arab.

Namun dalam perkembangannya, menu kuliner yang satu ini sudah menyebar di seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Dengan begitu, semua orang bisa menikmatinya karena sudah ada yang menjualnya mulai warung pinggiran jalan hingga restoran berbintang.

Biasanya, nasi kebuli disajikan dengan bahan utama daging kambing atau domba. Selain itu, nasinya dipilih jenis basmati yang ukuran berasnya panjang-panjang.

Anda yang ingin memasak nasi kebuli dengan kearifan lokal tak perlu menggunakan beras basmati dan bisa menggantinya dengan nasi putih biasa.

Sementara untuk daging kambingnya, dapat diganti dengan daging ayam tapi dipilih jenis ayam kampung agar rasanya tetap mantul.

Lalu, bagaimana resep nasi kebuli dengan kearifan lokal yang direkomendasikan untuk dimasak? Berikut informasi selengkapnya yang harus Anda baca.

Bahan-bahan

  1. 250 gram beras putih
  2. 250 gram ayam kampung, pilih bagian paha atau dada
  3. 1 buah jeruk nipis
  4. ½ siung bawang bombay diiris tipis
  5. 1 batang serai digeprek
  6. 2 buah daun jeruk
  7. ½ butir kapulaga
  8. 3 cm batang kayu manis
  9. 5 butir cengkih
  10. 2 buah bunga lawang
  11. 2 sendok makan bubuk kari
  12. 1 sendok teh garam
  13. 1 sendok teh kaldu bubuk
  14. 1 sendok teh gula pasir
  15. 1 sendok makan saos tomat
  16. 5 sendok makan susu cair putih
  17. 65 ml santan instan
  18. 2 sendok makan margarin
  19. Air matang secukupnya
  20. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Membuat Semur Ayam Kecap kesukaan Keluarga

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 1 cm kunyit
  4. 1 cm jahe
  5. 2 buah cabai merah besar
  6. ½ sendok makan ketumbar bubuk
  7. ½ sendok teh lada bubuk

Cara membuat nasi kebuli

Setelah semua bahan dan bumbu diatas siap, Anda bisa segera mempraktikkan resep nasi kebuli dengan langkah-langkah memasaknya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ayam kampung di bawah air mengalir. Lalu, kucuri dengan perasan jeruk nipis dan aduk merata untuk menghilangkan bau amisnya. Diamkan sekitar 10 menit, lalu bersihkan lagi di bawah air mengalir.
  2. Selanjutnya, siapkan panci dan rebus ayam hingga keluar busanya. Matikan kompor, buang airnya, dan ganti dengan air baru. Setelah itu, rebus ayam lagi untuk kedua kalinya dengan api kompor kecil saja untuk mengeluarkan kaldunya. Angkat daging ayam dan tiriskan.
  3. Sementara itu, Anda bisa memanaskan wajan penggorengan dan beri margarin untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. tambahkan bawang bombay, batang serai, daun jeruk, kepulaga, kayu manis, cengkih, dan bunga lawang. Tumis hingga semua bahan layu.
  4. Langkah selanjutnya, masukkan ayam dan kuah kaldu ke dalam wajan dan aduk merata dengan bahan tumisan. Kecilkan api kompor.
  5. Masukkan juga susu cair, santan, bubuk kari, garam, kaldu bubuk, gula pasir, dan saos tomat. Aduk terus pelahan dan masak hingga bumbu meresap ke dalam ayam. Jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya.
  6. Setelah matang, angkat dan tiriskan ayam. Sementara itu, sisa air kaldunya jangan dibuang karena digunakan untuk memasak nasinya.
  7. Siapkan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ayam. Setelah panas, goreng ayam hingga berwarna kecoklatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  8. Langkah berikutnya, memasak nasi. Cuci dulu beras putih hingga bersih. Lalu, masukkan beras tersebut ke dalam magic com agar lebih cepat. Tuangkan air sisa kaldu ayam tadi ke dalamnya dan pastikan semua beras terendam dan lebihkan airnya agar matangnya sempurna.
  9. Setelah matang, buka penutup magic com agar uap air keluar. Jangan lupa untuk mengaduk nasinya agar lebih pulen.
  10. Siapkan piring saji untuk plating. Ambil dan letakkan diatas piring nasi kebuli yang sudah matang secukupnya. Letakkan ayam goreng di pinggirnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya jika ada. Nasi kebuli siap disantap.
Baca Juga :  Resep Sederhana Mie Ramen Homemade

Itulah resep nasi kebuli yang dimasak dengan kearifan lokal. Dijamin rasanya tetap mantul. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan