Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Nasi Padang buatan Sendiri yang Rasanya Mantul

Nasi Padang buatan Sendiri yang Rasanya Mantul

Nasi Padang (1)

Resep nasi Padang

Resep nasi Padang pasti banyak yang suka, meskipun bukan asli berasal dari Kota Padang, Sumatra Barat. Rasa bumbu khas Minang begitu terasa di semua menu masakannya.

Mulai dari gulai ayam, sayur daun singkong, dan sambal cabai hijaunya (sambalado hijau). Dengan keistimewaan semua citarasa tersebut, tidak heran banyak orang yang menyukai kuliner khas Padang.

Bukan hanya orang Indonesia saja, tetapi tidak sedikit orang dari negara lain yang menyukainya. Apalagi mencicipi rendang khas Padang yang begitu lezat.

Namun sekarang, Anda akan disuguhkan menu nasi Padang yang biasa dijual di rumah makan Padang di berbagai pelosok daerah. Anda tak perlu membelinya dan bisa membuatnya sendiri di rumah.

Lalu, bagaimana resep nasi Padang yang direkomendasikan untuk dimasak di rumah? Untuk lebih jelas dan lengkapnya, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan untuk gulai ayam

  1. 500 gram ayam pedaging
  2. 2 batang serai digeprek diambil bagian putihnya
  3. 2 cm lengkuas digeprek
  4. 4 lembar daun jeruk
  5. 500 ml santan kental
  6. 1 sendok teh garam
  7. 1 sendok teh gula pasir
  8. Kaldu bubuk secukupnya
  9. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep tempe bacem basah, rasa manis dan gurih menyatu banget

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 5 buah cabai merah besar
  4. 2 butir kemiri
  5. 1 cm kunyit
  6. 1 cm jahe
  7. 1 sendok teh ketumbar bubuk
  8. ½ sendok teh pala bubuk
  9. ½ sendok teh jintan bubuk

Bahan untuk sambalado hijau

  1. 10 buah cabai hijau besar
  2. 5 buah cabai rawit hijau
  3. 1 buah tomat hijau
  4. 3 siung bawang merah
  5. 1 sendok teh garam
  6. 1 sendok teh gula pasir
  7. Kaldu bubuk secukupnya

Bahan pelengkap

  1. Telur dadar khas Padang secukupnya
  2. Daun singkong rebus secukupnya

Cara membuat nasi Padang

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan, Anda bisa segera mempraktikkan resep nasi Padang dengan cara memasaknya sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, Anda memasak gulai ayam terlebih dulu. Bersihkan ayam dulu di bawah air mengalir, lalu potong menjadi 4 – 5 bagian atau sesuai selera. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, haluskan semua bumbu halus. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan batang serai, lengkuas, dan daun jeruk. Tumis hingga layu.
  3. Setelah itu, masukkan potongan ayam dan aduk merata hingga berubah warna. Lalu, masukkan santan kental ke dalamnya. Kecilkan api kompor dan aduk pelahan saja. Bumbui dengan garam, gula, dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk terus merata.
  4. Masak hingga kuah mendidih dan mengental. Pastikan ayam sudah matang dan empuk. Jangan lupa untuk mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika belum pas, tambahkan kaldu bubuk secukupnya dan aduk lagi sebentar. Matikan kompor dan gulai ayam sudah matang.
  5. Selanjutnya, Anda membuat sambalado hijau. Caranya, rebus cabai hijau, cabai rawit hijau, dan tomat hijau hingga lunak. Angkat dan tiriskan. Siapkan cobek dan taruh bahan rebusan diatasnya. Tambahkan garam, gula, dan kaldu bubuk secukupnya. Lalu, uleg kasar semua bahan.
  6. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak sedikit untuk menumis. Setelah panas, tumis sambalado sebentar saja. Matikan kompor dan sambalado hijau sudah matang.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Beri nasi putih secukupnya diatasnya. Tambahkan gulai ayam dan sambalado hijau diatasnya. Jangan lupa lengkapi dengan telur dadar rebusan daun singkong secukupnya. Jadilah nasi Padang spesial yang bisa segera disantap.
Baca Juga :  Cara Membuat Resep Nugget Ayam Wortel Untuk Si Kecil

Resep nasi Padang diatas silahkan Anda praktikkan sendiri di rumah. Jangan lupa mengajak seluruh anggota keluarga dan orang terdekat untuk mencicipinya saat sudah matang. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan