Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Gulai Cumi Isi Telur yang Satu Ini Jangan Sampai Anda Lewatkan

Resep Gulai Cumi Isi Telur yang Satu Ini Jangan Sampai Anda Lewatkan

Gulai Cumi Isi Telur (1)

Resep gulai cumi isi telur

Menu gulai cumi isi telur sepertinya sangat menggugah selera. Disantap dengan ditemani nasi hangat pasti super lezat. Sangat cocok untuk menu makan siang Anda sekalian.

Apalagi disantap bersama seluruh anggota keluarga atau orang terdekat. Hal tersebut semakin menambah kehangatan dalam kebersamaan yang menyenangkan.

Namun, apakah Anda sudah pernah mencicipi kuliner yang satu ini? Biasanya, menu ini dijual di rumah makan padang. Namun tenang saja, kamu dapat menyantapnya sendiri di rumah dengan bahan, bumbu, serta cara memasak yang akan diinformasikan berikut.

Lalu, bagaimana resep gulai cumi isi telur yang direkomendasikan untuk segera dipraktikkan di rumah? Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian di bawah ini.

Bahan-bahan

  1. 2 – 3 ekor cumi ukuran besar
  2. 3 cm lengkuas digeprek
  3. 1 batang serai digeprek diambil bagian putihnya
  4. 2 lembar daun salam
  5. 2 lembar daun jeruk dibuang tulang daunnya
  6. ½ sendok teh garam
  7. ½ sendok teh merica bubuk
  8. 2 buah asam kandis
  9. 1 sendok teh gula pasir
  10. 1 sendok teh air jeruk nipis
  11. 500 ml air matang
  12. 100 ml santan kental
  13. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Baca Juga :  Resep Ayam Tauco Pedas, Rasanya Sedap dan Unik

Bahan isian cumi

  1. 2 buah tahu kuning dihancurkan lembut
  2. 2 butir telur ayam dikocok
  3. 2 siung bawang merah dihaluskan
  4. 2 siung bawang putih dihaluskan
  5. 2 batang daun bawang diiris kecil
  6. ½ sendok teh garam
  7. ½ sendok teh merica bubuk

Bumbu yang dihaluskan

  1. 7 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 1 buah cabai merah besar
  4. 3 cm kunyit
  5. 2 cm jahe
  6. 3 butir kemiri
  7. ½ sendok teh ketumbar bubuk

Cara memasaknya

Setelah semua bahan dan bumbu diatas siap, Anda dapat segera memasak resep gulai cumi isi telur dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu cumi di bawah air mengalir. Buang semua kotoran, plastik, dan tinta di dalamnya. Setelah itu, lumuri cumi dengan garam dan merica. Aduk rata dan diamkan selama 30 menit.
  2. Siapkan sebuah wadah baskom atau sejenisnya. Setelah itu, masukkan semua bahan isian cumi yang sudah disiapkan ke dalam wadah satu per satu. Lalu, aduk merata dan sisihkan.
  3. Selanjutnya, ambil cumi yang sudah dimarinasi. Belah perut cumi dan isi dengan bahan isian yang sudah jadi hingga penuh. Lakukan hal tersebut hingga semua cumi terisi bahan isian. Lalu, potong cumi melintang dengan ukuran sedang. Sisihkan.
  4. Siapkan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Lalu, tambahkan lengkuas, batang serai, daun salam, daun jeruk, dan asam kandis. Tumis hingga semua tercampur dan layu.
  5. Selanjutnya, masukkan air matang dan aduk dulu merata. Tambahkan santan dan kecilkan api kompor. Bumbui dengan garam, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk perlahan hingga mendidih.
  6. Setelah itu, masukkan potongan cumi ke dalam wajan dan aduk perlahan. Memasak cumi tak perlu lama karena bisa menyebabkan rasanya alot atau keras. Namun demikian, pastikan bahan isian di dalam cumi matang.
  7. Jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasa. Jika sudah pas, matikan kompor dan masakan sudah matang, siap dihidangkan.
  8. Siapkan sebuah piring atau mengkuk saji ukuran sedang untuk plating. Tuangkan masakan gulai cumi di atasnya. Taburi bawang goreng secukupnya jika ada. Lebih mantap menyantapnya dengan sepiring nasi hangat.
Baca Juga :  Resep Gulai Ikan Mas, Alternatif Masakan Khas Lebaran yang Tidak Kalah Sedapnya

Silahkan Anda coba memasak resep gulai cumi isi telur seperti yang diinformasikan diatas. Rasanya dijamin mantul. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan