Lompat ke konten
Advertisements
Home » Sop Ayam Kampung Khas Pak Min Klaten yang Pasti Lezat

Sop Ayam Kampung Khas Pak Min Klaten yang Pasti Lezat

Sop Ayam Kampung (1)

Resep sop ayam kampung

Baru mendengar saja menu sop ayam kampung, kita semua tentu sudah membayangkan masakannya. Mulai dari segar kuahnya yang gurih.

Ditambah rasa ayam kampung yang sudah dimasak hingga empuk, sehingga benar-benar menggoyang lidah. Apalagi disantap bersama nasi hangat. Itulah menu kuliner yang sangat cocok di musim penghujan seperti ini.

Ada salah satu menu kuliner yang sudah tersohor, yaitu sop ayam Pak Min Klaten. Masakan sopnya sudah populer seantero Jawa Tengah.

Anda yang kebetulan berasal dari Klaten atau sekitarnya tentu sudah pernah mencicipi sopnya, bukan? Adapun Anda yang belum pernah mencicipinya, sekarang dapat memasaknya sendiri di rumah.

Lalu, apa saja bahan, bumbu serta cara memasak sop ayam kampung yang enak seperti khas Pak Min Klaten? Silahkan Anda baca dulu resep selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ayam kampung ukuran sedang
  2. 7 siung bawang putih digeprek
  3. 2 cm jahe digeprek
  4. ½ sendok makan ebi
  5. 2 batang seledri
  6. 3 lembar daun salam
  7. 2 lembar daun jeruk dibuang tulang daunnya
  8. 4 butir cengkih
  9. ¼ sendok teh merica
  10. 1 sendok makan garam
  11. 1 sendok teh gula pasir
  12. ¼ sendok teh kaldu bubuk
  13. 2 liter air matang untuk merebus
  14. 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis
Baca Juga :  Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana di rumah

Bahan pelengkap

  1. 1 buah jeruk nipis dipotong
  2. Irisan daun seledri secukupnya
  3. Bawang goreng secukupnya
  4. Cabai rawit secukupnya untuk sambal

Cara memasaknya

Sponsor topwisata.info

Setelah semua bahan diatas siap, Anda bisa memasak resep sop ayam kampung yang lezat dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ayam kampung di bawah air mengalir. Lalu, potong menjadi 10 bagian atau sesuai selera Anda. Setelah itu, rebus ayam kampung sekitar 60 menit. Angkat dan tiriskan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah panas, tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Siapkan cubek dan tuangkan tumisan diatasnya. Uleg hasil tumisan tersebut hingga halus. Sisihkan.
  3. Siapkan panci ukuran sedang. Beri air matang di dalamnya yang sudah disiapakan dan panaskan dengan api kompor sedang saja. Lalu, masukkan potongan ayam dan bumbu halus tumisan tadi ke dalamnya. Aduk sebentar.
  4. Tambahkan semua bahan yang belum dipakai. Aduk terus merata dan masak hingga ayam empuk. Setelah mendidih, kecilkan api kompor dan cicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika masih kurang asin, tambahkan kaldu bubuk atau garam secukupnya. Aduk lagi merata.
  5. Matikan kompor dan masakan sudah matang, siap dihidangkan. Jangan lupa membuat sambal rawitnya. Caranya, siapkan mangkuk atau piring kecil. Lalu, taruh beberapa cabai rawit diatasnya sesuai selera. Uleg cabai rawit dengan sendok, lalu siram dengan kuah sop secukupnya. Aduk sebentar dan sambal sudah siap.
  6. Siapkan piring atau mangkuk untuk plating. Beri nasi putih secukupnya, lalu tuangkan sop ayam yang sudah matang. Beri perasan jeruk nipis, irisan seledri, taburi bawang goreng secukupnya, dan jangan lupa sambal rawitnya. Anda juga bisa menambahkan kecap manis secukupnya jika mau.
Baca Juga :  Oseng Mercon Ati Ampela yang Rasanya Begitu Menyengat Lidah

Akhirnya, resep sop ayam kampung sudah jadi dan siap disantap. Jangan menunggu lebih lama lagi untuk segera coba memasaknya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sponsor topwisata.info