Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Gulai Ikan Tenggiri Khas Sumatra, Rasanya Bikin Ketagihan

Gulai Ikan Tenggiri Khas Sumatra, Rasanya Bikin Ketagihan

Gulai Ikan Tenggiri (1)

Resep gulai ikan tenggiri

Resep gulai ikan tenggiri menjadi salah satu yang bisa Anda coba masak sendiri di rumah. Gulai merupakan jenis masakan berkuah khas Indonesia.

Namun demikian, ada sedikit perbedaan masakan gulai di Jawa dengan Sumatra. Gulai di Jawa dimasak dengan kuah lebih encer dan bumbu-bumbunya tidak begitu kuat, tetapi masih tetap enak di lidah.

Berbeda dengan masakan gulai di Sumatra yang kuahnya kental dan menggunakan santan lebih banyak. Bumbu-bumbu rempahnya juga lebih kuat, sehingga aromanya sangat terasa sekaligus rasanya sedap.

Adapun bahan utama yang bisa dimasak dengan bumbu gulai, yaitu beragam protein hewani, seperti daging sapi, daging kambing, ayam, dan beragam jenis ikan.

Nah, disini akan diinformasikan resep gulai ikan tenggiri yang dimasak khas Sumatra. Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca uraian di bawah ini.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ikan tenggiri ukuran besar
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 500 ml santan atau dari ½ butir kelapa
  4. 2 batang serai digeprek
  5. 1 lembar daun kunyit dibuat simpul
  6. 4 lembar daun jeruk dibuang tulang daunnya
  7. 2 sendok teh garam
  8. 1 sendok teh gula pasir
  9. Kaldu bubuk secukupnya
  10. 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis
Baca Juga :  Ayam Panggang Bumbu Ketumbar, Menggugah Selera

Bumbu yang dihaluskan

  1. 10 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 12 buah cabai merah keriting
  4. 2 cm jahe
  5. 1 cm kunyit dibakar
  6. 4 butir kemiri disangrai

Cara memasak gulai ikan tenggiri

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah siap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep gulai ikan tenggiri dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ikan tenggiri di bawah air mengalir. Buang semua kotoran dan sisiknya jika ada. Lalu, Anda bisa memotongnya menjadi dua atau tiga bagian jika ukurannya cukup besar. Setelah itu, beri perasan jeruk nipis dan aduk merata untuk menghilangkan bau amisnya.
  2. Masukkan ke dalam kulkas dan diamkan sekitar 15 menit. Jangan dimasukkan ke dalam freezer. Setelah 15 menit, keluarkan ikan tenggiri. Sisihkan.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. tambahkan batang serai, lengkuas, daun kunyit, dan daun jeruk. Tumis hingga layu.
  4. Masukkan santan ke dalam wajan. Kecilkan api kompor dan aduk perlahan hingga mendidih agar santan tidak pecah.
  5. Setelah itu masukkan ikan tenggiri dan aduk perlahan. Bumbui dengan garam dan gula. Aduk lagi perlahan. Masak hingga santan mengeluarkan minyak. Silahkan Anda keluarkan dan buang minyaknya dari wajan penggorengan.
  6. Jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika masih belum sedap, tambahkan kaldu bubuk secukupnya. Aduk sebentar dan matikan kompor. Masakan gulai ikan tenggiri sudah matang dan siap dihidangkan.
  7. Siapkan piring atau mangkuk saji untuk plating. Tuangkan masakan yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya jika ada. Jangan lupa juga menyiapkan nasi hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Ayam Woku Kemangi Makanan Yang Menggugah Selera

Resep gulai ikan tenggiri dimasak khas Sumatra seperti diinformasikan diatas bisa Anda coba memasaknya di rumah. Setelah matang, ajak seluruh keluarga dan orang terdekat untuk mencicipinya. Dijamin rasanya lezat dan mantul. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan