Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Selat Solo Eksklusif, Rasanya Menggugah Selera

Selat Solo Eksklusif, Rasanya Menggugah Selera

Selat Solo (1)

Resep selat Solo

Resep selat Solo menjadi salah satu menu kuliner yang eksklusif karena menurut sejarahnya dulu hanya disantap oleh para bangsawan keraton.

Daging sapi yang dimasak bistik ala keraton tersebut memang dahulu hanya untuk disajikan bagi para bangsawan. Namun sekarang, daging bistik sudah bisa dimasak dan disantap oleh semua orang tanpa membedakan lagi kelas-kelasnya di tengah masyarakat.

Bahkan, daging bistik tersebut sudah dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya, seperti beragam sayuran dan telur rebus. Jadilah sebuah menu kuliner yang dinamakan selat Solo.

Ada kata Solo memang kuliner ini berasal dari Solo dan sudah menjadi masakan khas disana. Anda yang ingin mencicipi selat Solo tak perlu jauh-jauh datang kesana.

Anda dapat memasaknya sendiri di rumah setelah membaca resep selat Solo selengkapnya berikut. Semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 500 gram daging sapi bagian khas dalam
  2. 1 buah bawang bombay besar dipotong memanjang
  3. 2 buah tomat merah dipotong-potong
  4. 2 cm kayu manis
  5. 2 sendok makan kecap manis
  6. ½ sendok teh cengkih bubuk
  7. 1 sendok teh pala bubuk
  8. 500 ml air matang
  9. 2 sendok makan margarin untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 siung bawang putih
  2. 1 sendok teh merica bubuk
  3. ½ sendok teh garam
  4. ½ sendok makan gula Jawa
Baca Juga :  Resep Sie Reuboh Khas Aceh Alias Daging Rebus yang Jadi Menu Buka Puasa Andalan Masyarakat Kota Serambi Mekkah

Bahan untuk mayonais

  1. 250 ml air matang
  2. 3 sendok makan margarin
  3. 2 sendok makan tepung terigu yang dilarutkan ke dalam 4 sendok makan air matang
  4. 2 butir telur ayam dikocok
  5. 1 sendok teh saus mustard
  6. 1 sendok teh garam
  7. 2 sendok makan gula pasir
  8. 1 sendok makan cuka

Bahan pelengkap

  1. 1 ikat daun selada segar, cuci bersih lalu dipotong
  2. 3 – 4 helai buncis, direbus lalu dipotong-potong
  3. 2 buah wortel, direbus lalu dipotong kotak
  4. 3 buah kentang, direbus setengah matang lalu potong menjadi empat bagian, terus digoreng matang
  5. 3 butir telur rebus, dibelas menjadi 2 bagian masing-masing

Cara memasak selat Solo

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah siap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep selat Solo dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, Anda membuat selat atau bistik daging sapi terlebih dulu. Bersihkan dulu daging sapi di bawah air mengalir. Lalu, rebus daging sekitar 45 menit hingga matang. Angkat dan tiriskan. Diamkan sejenak agar tidak terlalu panas, lalu iris tipis daging. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri margarin. Setelah margarin memeleh, tumis bumbu halus dan bawang bombay hingga harum.
  3. Setelah itu, masukkan irisan daging dan aduk merata. Tambahkan tomat, kayu manis, cengkih, pala, kecap manis, dan air matang. Aduk merata.
  4. Masak hingga air menyusut dan pastikan daging sudah empuk serta bumbu sudah meresap ke dalamnya. Silahkan dicicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah pas, matikan kompor dan bistik daging sapi sudah matang, siap disajikan.
  5. Langkah berikutnya, Anda membuat mayonais yang nanti disajikan bersama selat Solo dalam satu hidangan lengkap. Mayonais disini harus dibuat sendiri dan tidak bisa diganti dengan mayonais instan yang siap pakai karena rasanya berbeda.
  6. Cara membuat mayonais, siapkan panci ukuran kecil dan beri air air matang yang sudah disiapkan. Lalu, nyalakan api kompor kecil dan rebus dengan margaris hingga meleleh. Setelah itu, tuangkan larutan terigu dan aduk merata.
  7. Tambahkan mustard, garam, gula pasir, dan cuka ke dalam panci. Aduk merata. Matikan kompor, lalu masukkan kocokan telur dan aduk merata perlahan saja. Nyalakan api kompor lagi dan masak hingga mendidih sambil terus diaduk.
  8. Matikan kompor dan diamkan sebentar agar tidak terlalu panas. Setelah itu, tuangkan mayonais yang sudah matang ke dalam piring atau mangkuk kecil. Siap dihidangkan.
  9. Selanjutnya, Anda siapkan piring saji untuk plating. Taruh tiga lembar daun selada. Lalu, taruh beberapa irisan daging bistik. Taruh juga beberapa kentang goreng, buncis rebus, wortel rebus, dan telur rebus diatas piring. Setelah itu, tuangkan kuah bistik daging secukupnya dan beri mayonais secukupnya di pinggir piring. Masakan selat Solo siap disantap.
Baca Juga :  Resep Rujak Cingur Khas Jawa Timur

Itulah resep selat Solo yang penyajiannya cukup eksklusif. Adapun rasanya dijamin menggugah selera Anda. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan