Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Sup Ikan Gurame yang Cocok Disantap saat Musim Penghujan

Sup Ikan Gurame yang Cocok Disantap saat Musim Penghujan

Sup Ikan Gurame (1)

Resep sup ikan gurame

Resep sup ikan gurame sangat cocok dimasak dan dihidangkan saat musim penghujan seperti saat ini. Hampir tiap hari hujan yang membuat tubuh dingin dan membutuhkan kehangatan.

Salah satu caranya, yaitu mengkonsumsi kuliner sup yang berkuah panas dan rasanya segar serta lezat saat disantap. Mulai dari anak-anak hingga orang tua pasti menyukainya.

Apalagi sup tersebut diolah dengan bahan protein hewani berupa ikan gurame, sehingga masakannya menjadi lebih lengkap.

Setelah matang, sup bisa dimakan langsung atau dengan nasi putih hangat untuk mengenyangkan perut. Mulai dari sarapan pagi, makan siang, hingga makan malam cocok untuk menyantapnya.

Menu kuliner yang satu ini bisa Anda buat seminggu sekali untuk memberikan variasi masakan. Lalu, bagaimana bahan, bumbu, serta cara memasak resep sup ikan gurame yang direkomendasikan? Berikut informasi selengkapnya.

Bahan-bahan

  1. 1 – 2 ekor ikan gurame segar ukuran sedang atau besar
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 1 sendok teh garam
  4. 2 cm lengkuas digeprek
  5. 2 cm jahe digeprek
  6. 2 batang serai digeprek
  7. 2 daun jeruk purut
  8. 3 buah belimbing wuluh
  9. 1 buah tomat merah dipotong
  10. 8 buah cabai rawit merah
  11. Daun kemangi secukupnya
  12. 1 sendok teh minyak ikan
  13. ½ sendok teh garam
  14. ½ sendok teh gula pasir
  15. Kaldu bubuk secukupnya
  16. Air matang secukupnya
Baca Juga :  Menikmati Kelezatan Sop Saudara Khas Makasar Buatan Sendiri

Bumbu yang dihaluskan

  1. 6 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih

Cara memasak sup ikan gurame

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep sup ikan gurame dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ikan gurame di bawah air mengalir. Buang semua sisik dan kotoran di bagian perut, kepala, dan insang.
  2. Setelah itu, potong fillet atau menjadi dua bagian jika ukurannya besar. Potong bagian kepalanya untuk dimasak menjadi kaldu. Lalu, beri perasan jeruk nipis dan garam. Aduk merata dan diamkan sekitar 30 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah didiamkan, bilas ikan gurame dengan air mengalir hingga bersih. Sisihkan.
  3. Langkah berikutnya, siapkan panci ukuran sedang dan rebus air hingga mendidih. Lalu, masukkan bagian kepala ikan gurame agar menjadi kaldu. Setelah menjadi kaldu, Anda dapat mengambil kepala ikan gurame tersebut atau tetap ingin memasaknya.
  4. Selanjutnya, masukkan bumbu halus, batang serai, jahe, dan daun jeruk. Kecilkan api kompor dan aduk merata.
  5. Setelah itu, masukkan cabai rawit utuh dan bumbui dengan garam dan gula pasir. Aduk merata, lalu masukkan potongan ikan gurami dan belimbing wuluh ke dalam panci. Aduk perlahan.
  6. Silahkan dicicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika masih belum pas, tambahkan kaldu bubuk secukupnya. Aduk lagi sebentar.
  7. Lalu, tambahkan daun kemangi dan potongan tomat. Matikan kompor dan masakan sup ikan gurame sudah matang. Siap dihidangkankan.
  8. Siapkan mangkuk saji ukuran sedang atau besar untuk plating. Tuangkan masakan yang sudah matang ke dalam mangkuk. Taburi bawang merah goreng secukupnya jika ada. Anda juga bisa menyiapkan nasi putih hangat sebagai pelengkap menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Udang Saus Mentega, Sajian Enak Penambah Selera

Anda bisa coba memasak di rumah resep sup ikan gurame seperti yang diinformasikan diatas. Sangat cocok disantap saat hujan atau cuaca sedang dingin untuk menghangatkan tubuh. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan