Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Cumi Goreng Tepung, Dijamin Renyah, Begini Resepnya

Cumi Goreng Tepung, Dijamin Renyah, Begini Resepnya

Cumi Goreng Tepung (1)

Resep cumi goreng tepung

Resep cumi goreng tepung bagi Anda yang hobi memasak tentu mudah membuatnya. Namun demikian, tekstur cumi yang alot serta bau amisnya tentu menjadi permasalahan tersendiri saat ingin menyantapnya.

Maka dari itu, perlu ada teknis memasaknya yang benar agar cumi goreng tepung yang dibuat benar-benar enak dan lezat, seperti yang dijual di warung atau rumah makan seafood.

Memang benar, menu kuliner yang satu ini menjadi salah satu paling populer di rumah makan seafood. Mulai dari anak-anak hingga orang tua menyukainnya.

Apalagi cumi gorengnya benar-benar renyah, sehingga saat dikunyah juga tidak alot. Anda juga bisa memasaknya seperti itu di rumah dan tak perlu membeli dan memesannya lagi.

Namun sebelumnya, silahkan membaca resep cumi goreng tepung yang diuraikan berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram cumi segar ukuran sedang
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 2 gelas air es
  4. Minyak goreng secukupnya

Bahan tepung

  1. 250 gram tepung terigu
  2. 2 sendok makan tepung tapioka
  3. 1 sendok teh baking powder
  4. 1½ sendok teh garam
  5. ½ sendok teh kaldu bubuk
  6. ½ sendok teh merica bubuk
  7. 1 siung bawang putih dicincang halus
Baca Juga :  Resep Rujak Cingur Khas Surabaya, Santapan yang Wajib Dicicipi Saat Menyambangi Ibukota Jawa Timur

Cara memasak cumi goreng tepung

Setelah semua bahan diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep cumi goreng tepung dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua cumi di bawah air mengalir. Buang semua kotoran, tinta, dan plastik di dalam tubuh cumi. Lalu, potong cumi bentuk cicin dan beri perasan jeruk nipis. Aduk merata dan diamkan sekitar 10 menit. Setelah itu, cuci bersih cumi dan tiriskan.
  2. Langkah selanjutnya, yaitu membuat adonan tepung. Caranya, ambil dua wadah untuk tempat adonan tepung kering dan basah. Setelah itu, masukkan semua bahan tepung ke dalam wadah, lalu aduk rata.
  3. Ambil sekitar 1/3 adonan tepung masukkan ke dalam wadah satunya untuk adonan basah. Tuangkan air es ke dalamnya sambil diaduk. Pastikan adonan jangan sampai terlalu encer dan kental.
  4. Selanjutnya, masukkan potongan cumi ke dalam tepung kering. Setelah itu, masukkan ke adonan tepung basah. Sekali lagi, guling-gulingkan ke adonan tepung kering. Sisihkan.
  5. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menggoreng cumi. Pastikan minyak sudah panas barulah masukkan satu per satu cumi yang sudah dibalut adonan tepung ke dalam wajan.
  6. Jangan lupa dibolak-balik agar tingkat kematangan cumi sempurna. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Perlu Anda ketahui bahwa menggoreng cumi tidak perlu lama karena bisa membuat dagingnya alot atau keras. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating. Taruh cumi goreng tepung yang sudah matang diatas piring. Lengkapi dengan mayonais dan saos cabai atau tomat.
Baca Juga :  Resep dan Cara buat Pisang Goreng Pasir, Cocok buat Jualan

Itulah resep cumi goreng tepung yang direkomendasikan dengan rasa renyah, gurih, dan tidak alot. Silahkan Anda coba sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan