Home » Resep Cumi Panggang Saus Asam Pedas yang Satu Ini Memang Terbaik

Resep Cumi Panggang Saus Asam Pedas yang Satu Ini Memang Terbaik

resep cumi panggang saus asam pedas

Keyword : resep cumi panggang saus asam pedas

Informasi kuliner tentang resep cumi panggang saus asam pedas akan dijabarkan di sini. Masakan seafood atau makanan laut yang banyak penggemarnya.

Cumi merupakan salah satu seafood yang disukai masyarakat umum. Dagingnya yang kenyal dan tebal. Apalagi jika dibumbui akan lebih sedap lagi. Biasanya, cumi dimasak langsung dengan saus asam manis, saus Padang, atau bumbu balado.

Namun sekarang, daging cumi akan dibumbui saus asam pedas. Sangat cocok bagi Anda sekalian pecinta makanan pedas.

Lebih menarik lagi untuk dicoba, cumi yang sudah diolesi bumbu spesial dipanggang dan bukan digoreng atau ditumis. Sudah pasti rasanya lebih sedap lagi.

Apalagi saat menyantapnya ditemani nasi hangat dan minuman dingin. Anda semakin penasaran dengan rasanya bukan? Oleh karena itu, silahkan membaca uraian selengkapnya resep cumi panggang saus asam pedas berikut.

Bahan-bahan

  1. ½ kg cumi segar ukuran sedang
  2. 2 buah jeruk nipis
  3. Garam secukupnya
  4. Minyak goreng atau margarin secukupnya
Baca Juga :  Kue Tok Kentang, Kenyal Mengenyangkan !

Bahan saus asam pedas

  1. 1 buah asam Jawa yang sudah direndam air hangat secukupnya
  2. 10 buah cabai rawit
  3. 5 siung bawang merah
  4. ½ sendok teh terasi yang sudah dipanggangs
  5. 3 sendok makan kecap manis
  6. ½ sendok teh garam
  7. ½ sendok teh gula pasir
  8. Kaldu bubuk secukupnya


Cara membuat cumi panggang saus asam pedas

Semua bahan di atas bisa Anda beli dan dapatkan di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Setelah semuanya siap, silahkan memasak resep cumi panggang saus asam pedas dengan langkah sebagai berikut.

  1. Ambil cumi dan bersihkan. Buang plastik dan kotorannya. Tak perlu dipotong. Berikan perasan jeruk nipis dan campur merata. Diamkan sekitar 30 menit untuk menghilangkan bau amisnya.
  2. Selanjutnya, Anda harus membuat saus untuk olesannya. Haluskan terlebih dulu cabai rawit dan bawang merah.
  3. Siapkan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya di atas kompor api kecil saja. Setelah panas, tumis bumbu halus. Masukkan juga semua bahan saus olesan satu per satu, kecuali kaldu bubuk, ke dalam wajan. Aduk terus hingga tercium harum.
  4. Cicipi sausnya untuk mengoreksi rasanya. Jika masih belum pas, beri kaldu bubuk secukupnya dan aduk sebentar. Matikan kompor dan saus olesan untuk cumi panggang sudah jadi.
  5. Selanjutnya, proses memanggang cumi dimulai. Siapkan pan teflon untuk memanggang dan nyalakan kompor di api kecil. Beri sedikit minyak goreng atau margarin di permukaannya.
  6. Ambil cumi yang sudah didiamkan dan panggang hingga setengah matang. Jangan lupa membolak-balikkannya.
  7. Lalu, oleskan saus asam pedas yang sudah dibuat pada cumi hingga merata. Panggang lagi hingga cumi matang. Jangan lupa untuk terus membolak-balikkannya agar cumi tidak gosong.
  8. Matikan kompor dan cumi panggang saus asam pedas sudah matang, siap di plating.
  9. Siapkan piring saji. Ambil dan letakkan cumi panggang saus asam pedas yang sudah matang di atas piring saji. Siapkan juga sepiring nasi hangat saat menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Cilor Gulung Lembut, Jajanan khas Anak Sekolah


Silahkan mencicipi dulu cumi panggang saus asam pedas tersebut. Cukup mudah bukan membuat resep cumi panggang saus asam pedas? Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *