Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Sop Udang Asam, Masakan Berkuah Hangat saat Musim Penghujan

Resep Sop Udang Asam, Masakan Berkuah Hangat saat Musim Penghujan

Sop Udang Asam (1)

Resep sop udang asam

Resep sop udang asam juga menjadi salah satu masakan berkuah hangat atau panas yang sangat cocok disantap di musim penghujan.

Dimana hampir tiap hari selalu diguyur hujan, sehingga udara menjadi dingin. Untuk menghangatkan tubuh yang kedinginan, direkomendasikan mengkonsumsi makanan atau masakan hangat apalagi yang berkuah.

Kuliner semacam itu identik dengan mie rebus atau bakso yang sudah umum di tengah masyarakat.

Lebih baik menyantap masakan berkuah lainnya yang tidak kalah lezat dan mampu menghangatkan tubuh, yaitu sop udang asam.

Biasanya sop dimasak dengan bahan daging ayam, sapi, atau beragam jenis sayuran. Namun sekarang, Anda bisa mencicipi sop udang dengan rasa asam dan gurih yang begitu segar.

Lalu, bagaimana resep sop udang asam selengkapnya? Berikut uraiannya yang harus Anda ketahui.

Bahan-bahan

  1. 500 gram udang segar ukuran sedang
  2. 500 gram jamur merang atau jamur tiram dibersihkan lalu dipotong-potong
  3. 1 liter kaldu ikan
  4. 2 cm lengkuas diiris tipis
  5. 4 batang serai digeprek diambil bagian putihnya, lalu dipotong kecil
  6. 4 batang akar ketumbar diiris halus
  7. 8 lembar daun jeruk diiris tipis
  8. 8 buah cabai rawit merah atau sesuai selera Anda
  9. 5 sendok makan kecap ikan
  10. 4 sendok makan air jeruk nipis
  11. 100 ml santan kental
  12. 5 lembar daun ketumbar dipotong kecil
  13. Kaldu bubuk secukupnya
Baca Juga :  Lauk Sedap Teri Medan Pedas yang Menambah Nafsu Makan

Cara memasak sop udang asam

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep sop udang asam dengan beberapa Langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua udang yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua cangkang, kepala, dan kotoran di perutnya.
  2. Setelah itu, siapkan panci ukuran sedang, lalu rebus udang dengan sekitar 1 liter air hingga mendidih dan mengeluarkan kaldu. Matikan kompor dan angkat semua udangnya. Sisihkan dulu. Sementara itu, air kaldu bekas rebusannya jangan dibuang karena masih digunakan untuk memasak.
  3. Selanjutnya, panaskan lagi air kaldu udang dengan api kompor kecil saja. Tambahkan lengkuas, batang serai, akar ketumbar, daun jeruk, dan cabai rawit. Aduk merata.
  4. Setelah itu, masukkan semua udang ke dalam panci dan aduk perlahan. Masukkan jamur, lalu bumbui dengan kecap ikan, air jeruk nipis, dan santan. Aduk perlahan lagi dan masak hingga mendidih.
  5. Jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika rasanya belum pas, Anda dapat menambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu mengaduknya lagi sebentar.
  6. Tambahkan daun ketumbar, aduk lagi, lalu matikan kompor. Masakan sudah matang dan siap disajikan.
  7. Siapkan mangkuk ukuran sedang atau besar untuk plating, lalu tuangkan masakan sop udang asam yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya jika ada. Anda juga bisa melengkapinya dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Biji Salak: Manis, Sehat, dan Mudah

Cukup mudah bukan memasak resep sop udang asam? Oleh karenanya, silahkan Anda coba di rumah agar dapat menyantapnya saat udara di luar sedang dingin. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan