Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Keukarah Khas Aceh yang Praktis dengan Tekstur Renyah dan Rasa Nikmat, Cocok Untuk Camilan di Sore Hari

Resep Keukarah Khas Aceh yang Praktis dengan Tekstur Renyah dan Rasa Nikmat, Cocok Untuk Camilan di Sore Hari

Keukarah Khas Aceh1 (1)

Resep Keukarah Khas Aceh

Sore-sore enaknya ngemil sambil menyaksikan tayangan di TV. Eh, sekarang nonton Youtube atau Netflix, ding! Apa camilan andalanmu? Popcorn? Martabak manis? Atau snack-snack yang biasanya berjejer dengan rapi di minimarket?

Sesekali coba, dong, makanan tradisional biar tetap lestari. Ada banyak, kok, kudapan khas Nusantara yang rasanya nggak kalah lezat dari jajanan bioskop. Seperti kue putu, kue cucur, dadar gulung, gemblong dan lain-lain.

Di Kota Serambi Mekkah juga ada kue yang legendaris dan bercita rasa nikmat. Namanya kue karah atau keukarah. Disebut juga kue sarang burung alias eumpueng miriek. Kue ini awalnya berkembang di kawasan pesisir Barat Aceh.

Kudapan yang terbuat dari resep keukarah khas Aceh ini termasuk jajanan yang harus ada ketika pihak pria hendak meminang wanita pilihannya. Ya, keukarah wajib ada di hantaran yang akan dibawa.

Baca Juga :  Resep Salad Yu Sheng Khas Tahun Baru Imlek

Keukarah juga tidak pernah berhalangan hadir di perayaan hari raya, acara adat atau kenduri di Aceh. Ia pun dijual sebagai oleh-oleh karena tahan lama.

Selain memiliki cita rasa yang manis, kue tersebut renyah dan rapuh saat dipegang. Sebagai gambaran, bentuknya lembing dan seukuran telapak tangan. Unik, bukan?

Bahan baku pembuatannya hanya tepung beras dan gula. Cara membikinnya pun gampang karena ada resep keukarah khas Aceh yang langkah-langkahnya tidak sulit untuk dipahami.

Tips supaya rasanya lebih endeus, yakni dengan cara membuat tepung berasnya sendiri. Kamu bisa merendam beras satu malam, kemudian mencuci dan menumbuknya. Setelah itu, diayak serta dijemur sampai kering.

Bahan:

  • ¼ kg tepung beras,
  • 4 ons gula pasir,
  • ½ liter air,
  • Minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat:

  • Pertama, buat tepung beras dengan merendam beras selama satu malam. Kalau sudah, cuci bersih dan tumbuk. Setelah itu, ayak dan jemur sampai kering.
  • Kedua, campurkan tepung tadi bersama gula dan aduk rata. Tuangi air sedikit demi sedikit hingga adonan mengental.
  • Selanjutnya, masukkan adonan ke dalam cetakan berbahan dasar batok kelapa yang telah dilubangi.
  • Setelah itu, goreng adonan dalam minyak panas dengan cara memutar cetakan batok kelapa tersebut.
  • Jika sudah matang, bisa langsung ditiriskan. Tunggu sampai dingin sebelum memasukkannya ke dalam toples supaya tetap renyah.
Baca Juga :  Nasi Liwet Sunda: Menu Tradisional yang Tak Pernah Ketinggalan Jaman

Tidak usah jauh-jauh ke Kota Serambi Mekkah untuk mencobanya. Kamu dapat menjajal resep keukarah khas Aceh di atas apabila penasaran dengan rasanya. Bisa buat stock camilan, loh!

Lihat video membuat Keukarah Khas Aceh

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info