Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Gulai Telur Ikan yang Satu Ini Harus Anda Coba di Rumah

Gulai Telur Ikan yang Satu Ini Harus Anda Coba di Rumah

Gulai Telur Ikan (1)

Resep gulai telur ikan

Apakah Anda sudah pernah memasak atau mencicipi resep gulai telur ikan? Menu kuliner yang satu ini biasanya dijual di rumah makan Padang.

Pasalnya, bahan telur ikan memang jarang dimasak karena kurang familiar untuk masakan khas Nusantara. Padahal rasanya tidak kalah dengan bahan protein hewani lainnya saat dimasak. Apalagi dimasak dengan bumbu gulai yang citarasa rempahnya sangat kuat.

Sementara itu, telur ikan bisa digunakan dari ikan tongkol, patin, atau yang lainnya, tetapi yang istimewa dan direkomendasikan tetaplah telur ikan kakap.

Namun demikian, telur ikan memang jarang dijual di pasar tradisional atau supermarket. Anda harus mencari penjualnya atau memesannya dulu dengan harga relatif terjangkau.

Rasa telur ikan sudah cukup gurih saat digoreng biasa tanpa bumbu. Untuk sekarang, Anda akan diinformasikan resep gulai telur ikan yang rasanya dijamin menggoyang lidah. Lalu, bagaimana resep selengkapnya? Silahkan membaca uraian berikut.

Bahan utama

  1. 500 gram telur ikan kakap segar (jika tidak ada bisa diganti telur ikan tongkol, ikan patin, atau yang lainnya)
  2. 1 buah kentang dipotong-potong ukuran dadu
  3. 10 lembar daun mangkokan atau tapak leman, dicuci bersih lalu dipotong kecil
  4. 1 batang serai digeprek
  5. 3 lembar daun jeruk
  6. 2 butir asam Jawa
  7. 3 sendok makan minyak goreng
  8. 500 gram santan dari ½ butir kelapa
  9. 2 buah daun salam
  10. 1 sendok teh garam
  11. Kaldu bubuk secukupnya
  12. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Cara buat Onde-Onde Yang Lembut, ini Resepnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 7 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  4. 2 buah cabai merah besar
  5. 5 buah cabai merah keriting
  6. 1 cm jahe
  7. 1 cm kunyit
  8. 2 cm lengkuas
  9. ½ sendok teh ketumbar
  10. ½ sendok teh garam
  11. ½ sendok teh gula pasir

Cara memasak gulai telur ikan

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera memasak resep gulai telur ikan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu telur ikan di bawah air mengalir. Jika ukurannya cukup besar, Anda dapat memotongnya menjadi beberapa bagian sesuai selera.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan ukuran sedang dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan batang serai, daun salam, dan daun jeruk. Tumis hingga layu.
  3. Setelah itu, tuangkan santan yang sudah disiapkan ke dalam wajan wajan. Kecilkan api kompor, lalu aduk perlahan saja terus menerus hingga mendidih. Dengan begitu, santan tidak pecah.
  4. Setelah santan mendidih, masukkan potongan kentang dan telur ikan ke dalam wajan. Bumbui dengan garam dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk merata perlahan saja. Masak hingga kentang empuk dan telur ikan berubah warna.
  5. Jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasa masakan tersebut. Jika dirasa belum sedap, Anda dapat menambahkan kaldu bubuk secukupnya. Aduk sebentar lalu matikan kompor. Masakan sudah matang dan siap dihidangkan.
  6. Siapkan mangkuk saji untuk plating. Tuangkan masakan gulau telur ikan yang sudah matang diatas mangkuk. Taburi bawang merah goreng secukupnya jika ada. Lengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Tteokbokki, Camilan Nonton Drama Korea, Begini Buatnya

Resep gulai telur ikan yang sudah dimasak matang dijamin menggugah selera Anda. Oleh karena itu, silahkan coba memasaknya di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan