Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Entok Slenget Khas Yogyakarta yang Rasa Pedasnya Menyengat Lidah

Entok Slenget Khas Yogyakarta yang Rasa Pedasnya Menyengat Lidah

Entok Slenget (1)

Resep entok slenget

Resep entok slenget merupakan menu masakan khas Yogyakarta. Bahan utamanya adalah daging entok atau mentok. Sejenis unggas seperti bebek, tetapi ukurannya lebih pendek.

Tekstur dagingnya mirip daging bebek, yaitu lebih keras dibanding tekstur daging ayam. Oleh karena itu, memasaknya harus lebih lama agar dagingnya empuk.

Adapun kata slenget artinya menyambar atau menyengat. Maksudnya, masakan entok tersebut rasanya benar-benar ekstra pedas di lidah.

Anda sekalian yang mengaku penggila masakan pedas harus mencoba entok slenget ini. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Yogyakarta untuk bisa mencicipi masakan tersebut.

Anda bisa memasak resep entok slenget sendiri di rumah. Untuk mengetahui lebih lengkap perihal bahan, bumbu, dan cara memasaknya, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor entok segar ukuran sedang (bisa diganti 1 ekor bebek)
  2. 2 buah jeruk nipis
  3. 1 sendok makan air asam Jawa
  4. 2 sendok makan garam
  5. Air matang secukupnya
  6. Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 7 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 4 butir kemiri
  4. 1 cm jahe
  5. 1 sendok makan merica

Bumbu pelengkap

  1. 3 siung bawang merah diiris tipis
  2. 15 buah cabai rawit merah dipotong kecil
  3. 10 buah cabai merah besar dipotong kecil
  4. 1 batang serai digeprek
  5. 1 cm lengkuas digeprek
  6. 3 lembar daun salam
  7. 2 buah tomat merah dipotong 4 bagian
  8. 1 sendok makan gula Jawa disisir
  9. 3 sendok makan kecap manis
  10. 1 sendok teh garam
  11. Kaldu bubuk secukupnya
Baca Juga :  Resep Tahu Lontong Khas Surabaya yang Simple Untuk Kaum Satset!

Cara memasak entok slenget

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep entok slenget dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu entok atau bebek di bawah air mengalir. Buang dan cabuti juga bulu-bulu kecil di permukaan kulitnya. Setelah itu, potong-potong menjadi beberapa bagian atau sesuai selera Anda.
  2. Ambil sebuah wadah baskom dan letakkan potongan entok ke dalamnya. Lalu, beri perasan jeruk nipis, garam, dan air asam Jawa yang sudah disiapkan. Aduk-aduk sebentar dan diamkan sekitar 15 menit.
  3. Setelah 15 menit, bersihkan lagi potongan entok di bawah air mengalir. Sisihkan. Selanjutnya, siapkan bara api dari perapian kayu atau kompor untuk membakar entok. Bakar sebentar saja hingga kulitnya berwarna kuning kecoklatan dan jangan sampai ada yang gosong. Sisihkan.
  4. Langkah berikutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan batang serai, lengkuas, dan daun salam. Tumis hingga semuanya layu.
  5. Setelah itu, masukkan bawang merah, cabai rawit, dan cabai merah besar. Aduk merata. Lalu, masukkan potongan entok ke dalam wajan. Tuang air matang secukupnya dan aduk merata lagi. pastikan semua potongan entok terendam air. Masak hingga mendidih, lalu kecilkan api kompor.
  6. Pastikan juga daging entok sudah empuk. Jika belum, Anda bisa menambahkan air lagi secukupnya untuk mengungkepnya.
  7. Bumbui dengan garam, gula Jawa, dan kecap manis. Aduk merata. Silahkan mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa belum sedap, tambahkan kaldu bubuk secukupnya lalu aduk sebentar. Setelah itu, matikan kompor dan masakan sudah matang. Siap disajikan.
  8. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan masakan entok slenget yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Lengkapi dengan nasi putih hangat dan air putih saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Wajik Ketan Gula Merah, Si Cokelat Legit yang Ngangenin

Resep entok slenget sudah matang dan siap dicicipi dan disantap. Rasa pedas gurihnya benar-benar menggugah selera. Silahkan Anda coba memasaknya sendiri jika penasaran dengan rasanya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan