Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Es Cincau Hijau

Resep Es Cincau Hijau

Es Cincau Hijau (1)

Cara membuat Es Cincau Hijau

Es cincau hijau adalah sebuah minuman tradisional yang berasal dari daun cincau yang diproses dengan cara-cara tertentu sehingga mengental.

Minuman yang satu ini sangat manis dan juga menyegarkan. Apalagi jika diminum di waktu siang kala matahari sedang terik-teriknya.

Nah, jika anda tertarik membuat es cincau hijau. Berikut ini adalah resep es cincau hijau yang bisa anda coba sendiri di rumah:

Bahan Untuk Pembuatan Es Cincau Hijau

  1. Siapkan beberapa lembar daun cincau. Jika anda ingin membuatnya dalam jumlah banyak setidaknya anda harus menyediakan 60 lembar daun cincau yang bisa anda cari sendiri di sekitar rumah ataupun membelinya dipasar.
  2. 1 liter air dan 1 gelas 1 air
  3. Gula merah secukupnya
  4. 1 lembar daun pandan
  5. Siapkan juga santan dalam bentuk yang kental. Anda bisa membeli santan siap pakai di warung-warung dekat rumah anda.
Baca Juga :  Resep Es Kopyor Jelly Bisa Anda Buat Dengan Mudah

Cara Pembuatan Es Cincau

  1. Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja adalah mencuci dengan bersih seluruh daun cincau yang telah anda petik sendiri atau beli. Pastikan tidak ada kotoran atau noda-noda tertentu pada daun agar rasa cincau tetap original.
  2. Selain membersihkan daun, anda harus memisahkan antara daun dan juga batang/tulang daun. Setelah itu anda bisa meremas-remas daun tersebut hingga saripati daun keluar.
  3. Wadahi air daun tersebut dan diamkan hingga air tersebut mengental. Setelah itu anda bisa menyimpannya ke dalam kulkas atau pendingin sampai air tersebut mengeras mirip seperti agar-agar. Proses ini tentu saja membutuhkan waktu beberapa jam, jadi anda harus menunggunya.
  4. Jika anda sudah siap membuat cincau. Selanjutnya anda tinggal menyiapkan panci berisi air kemudian didihkan air tersebut.
  5. Setelah mendidih anda bisa menambahkan bahan bahan lain seperti misalnya gula merah dan juga daun pandan. Masak dan juga aduk-aduk sampai mengental. Setelah tekstur dirasa sudah kental anda bisa mematikan kompor lalu tunggu sampai adonan gula menjadi dingin.
  6. Setelah itu anda tinggal menuangkan cincau, adonan gula, santan dan es dalam satu wadah. Es cincau hijau pun siap dinikmati.
Baca Juga :  Membuat Puding Teh Susu dengan Cara Sederhana

Itulah tadi cara cara pembuatan minuman tradisional es cincau. Semoga bermanfaat untuk anda yang sedang mencoba membuat es ini di rumah.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tag:

Tinggalkan Balasan