Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Anda Penasaran dengan Enaknya Soto Bongko Khas Sumedang ? Ini Resepnya

Anda Penasaran dengan Enaknya Soto Bongko Khas Sumedang ? Ini Resepnya

Soto Bongko

Resep soto bongko

Resep soto bongko merupakan kuliner khas daerah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Anda mungkin hanya mengenal tahu Sumedang saja kulinernya,

padahal masih ada yang lainnya dan rasanya tidak kalah unik dan menggugah selera.

Soto bongko salah satunya yang cukup mudah menemukan penjualnya di Sumedang dan sekitarnya terutama pada pagi hari untuk menu sarapan.

Diketahui bahwa soto bongko berkuah santan, sehingga kental dan rasanya gurih. Biasanya, soto bongko disajikan dengan potongan lontong dilengkapi dengan tahu dan touge.

Dijamin sarapan Anda bisa kenyang hingga siang hari. Anda yang penasaran dengan rasa sotonya tidak perlu jauh-jauh ke Sumedang.

Silahkan memasaknya saja di rumah dengan resep soto bongko selengkapnya berikut.

Bahan utama :

  1. 1 liter beras putih
  2. 1 sendok teh garam
  3. Daun pisang secukupnya

Bahan untuk soto

  1. 2 sendok makan minyak goreng
  2. 3 lembar daun salam
  3. 1 batang serai digeprek
  4. 1 buah labu siam potong memanjang seperti korek api kayu
  5. 1 liter santan dari 1 butir kelapa
  6. 1 sendok teh garam
  7. 1 sendok teh gula pasir
  8. Kaldu bubuk secukupnya
Baca Juga :  Yuk, Masak Udang Saus Padang yang Maknyus

Bumbu yang dihaluskan

  1. 8 butir bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 2 cm kunyit
  4. 2 cm lengkuas
  5. 4 butir kemiri
  6. 5 buah cabai merah besar

Bahan pelengkap

  1. 200 gram touge segar diseduh air panas lalu ditiriskan
  2. 10 buah tahu Sumedang matang dipotong-potong
  3. Emping goreng secukupnya
  4. Irisan jeruk nipis secukupnya
  5. Bawang merah goreng secukupnya

Cara memasak soto bongko khas Sumedang

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disediakan, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep soto bongko dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Langkah awal, Anda perlu membuat bongko atau lontongnya. Siapkan sebuah besek atau wadah nasi yang terbuat dari anyaman bambu dan sudah dialasi daun pisang. Lalu, masukkan campuran beras putih dengan garam ke dalam besek.
  2. Tutup dengan daun pisang, lalu tutup beseknya. Ikat besek tersebut dengan tali hingga tertutup rapat, lalu rebus sekitar 3 jam hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan garam dan gula pasir, lalu aduk merata lagi.
  4. Setelah itu, masukkan potongan labu siam dan masak hingga layu dan matang. Lalu, tuangkan santan ke dalam wajan. Kecilkan api kompor dan aduk perlahan terus menerus agar santan tidak pecah. Masak hingga matang.
  5. Jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih kurang sedap, tambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk sebentar. Setelah matang, matikan kompor dan diamkan beberapa saat.
  6. Selanjutnya, siapkan mangkuk ukuran sedang untuk plating. Potong-potong bongko atau lontong yang sudah matang berukuran sedang atau sesuai selera Anda, lalu masukkan ke dalam mangkuk.
  7. Tambahkan potongan tahu dan touge secukupnya, lalu tuangkan kuah sotonya. Beri perasan jeruk nipis dan taburi bawang merah goreng secukupnya. Anda juga bisa menambahkan sambal cabai rawit dan kecap, jika menginginkannya.
Baca Juga :  Resep Perkedel Singkong, Lauk Pendamping Lezat Pengganti Bahan Kentang

Itulah resep soto bongko khas Sumedang yang bisa Anda praktikkan di rumah sekarang juga, Cocok disantap untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam yang penting kuahnya panas agar lebih mantap saat disantap. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan