Lompat ke konten
Home ยป Memasak Resep Sop Oyong yang Menyegarkan dan Menyehatkan Tubuh

Memasak Resep Sop Oyong yang Menyegarkan dan Menyehatkan Tubuh

Sop Oyong (1)

Resep sop oyong

Resep sop oyong menjadi salah satu menu makanan segar dan sehat untuk disantap semua orang dari anak-anak hingga orang tua.

Dimana masakannya berkuah, sehingga menyegarkan saat dimakan bersama nasi putih hangat atau mungkin langsung disantap oyongnya.

Selain menyegarkan karena berkuah, oyong serta beberapa jenis sayur lainnya yang ada di dalam masakannya menjadi sumber nutrisi tersendiri bagi tubuh.

Apalagi ada irisan daging sapi yang menjadikan kuah sayurnya berkaldu dan pastinya bertambah sedap.

Maka dari itu, jangan sampai melewatkan menu masakan ini untuk Anda masak sendiri di rumah untuk disantap seluruh keluarga.

Lalu, bagaimana resep sop oyong selengkapnya? Berikut uraian selengkapnya yang harus Anda baca.

Bahan-bahan

  1. 150 gram daging sapi
  2. 2 buah gambas atau oyong dipotong-potong
  3. 1 buah wortel diiris tipis
  4. 1 genggam soun direndam dengan air panas, lalu ditiriskan
  5. 2 butir bawang merah diiris tipis
  6. 2 siung bawang putih diiris tipis
  7. 2 helai seledri dipotong-potong
  8. 1 sendok teh garam
  9. ยฝ sendok teh gula pasir
  10. ยฝ sendok teh merica bubuk
  11. Kaldu bubuk secukupnya
  12. 1 liter air
  13. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Baca Juga :  Gulai Telur Ikan yang Satu Ini Harus Anda Coba di Rumah

Cara memasak sop oyong

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep sop oyong dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging sapi di bawah air mengalir, lalu memotongnya ukuran sedang atau sesuai selera Anda. Siapkan panci ukuran sedang, lalu rebus potongan daging dengan air yang sudah disiapkan hingga mendidih dan mengeluarkan busa.
  2. Ambil dan tiriskan dagingnya, lalu rebus lagi untuk kedua kalinya dan pastikan dagingnya empuk serta matang. Setelah matang, matikan kompor dan biarkan dulu beberapa saat.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
  4. Matikan kompor, lalu masukkan tumisan ke dalam panci yang berisi air rebusan daging. Nyalakan lagi api kompor kecil untuk memanaskan panci dan aduk merata.
  5. Tambahkan oyong, wortel, dan seledri. Aduk merata. Setelah itu, bumbui dengan garam, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk merata lagi.
  6. Masak hingga semua sayuran matang dan empuk. Silahkan Anda cicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih kurang sedap, silahkan menambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk merata lagi. Setelah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  7. Siapkan mangkuk saji untuk plating, lalu beri soun secukupnya. Setelah itu, tuangkan kuah sop bersama potongan daging sapinya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Jangan lupa melengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Sop Bakso Tahu Lezat Memanjakan Lidah

Resep sop oyong cukup mudah dipraktikkan dengan langkah-langkah seperti diatas. Selain itu, tIdak membutuhkan waktu lama untuk memasaknya. Namun, rasa masakannya dijamin segar dan sedap. Silakan Anda coba sendiri.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sponsor topwisata.info