Lompat ke konten
Home » Resep Bubur Ayam Bali, Menu Sarapan Pagi Khas Pulau Dewata

Resep Bubur Ayam Bali, Menu Sarapan Pagi Khas Pulau Dewata

Bubur Ayam Bali (1)

Resep bubur ayam Bali

Resep bubur ayam Bali juga dapat Anda buat dan masak di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Dimana bubur ayam tersebut menjadi salah satu yang khas dari Bali. Tidak dapat dipungkiri bahwa bubur ayam sudah menjadi salah satu menu sarapan pagi yang populer di Indonesia.

Bubur ayam semacam itu ada di tiap pelosok daerah. Tidak terkecuali, Bali juga memiliki bubur ayamnya sendiri dengan rasa menggugah selera.

Sebenarnya bubur ayamnya tidak begitu jauh berbeda dengan bubur ayam dari daerah lain. Perbedaannya pada tambahan bahan dan toping pada buburnya.

Pada bubur ayam Bali, ada tambahan touge dan kacang panjang. Lalu, bagaimana resep bubur ayam Bali yang direkomendasikan untuk dimasak di rumah? Berikut informasi selengkapnya.

Bahan-bahan

  1. 250 gram beras putih
  2. 2 helain daun pandang
  3. 2 helain kacang panjang, dicuci, lalu dipotong-potong ukuran 2 cm
  4. 1 potong daging ayam bagian paha atau dada dibersihkan
  5. 1 genggam kacang tanah digoreng garing
  6. 1 genggam touge segar
  7. 250 ml santan
  8. 1 buah telur rebus dipotong menjadi dua
  9. 250 mi air
  10. ½ sendok teh garam
  11. ½ sendok teh kaldu bubuk
  12. ¼ sendok teh lada bubuk
  13. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Membuat Es Krim Seperti Walls

Bumbu yang dihaluskan

  1. 2 butir bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 2 buah kemiri disangrai
  4. 1 sendok teh ketumbar
  5. 2 cm lengkuas

Bahan pelengkap

  1. Kecap manis secukupnya
  2. Sambal cabai rawit secukupnya

Cara membuat bubur ayam Bali

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep bubur ayam Bali dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bumbu halus hingga harum. Ambil sekitar ½ sendok makan bumbu yang sudah ditumis tersebut untuk campuran sayurnya.
  2. Setelah itu, masukkan air ke dalam wajan dan aduk merata. Kecilkan api kompor, lalu, masukkan daging ayam ke dalamnya. Masak hingga mendidih dan ayamnya empuk.
  3. Tambahkan garam, kaldu bubuk, dan lada bubuk. Aduk merata lagi. Setelah itu, masukkan santannya dan aduk perlahan secara terus menerus agar santan tidak pecah. Setelah kuahnya menyusut, matikan kompor dan biarkan beberapa saat agar tidak terlalu panas.
  4. Langkah berikutnya, yaitu memasak sayuran. Caranya, siapkan panci ukuran sedang, lalu rebus kacang panjang dan touge. Tambahkan garam dan lada bubuk sedikit saja. Aduk merata dan masak hingga sayuran matang.
  5. Angkat, tiriskan, lalu campur dengan sedikit tumisan bumbu yang sudah disisihkan tadi. Aduk merata dan sisihkan dulu.
  6. Langkah selanjutnya, yaitu membuat bubur putih dari beras. Caranya, bersihkan dulu beras yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, masukkan ke dalam panci magic com untuk memasaknya menjadi bubuk.
  7. Jangan lupa untuk menuangkan air cukup banyak ke dalam pancinya agar menjadi bubur. Setelah itu, masukkan daun pandan yang sudah diikat simpul ke dalam panci. Tutup magic com, lalu nyalakan ke mode Cook. Tunggu saja hingga modenya menjadi Warm, lalu Anda boleh melihat bubur di dalamnya.
  8. Jika belum berwujud bubur, Anda bisa menambahkan air lagi secukupnya, lalu memasaknya lagi dengan magic com hingga menjadi bubur. Setelah matang, buka penutup magic com agar uap airnya hilang.
  9. Semua bahan sudah selesai dibuat dan waktunya plating. Siapkan mangkuk ukuran sedang untuk plating, lalu tuangkan bubur nasi secukupnya ke dalam mangkuk. Setelah itu, beri rebusan sayur yang sudah matang secukupnya. Lalu, tuangkan kuah ayamnya beserta suwiran ayam ke dalam mangkuk.
  10. Jangan lupa beri taburan kacang goreng dan telur rebus. Anda juga dapat melengkapinya dengan kecap manis dan sambal sesuai selera.
Baca Juga :  Cumi Goreng Tepung, Dijamin Renyah, Begini Resepnya

Akhirnya, resep bubur ayam Bali selesai dimasak dan siap dicicipi. Anda yang penasaran dengan rasa buburnya silahkan buat sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sponsor topwisata.info