Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Peyek Kacang Renyah, camilan yang renyah dan gurih

Resep Peyek Kacang Renyah, camilan yang renyah dan gurih

Resep Peyek Kacang Renyah (2)

Resep Peyek Kacang Renyah

Recipe By siti
Course: pemula Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

10 minutes

Calories

100 kcal

INGREDIENTS

  1. tepung beras

  2. tepung terigu

  3. kacang tanah yang sudah disangrai

  4. bawang putih

  5. ketumbar bubuk

  6. garam

  7. gula pasir

  8. air

DIRECTION

  1. Langkah-Langkah Pembuatan Peyek Kacang

    <br>Pertama-tama, haluskan bawang putih dan ketumbar hingga halus.<br>Campurkan tepung beras, tepung terigu, bawang putih dan ketumbar yang sudah dihaluskan, garam, dan gula pasir ke dalam wadah.<br>Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan memiliki tekstur yang bisa dicetak.<br>Panaskan minyak dalam wajan, lalu ambil adonan satu sendok makan dan goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan.

NOTES

Siapa yang tidak suka camilan yang renyah dan gurih? Peyek kacang adalah salah satu camilan favorit banyak orang karena teksturnya yang renyah dan rasa kacang yang gurih. Peyek kacang biasanya disajikan sebagai camilan di berbagai acara atau bisa juga dinikmati sebagai pelengkap makan. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat peyek kacang sendiri di rumah, berikut adalah resep peyek kacang yang renyah yang dapat Anda coba.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses membuat peyek kacang, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk membuat peyek kacang antara lain tepung beras, tepung terigu, kacang tanah yang sudah disangrai, bawang putih, ketumbar bubuk, garam, gula pasir, dan air. Pastikan kualitas bahan yang Anda gunakan baik untuk menghasilkan peyek kacang yang renyah dan lezat.

Baca Juga :  Resep Nastar 3 Bahan Saja, Dijamin Rasanya tetap Enak

Langkah-Langkah Pembuatan Peyek Kacang

  1. Pertama-tama, haluskan bawang putih dan ketumbar hingga halus.
  2. Campurkan tepung beras, tepung terigu, bawang putih dan ketumbar yang sudah dihaluskan, garam, dan gula pasir ke dalam wadah.
  3. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan memiliki tekstur yang bisa dicetak.
  4. Panaskan minyak dalam wajan, lalu ambil adonan satu sendok makan dan goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan.

Tips Agar Peyek Kacang Tetap Renyah

Agar peyek kacang yang Anda buat tetap renyah dan enak, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Pertama, pastikan adonan yang Anda buat memiliki tekstur yang kering dan tidak terlalu basah. Kedua, pastikan minyak dalam wajan sudah benar-benar panas sebelum menggoreng adonan. Ketiga, aduk adonan secara merata saat menggoreng untuk menghasilkan peyek kacang yang renyah secara merata.

Varian Rasa Peyek Kacang

Selain menggunakan kacang tanah sebagai bahan utama, Anda juga bisa bereksperimen dengan berbagai varian rasa peyek kacang. Misalnya, Anda bisa menambahkan daun jeruk atau serai yang dihaluskan ke dalam adonan untuk memberikan aroma segar. Anda juga bisa menambahkan bubuk cabe jika ingin memberikan rasa pedas pada peyek kacang Anda. Berani mencoba varian rasa yang berbeda akan membuat peyek kacang Anda semakin lezat dan unik.

Baca Juga :  Memasak Resep Ayam Pedas Manis Bawang Bombay yang Menggugah Selera

Manfaat Peyek Kacang sebagai Camilan Sehat

Peyek kacang tidak hanya enak dan renyah, namun juga memiliki manfaat sebagai camilan sehat. Kacang tanah yang menjadi bahan utama peyek kacang mengandung protein nabati, serat, antioksidan, serta lemak sehat yang baik untuk tubuh. Selain itu, kacang tanah juga mengandung isoflavon yang baik untuk kesehatan jantung dan mencegah berbagai penyakit. Jadi, Anda bisa menikmati peyek kacang sebagai camilan sehat tanpa perlu khawatir akan kesehatan Anda.

Kesimpulan

Dengan mengikuti resep peyek kacang yang renyah di atas, Anda bisa mencoba membuat camilan yang lezat dan gurih sendiri di rumah. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan teliti dan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas agar hasilnya maksimal. Peyek kacang dapat menjadi pilihan camilan sehat dan lezat untuk Anda, keluarga, maupun tamu yang datang ke rumah Anda. Selamat mencoba!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Dapatkah saya menggunakan kacang jenis lain selain kacang tanah?

Ya, Anda bisa menggunakan kacang jenis lain seperti kacang mete atau almond sebagai variasi dari resep peyek kacang. Namun, pastikan untuk menyesuaikan cara mempersiapkan kacang tersebut sebelum digunakan.

Berapa lama peyek kacang dapat disimpan dan bagaimana cara menyimpannya dengan baik?

Peyek kacang dapat disimpan dalam wadah kedap udara dan diletakkan di tempat yang sejuk dan kering. Peyek kacang yang disimpan dengan baik dapat bertahan hingga 2-3 minggu.

Baca Juga :  Resep Jus Brokoli Lemon Apel, Minuman Sehat Penurun Kolesterol Pasca Lebaran

Bisakah saya menggoreng peyek kacang tanpa menggunakan minyak banyak?

Ya, Anda bisa menggoreng peyek kacang dengan teknik deep frying menggunakan minyak secukupnya agar tetap renyah tanpa terlalu banyak menyerap minyak.

Apakah saya bisa menambahkan bumbu lain ke dalam adonan peyek kacang?

Tentu saja! Anda bisa menambahkan bumbu-bumbu lain seperti bubuk kunyit, bubuk ketumbar, atau bubuk cabe sesuai dengan selera Anda untuk menciptakan varian rasa yang berbeda pada peyek kacang Anda.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan