Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak Resep Nasi Tim Daging Keju untuk Sarapan atau Bekal Makanan

Memasak Resep Nasi Tim Daging Keju untuk Sarapan atau Bekal Makanan

Nasi Tim Daging Keju (1)

Resep nasi tim daging keju

Resep nasi tim daging keju menjadi salah satu kuliner kreasi yang bisa Anda coba memasaknya di rumah.

Nasi tim biasanya identik dengan makanan untuk anak-anak terutama yang susah atau bosan menyantap menu kuliner yang itu-itu saja.

Oleh karena itu, nasi tim dapat diisi dengan berbagai bahan protein hewani dan protein nabati hingga beragam sayuran yang menyehatkan.

Untuk kali ini, nasi tim akan dikombinasikan dengan bahan daging sapi giling dan keju parutan.

Dengan begitu, rasa nasi timnya lebih gurih dan menyehatkan apalagi ada tambahan bahan jamur dan bawang bombai.

Semakin lezat nasi tim tersebut dan harus Anda coba sendiri. Namun sebelumnya, silahkan membaca resep nasi tim daging keju selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 125 gram beras putih dicuci bersih
  2. 300 ml air kaldu sapi untuk nasi aron
  3. 150 ml air kaldu sapi untuk disiram
  4. Garam secukupnya
  5. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bahan untuk isian nasi tim

  1. 150 gram daging sapi giling
  2. 150 gram jamur tiram dicincang kecil
  3. ½ butir bawang bombay dicincang halus
  4. 2 siung bawang putih dicincang halus
  5. 1 sendok makan kecap manis
  6. ½ sendok teh garam
  7. ½ sendok teh merica bubuk
  8. 50 gram keju parut
  9. ½ sendok teh minyak wijen
Baca Juga :  Resep Ikan Bakar Bumbu Padang, Enak buat Bersama

Cara membuat nasi tim daging keju

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda bisa segera mulai mempraktikkan resep nasi tim daging keju dengan langkah-langkah membuatnya sebagai berikut.

  1. Langkah awal membuat nasi aron. Perlu Anda ketahui bahwa aron merupakan teknik memasak nasi pada zaman dulu. Caranya, beras yang sudah disiapkan dan dicuci bersih, lalu dimasak setengah matang. Setelah itu, beras setengah matang dimasukkan ke dalam wadah untuk dikukus hingga matang.
  2. Anda bisa menggunakan rice cooker untuk memasaknya. Beras yang sudah dibersihkan dimasukkan ke dalam panci rice cooker, lalu tuangkan 300 ml air kaldu sapi ke dalamnya. Beri sedikit garam dan aduk merata. Setelah itu, tutup rice cooker dan nyalakan panel Cook. Tunggu saja hingga matang atau panel menjadi Warm.
  3. Setelah matang, buka tutup rice cooker dan aduk nasi di dalamnya. Biarkan beberapa saat agar uap air panasnya hilang.
  4. Langkah berikutnya membuat isian nasi timnya. Caranya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
  5. Masukkan dagi giling dan jamur. Aduk merata. Setelah itu, beri sedikit air dan bumbui dengan garam, merica bubuk, kecap manis, keju parut, dan minyak wijen. Aduk merata lagi.
  6. Anda bisa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika rasanya sudah pas dan matang, matikan kompor. Sisihkan dulu beberapa saat.
  7. Selanjutnya, siapkan mangkuk kecil atau cetakan nasi kecil, lalu isi dengan nasi aron yang sudah matang sambil dipadatkan. Buatlah lubang di tengah, lalu beri bahan isian sekitar 2 sendok makan. Tutup lagi dengan nasi aronnya. Setelah itu, siram air kaldu secukupnya diatasnya. Letakkan langsung di panci kukusan.
  8. Lakukan langkah diatas hingga semua nasi aron beserta bahan isiannya habis. Setelah itu, kukus semua nasi sekitar 30 menit. Setelah matang, angkat nasi tim dan siap disajikan.
  9. Siapkan piring saji untuk plating, lalu letakkan satu nasi tim daging keju yang sudah matang. Taburi bawang murah goreng secukupnya, jika ada.
Baca Juga :  Resep Ayam Cipera Khas Sumatera Utara, Kuliner Khas Suku Karo yang Selalu Dihidangkan di Acara-acara Penting

Setelah membaca langkah-langkah memasak resep nasi tim daging keju diatas, diharapkan Anda mau mencoba di rumah. Selain cocok untuk sarapan pagi, juga bisa dijadikan bekal makanan sekolah atau bekerja. Selamat makan.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan