Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Ceker Kecap Pedas ala Rumahan yang Harus Anda Coba Sekarang

Resep Ceker Kecap Pedas ala Rumahan yang Harus Anda Coba Sekarang

ceker kecap pedas (1)

Resep ceker kecap pedas

Resep ceker kecap pedas yang satu ini cukup mudah dan praktis membuatnya. Hal itu dikarenakan semua bumbunya hanya diiris dan dipotong saja.

Adapun bahan utamanya adalah ceker atau kaki ayam yang bisa Anda beli di pasar tradisional atau supermarket terdekat dengan harga cukup terjangkau.

Biasanya masakan ceker pedas hanya diberi bumbu gurih sederhana saja karena ingin menonjolkan rasa kepedasannya.

Berbeda dengan masakan ini karena akan ditambah kecap manis, sehingga tercipta rasa gurih, manis, dan pedas. Setelah matang, masakannya bisa dijadikan lauk utama atau pendamping saat menyantap nasi putih hangat.

Sangat cocok menjadi lauk makan siang atau malam terutama Anda sekalian yang suka menyantap masakan pedas menyengat. Lalu, bagaimana resep ceker kecap pedas selengkapnya? Berikut informasinya yang bisa disimak.

Bahan-bahan

  1. 500 gram ceker ayam segar
  2. 2 cm jahe digeprek
  3. ½ sendok teh terasi dibakar
  4. 1 cm lengkuas digeprek
  5. 1 batang serai digeprek diambil bagian putihnya saja
  6. 2 sendok makan kecap manis
  7. 2 gelas air matang
  8. 1 sendok teh gula jawa
  9. ½ sendok teh garam
  10. ½ sendok teh kaldu bubuk
  11. ½ sendok teh merica bubuk
  12. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Baca Juga :  Resep Sambal Tempe Kemangi, Menu Lauk Sederhana dengan Rasa Luar Biasa

Bumbu iris

  1. 6 butir bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 10 buah cabai rawit merah
  4. 2 buah cabai merah besar

Cara memasak ceker kecap pedas

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep ceker kecap pedas dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua ceker ayam yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Jangan lupa memotong bagian ujung kakinya agar semua kukunya hilang.
  2. Setelah itu rebus semua ceker bersama jahe hingga mendidih dan empuk. Anda bisa menggunakan panci presto jika memilikinya. Setelah matang, angkat dan sisihkan dulu.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu iris hingga harum.
  4. Tambahkan lengkuas, batang serai, dan terasi. Aduk merata hingga semua bahan latu. Setelah itu, bumbui garam, gula Jawa, kaldu bubuk, merica bubuk, dan kecap manis. Aduk merata lagi.
  5. Tuangkan air yang sudah disiapkan dan kecilkan api kompor. Lalu, masukkan semua ceker ayam ke dalam wajan. Aduk merata hingga tercampur dengan semua bumbunya.
  6. Masak hingga air sedikit menyusut. Anda bisa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah matang, cekernya empuk, dan bumbunya meresap, segera matikan kompor. Masakan siap disajikan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan ceker kecap pedas yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Siapkan juga nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Kue Kenari Korea (Hodugwaja)

Beberapa langkah memasak resep ceker kecap pedas diatas memang cukup mudah. Oleh karenanya, silahkan Anda praktikkan sendiri caranya agar bisa segera merasakan masakannya yang sedap. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan