Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Dongchimi (Kimchi Air Lobak)

Resep Dongchimi (Kimchi Air Lobak)

Dongchimi 1 (1)

Resep Dongchimi

Dongchimi adalah kimchi air berbahan dasar lobak yang populer di Korea. Memanfaatkan lobak yang dipanen pada musim gugur, kimchi ini biasanya dibuat pada akhir musim gugur atau awal musim dingin di Korea. Lobak ini tampak lebih manis dan lebih montok.

Setelah digarami selama satu atau dua hari untuk melembutkannya, lobak dimasukkan ke dalam toples berisi air garam pengawet hingga menghasilkan rasa kimchi yang kaya akan umami.

Dongchimi secara tradisional dibuat dari lobak kecil utuh yang tidak diiris, sehingga kimchi biasanya membutuhkan waktu lebih lama dari beberapa minggu untuk berfermentasi dengan baik dan rasanya enak.

Makanan ini juga dimaksudkan untuk bertahan lama hingga tiga bulan di musim dingin. Namun, jika kamu tidak memiliki waktu untuk menunggu kimchi berfermentasi dalam waktu yang lama, resep hari ini lebih praktis karena dapat dimakan dalam waktu 48 hingga 72 jam setelah disiapkan.

Resep ini juga cocok untuk kamu yang hanya ingin membuat kimchi dalam jumlah kecil untuk keluarga kecil. Harap dicatat bahwa resep berikut ini cukup untuk 15 sampai 20 porsi kecil.

Dongchimi memiliki rasa seperti sup yang ringan, renyah, dan menyegarkan. Lobak jelas memiliki rasa manis dan sedikit pahit.

Baca Juga :  Bikin Nagih, Resep Ceker Mercon Kuah Kesukaan Keluarga

Kualitas ini akan lebih kuat atau lebih lemah tergantung pada lobak. Namun, menggabungkan lobak ini dengan air garam yang manis dan asin juga akan memunculkan lebih banyak rasa buah dan gurih.

Dongchimi yang telah difermentasi dengan baik akan terasa manis, tajam, dan sedikit asin. Selain itu, perlu diingat bahwa beberapa lobak memiliki rasa pedas secara alami, jadi kamu mungkin akan merasakannya dalam kaldu dongchimi.

Dongchimi dapat dipasangkan dengan hidangan utama. Selain itu, orang Korea menyukai dongchimi yang disajikan dengan bubur dan ubi jalar rebus atau panggang.

Terakhir, kaldu dongchimi yang difermentasi juga dapat digunakan untuk membuat sup mie dingin khas Korea.

BAHAN-BAHAN UNTUK MEMBUAT DONGCHIMI

Bahan Utama :

  1. 800g / 1,8 pon lobak Korea atau lobak daikon
  2. 2 sendok makan garam laut kasar
  3. 2 sendok makan gula (mentah)
  4. 25g / 0,9 ons daun bawang, potong sepanjang 5 cm / 2 inci
  5. (opsional) 1 hingga 3 cabai, cuci bersih, potong kedua ujungnya lalu belah dua. ini akan membuat dongchimi pedas, jadi tambahkan saja jika ingin rasa pedas.

Air Garam Dongchimi

  1. 4 gelas air
  2. 1 sendok makan garam laut kasar
  3. 300g / 11 ons pir Korea / nashi atau pir bosc, kupas dan buang bijinya
  4. 150g / 5,3 ons apel merah (royal gala atau fuji), buang bagian tengahnya
  5. 50g / 1,8 ons bawang bombay, kupas
  6. 20g / 0,7 ons bawang putih, kupas
  7. 15g / 0,5 ons jahe, kupas
Baca Juga :  Resep Jengkol Balado khas Minang

*1 sdm = 15 ml, 1 cangkir = 250 ml

CARA MUDAH MEMBUAT DONGCHIMI :

  1. Kupas lobak setelah dicuci bersih. Masukkan ke dalam mangkuk dan iris menjadi batang berukuran 2 inci (5 cm). Campurkan 2 sendok makan garam laut kasar dan 2 sendok makan gula. Biarkan lobak melunak, diamkan selama tiga puluh menit.
  2. Untuk menghilangkan garam dan gula yang mungkin tersisa, bilas lobak beberapa kali dengan air dingin. Dengan menggunakan saringan, buang kelebihan air selama lima menit.
  3. Jika ingin menambahkan cabai, masukkan ke dalam wadah berisi kimchi.
  4. Dalam mixer atau pengolah makanan, campurkan bahan-bahan untuk air garam kimchi sampai halus. Gunakan kain keju atau kain muslin untuk menyaring air garam kimchi yang sudah dihaluskan dan tampung cairan yang keluar ke dalam wadah kimchi. Masukkan semua cairan yang keluar dari kain ke dalam wadah kimchi. Buang sisa-sisa makanan yang menggumpal.
  5. Tutup wadah kimchi dan simpan di lemari es selama 18 hingga 24 jam, tergantung suhu ruangan. Ini dapat dikonsumsi 48 hingga 72 jam setelah disiapkan. Kaldu mungkin memiliki beberapa gelembung di dalamnya. Hal ini menandakan bahwa kaldu telah berfermentasi dengan baik. Jika disimpan di lemari es, dongchimi dapat bertahan selama tiga hingga empat minggu. Kamu bisa menyimpannya lebih lama lagi jika tidak keberatan dengan rasanya yang asam.
Baca Juga :  Resep Baked Milk, Camilan viral di Tiktok

Lihat video membuat Dongchimi

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan