Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kimchi Lobak Korea (Kkakdugi)

Resep Kimchi Lobak Korea (Kkakdugi)

Kkakdugi (1)

Resep Kimchi Lobak Korea

Resep kimchi lobak Korea (Kkakdugi) yang renyah dan lezat! Salah satu jenis kimchi favorit. Karena memiliki permukaan yang renyah dan rasa manis yang bersahaja. Rasanya renyah dan tidak terlalu manis atau asin.

Apa itu kimchi lobak (kkakdugi)? Kimchi lobak juga dikenal sebagai Kkakdugi dalam bahasa Korea adalah jenis kimchi yang terbuat dari lobak. Dalam bahasa Korea, namanya berasal dari kkakduk sseolgi. Ini menggambarkan bagaimana makanan dipotong dadu.

Karena ini adalah musim panen lobak tradisional di Korea, banyak orang Korea percaya bahwa Kkakdugi terbaik dibuat pada pertengahan hingga akhir musim gugur (Oktober hingga Desember). Rasa manis dan kekenyalan yang paling alami ditemukan pada lobak Korea yang dipanen pada saat ini.

BAHAN-BAHAN UNTUK KIMCHI LOBAK

BAHAN UTAMA :

  1. 1,1 kg (2,5 pon) lobak Korea (atau jenis lobak daikon putih lainnya) – dibilas dan dikupas kulitnya
  2. 3 batang (50g, 1,8 ons) daun bawang – dibilas
  3. 2 sendok makan gula mentah
  4. 2 sendok makan garam batu (atau garam kasar Korea)

BAHAN DASAR KIMCHI LOBAK

  1. 1/2 bawang merah kecil (70g, 2,5 ons), kupas kulitnya, potong kecil-kecil untuk dihaluskan
  2. 1/2 buah apel merah kecil (50g, 1,8 ons), buang biji dan intinya, potong kecil-kecil untuk diblender
  3. 3 sendok makan kecap ikan Korea (bisa menggunakan kecap ikan teri)
  4. 1 sendok makan bawang putih cincang
  5. 1/2 sendok makan jahe cincang
  6. 4 sdm serpihan cabai Korea (gochugaru)
  7. 1/4 cangkir air
  8. 1 sendok makan tepung beras
Baca Juga :  Resep Lontong Kupang, Kuliner Yang Membangkitkan Nafsu Makan Anda!

*1 sdm = 15ml, 1 cangkir = 250ml

CARA MEMBUAT KIMCHI DENGAN LOBAK :

  1. Lobak harus dipotong dadu berukuran sedang. Jika kamu suka, bisa lebih kecil atau lebih besar. Namun berhati-hatilah karena lobak akan mengerut saat melewati siklus pematangan. Dalam mangkuk besar, campurkan gula dan garam dengan lobak yang sudah dipotong dadu. Biarkan pada suhu kamar selama satu jam.
  2. Buatlah bahan dasar kimchi dengan memotong daun bawang menjadi potongan-potongan kecil sambil menunggu. Dalam blender, campurkan apel dan bawang bombay dengan kecap ikan. Ini mungkin membutuhkan beberapa saat karena cairannya tidak sebanyak padatannya. Bubur beras dapat dibuat dengan mencampurkan air dan tepung beras dalam mangkuk dan memanaskannya dalam microwave selama satu menit. Tergantung pada daya keluaran microwave, waktu yang dibutuhkan bisa lebih singkat atau lebih lama. Bubur yang dihasilkan seharusnya memiliki konsistensi seperti bubur yang agak encer. Kecuali 2 sendok makan serpihan cabai Korea, campurkan semua bahan dasar kimchi ke dalam mangkuk sedang.
  3. Setelah 60 menit, cuci lobak dengan air dingin yang mengalir dua atau beberapa kali dan buang air yang berlebihan selama 5 menit.
  4. Tambahkan serpihan cabai Korea ke dalam mangkuk bersih berisi lobak. Kenakan sarung tangan untuk memasak. Campurkan lobak dan serpihan cabai secara merata. Lobak akan memiliki warna yang bagus dan cerah jika serpihan cabai ditambahkan secara terpisah dan sebelum bahan dasar kimchi lainnya. Aduk rata dan merata bahan dasar kimchi dengan daun bawang cincang.
  5. Lobak yang sudah dibumbui harus ditempatkan dalam wadah kaca kedap udara (toples kaca 1,5 liter untuk jumlah yang tercantum di atas) dan dibiarkan pada suhu kamar selama enam hingga dua puluh empat jam, tergantung pada suhunya. Setelah itu, simpan di lemari es. Kimchi harus disimpan pada suhu 6 derajat Celcius (42,8 derajat Fahrenheit).
Baca Juga :  Yuk, Buat Karedok Khas Sunda yang Mudah dan Cepat

CATATAN :

Tepung beras digunakan untuk membuat dasar kimchi lebih lengket sehingga lobak dapat menempel dengan baik. Selain itu, tepung beras juga digunakan sebagai umpan probiotik. Kimchi yang mengandung lebih banyak probiotik rasanya lebih enak, dan tampaknya hal ini membantu mereka berkembang biak dengan baik. Kamu dapat mengganti tepung ketan manis atau bahkan tepung serbaguna jika tidak memiliki tepung beras.

Pada hari ke-3, kimchi lobak akan mulai terasa enak. Kamu bisa mulai memakannya lebih cepat, tetapi lobak masih akan sedikit mentah. Untuk meningkatkan rasanya, lobak harus melalui proses fermentasi.

Lihat video membuat Kkakdugi

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan