Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kimchi Jjigae (Kimchi Rebus)

Resep Kimchi Jjigae (Kimchi Rebus)

Kimchi Jjigae (3)

Resep Kimchi Jjigae

Jika kamu menyukai kimchi, rebusan klasik yang dikenal sebagai Kimchi Jjigae (Rebusan) sulit untuk ditolak.

Makanan ini terbuat dari kimchi yang sudah tua dan terlalu matang, yang mungkin terlalu asam untuk dimakan segar, namun rasanya sangat lezat saat direbus. Pembuatan kimchi jigae atau rebusan kimchi sebenarnya cukup sederhana.

Jjigae ini memiliki rasa yang menyegarkan yang disukai. Cukup tumis kimchi dan bawang bombay dalam 2 sendok makan minyak sebelum menambahkan air, bubuk bawang putih, dan ikan teri kering (atau kaldu ikan teri). Untuk pecinta sayuran, kamu dapat menggunakan kaldu rumput laut.

BAHAN – BAHAN :

  1. Tahu : Kamu dapat menambahkan tahu ke dalam versi polos yang disebutkan di atas atau variasi lainnya.
  2. Untuk daging sapi, gantikan daging sapi rebus atau iga pendek tanpa tulang yang dipotong kecil-kecil dengan daging babi dalam resep ini.
  3. Untuk ikan, gantilah tuna kalengan atau tongkol (kkongchi) atau makarel (godeung-eo).
  4. Kombinasi : Gunakan berbagai macam kimchi, seperti kimchi lobak, kimchi lobak muda (chong gak kimchi) atau kimchi lobak yang dipotong dadu (kkakdugi). Cobalah dengan lobak untuk merasakan rasa dan tekstur yang baru! Perhatikan bahwa lobak mungkin membutuhkan waktu memasak tambahan untuk melunakkan.
  5. Daging deli seperti spam, bacon, dan sosis juga bisa digunakan, meskipun menambahkannya akan membuat lebih dekat dengan Budae Jjigae.
  6. Aged kimchi, juga dikenal sebagai mukeunji atau kimchi tua, adalah kimchi yang telah difermentasi selama lebih dari enam bulan.
Baca Juga :  Mau Masak Ayam Bakar Tanpa Ribet? Buat Saja Ayam Bakar Teflon

Tips :

Jenis kimchi apa yang bisa digunakan? Kkakdugi, Kimchi Lobak Mudah, dan Kimchi Chongak adalah pilihan selain Kimchi Kubis Napa standar. Kimchi Chongak, yang sangat tua dan asam.

Apakah hanya bisa membuat Jjigae dengan kimchi asam? Memanfaatkan kimchi yang sudah matang dan tajam sangatlah penting! Ketika kamu memiliki kimchi asam yang baik, sangat sulit untuk membuat kesalahan.

Berapa lama waktu yang tepat untuk memasaknya? Masaklah cukup lama. Lebih baik lebih lama. Dan keesokan harinya, rasanya akan lebih enak jika didiamkan dan dipanaskan kembali!

Kimchi tidak cukup asam? Kamu bisa menambahkan asinan kubis atau sedikit cuka beras.

Kimchi memiliki terlalu banyak asam! Untuk menyeimbangkan rasa manisnya, tambahkan sedikit gula!

Penyimpanan Kimchi Jjigae dapat disimpan setidaknya selama seminggu di lemari es. Ini harus disimpan setidaknya selama satu hari pada suhu kamar, tergantung pada suhu dan isinya. Jika kamu merebusnya sekali sehari, itu pasti akan bertahan lebih dari dua hari pada suhu kamar. Kimchi juga dapat disimpan dengan baik di dalam freezer.

Baca Juga :  Resep Makaroni Pedas Yang Bisa Anda Coba Membuatnya

Buatlah rebusan dengan kimchi yang tersisa dari meja makan. Kamu tidak perlu memasukkannya kembali ke dalam stoples aslinya dan simpan di lemari es selama sekitar dua minggu (kurang dari tiga puluh hari).

Bagaimana cara membuat kimchi asam yang sudah matang? Dengan mendinginkannya dalam waktu yang lebih lama, kamu dapat dengan mudah membuat kimchi menjadi asam. Kimchi akan menjadi asam dengan cepat jika dibiarkan pada suhu kamar setidaknya selama 12 jam untuk mempercepat prosesnya.

CARA MEMBUAT KIMCHI JJIGAE :

  1. Potong kimchi kubis menjadi potongan-potongan kecil jika kamu ingin memiliki banyak.
  2. Daging harus dipotong searah seratnya menjadi potongan seukuran sekali gigit.
  3. Dalam panci, panaskan minyak dan tumis daging hingga matang.
  4. Tumis selama 7 hingga 8 menit lagi setelah menambahkan kimchi.
  5. Tambahkan air, arak beras, bawang putih cincang, bawang putih bubuk, dan ikan teri kering (atau kaldu ikan teri). Rebus hingga mendidih. Kecilkan api dan biarkan mendidih selama 30 menit.
  6. Cicipi sup di tengah-tengah proses mendidih (15 menit) dan sesuaikan bumbunya seperlunya.

CATATAN :

Karena setiap kimchi dibumbui dengan cara yang berbeda, hasil akhirnya mungkin berbeda. Tambahkan bubuk cabai merah dan guk ganjang jika kamu merasa perlu tambahan bumbu. Jika menurutmu jus kimchi terlalu hambar, kamu juga dapat menambahkannya. Tergantung pada seberapa pedas dan asinnya kimchi.

Baca Juga :  Resep Tekwan Palembang yang Menggugah Selera

Sajikan dengan daging atau ikan dan nasi. Rebusan ini sangat cocok dengan hidangan yang lebih berat seperti daging panggang seperti kalbi, bulgogi karena rasanya yang pedas dan asin. Cobalah dengan nasi panas saat masih dingin (suhu ruangan, bukan dipanaskan), perbedaan suhu membuatnya terasa luar biasa.

Lihat video membuat Kimchi Jjigae

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan