Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Gochujang Hobak Jjigae (Rebusan Zucchini Pedas khas Korea)

Resep Gochujang Hobak Jjigae (Rebusan Zucchini Pedas khas Korea)

Gochujang Hobak Jjigae1 (1)

Resep Gochujang Hobak Jjigae

Resep ini benar-benar ringan (tidak ada lemak di dalamnya) namun pada saat yang sama sangat lezat. Selain itu, hidangan ini cocok dipadukan dengan pajeon, hidangan daging Korea lainnya, dan ikan bakar. Bahkan, hampir semua makanan yang tidak pedas cocok dipadukan dengan saus ini.

Hidangan lainnya haruslah ringan, tajam, dan bahkan pedas (seperti salad atau hidangan sayuran yang lebih ringan lainnya) jika salah satunya adalah hidangan daging yang berat.

Jika salah satu hidangan sangat pedas dan memiliki banyak bumbu, hidangan lainnya harus kaya rasa,

Resep ini sangat sehat karena menggunakan banyak jamur. Jamur shitake memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi hati, dan dikenal sebagai makanan yang dapat melawan kanker dan tumor.

Manfaat-manfaat ini terkenal dalam pengobatan Korea dan pengobatan timur lainnya, dan jamur shitake mungkin merupakan salah satu jamur yang paling sering digunakan dalam masakan Cina, Jepang, dan Korea.

GOCHUJANG HOBAK JJIGAE (REBUSAN ZUCCHINI GOCHUJANG PEDAS)

BAHAN – BAHAN :

  1. 1 C ikan teri besar kering untuk kaldu
  2. 6 C air (atau air yang digunakan untuk membilas beras)
  3. 5-6 jamur Shitake kering
  4. 1 bawang bombay kuning besar
  5. 1 buah zucchini Korea atau Italia ukuran besar atau 2 buah kecil
  6. 7 ons irisan tahu yang keras (opsional)
  7. 2 batang daun bawang
  8. 1 C air jamur (yang berasal dari perendaman shitake kering)
  9. 1 1/2 sendok teh garam
  10. 2 sdt bawang putih cincang
  11. 2 T gochujang
  12. 2 sdt chosun atau gook kanjang
  13. 1/8 sdt bubuk bawang putih (opsional)
Baca Juga :  Resep Ati Ampela Tumis Bawang Pedas, Rasa Gurih Pedas Masakannya Sangat Menggoyang Lidah

CARA MEMBUAT GOCHUJANG HOBAK JJIGAE (REBUSAN ZUCCHINI GOCHUJANG PEDAS) :

  1. Jamur shitake kering harus direndam dalam air dingin setidaknya selama 30 menit sampai batangnya benar-benar lunak. Jika tidak memiliki waktu 3 menit, kamu dapat mempercepatnya dengan menyiram shitake dengan air hangat atau air panas sambil memastikan jamur benar-benar basah kuyup. Jamur mungkin akan kehilangan rasanya jika direndam dalam air panas, tetapi karena kita juga memanfaatkan air jamur, hal ini bisa diterima. Kamu bisa melakukan ini dengan memeras jamur dengan mangkuk yang berat.
  2. Tambahkan sekitar satu cangkir ikan teri kering ke dalam enam cangkir air dingin di dalam panci untuk membuat kaldu ikan teri kering. Saat membuat kaldu, jangan tutup panci. Kamu akan mendapatkan bau amis yang meresap ke dalam kaldu karena menutup panci akan membuat bau ikan tetap berada di dalamnya. Besarkan api dan biarkan mendidih selama 20 menit.
  3. Jika kamu hanya menjatuhkan ikan teri ke dalam air, seperti yang saya lakukan, kamu harus menyaringnya atau mengangkatnya setelah selesai. Setelah kamu selesai membuat kaldu, kamu bisa mengeluarkan ikan teri dari kantong ini dan membuangnya.
  4. Iris zucchini, bawang bombay, dan sayuran jamur selagi kaldu ikan teri mendidih. Potong zucchini menjadi potongan yang lebih besar karena zucchini cepat matang dan menjadi sangat lunak. Setelah jamur benar-benar terhidrasi kembali, keluarkan dari air, peras dengan lembut, dan lepaskan tutup dan batangnya. Iris bawang bombai menjadi dua.
  5. Campurkan 2 T gochujang ke dalam kaldu ikan teri yang sudah direbus, aduk hingga tercampur rata. Setelah jamur shitake direndam, tambahkan satu cangkir air jamur. Ini benar-benar meningkatkan rasa jjigae tanpa menggunakan MSG.
  6. Kaldu Gochujang dapat ditambah dengan jamur dan bawang. Masak selama lima menit dengan api sedang.
  7. Gook kanjang, zucchini, tahu, bubuk bawang putih, dan satu sendok teh garam harus ditambahkan. Tutup dan masak selama 10 hingga 15 menit. Sekitar 2 sendok teh bawang putih cincang terkandung dalam dua kotak ini.
  8. Cicipi jjigae setelah sepuluh menit. Cobalah untuk mencicipi rasa asinnya, meskipun mungkin belum ada rasa yang sempurna. Kamu mungkin perlu menambahkan lebih banyak garam, tergantung jenis yang digunakan. Bisa menggunakan garam laut berkualitas tinggi, rasanya tidak terlalu asin seperti garam meja, yang lebih umum digunakan. Selain itu, itulah motivasi di balik mengapa saya merekomendasikan untuk memasukkan hanya 1 sendok teh dari 1 1/2 sendok teh garam sebelumnya. Tambahkan 1/2 sendok teh garam yang tersisa jika perlu.
  9. Lanjutkan mendidih selama 5 hingga 10 menit dengan menurunkan panasnya menjadi kecil. Kamu dapat menambahkan daun bawang di akhir atau menambahkannya beberapa menit sebelum mematikan api. Sekarang kamu bisa mengkonsumsinya. Jjigae itu nikmat karena rasanya akan terasa lebih enak keesokan harinya. Oleh karena itu, panaskan kembali sisa makanan berulang kali di dalam panci atau kulkas. Cukup tambahkan sedikit air setiap kali agar tidak terlalu pekat.
Baca Juga :  Mau Makan Rica-Rica Ati Ampela yang Lezat? Baca Dulu Resepnya Berikut

Lihat video membuat Gochujang Hobak Jjigae

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan