Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Cwie Mie Khas Malang Ini Bisa Anda Praktikkan di Rumah

Resep Cwie Mie Khas Malang Ini Bisa Anda Praktikkan di Rumah

Cwie Mie Khas Malang

Resep cwie mie

Ada resep cwie mie yang berasal dari Kota Malang, Jawa Timur. Menu kulier berbahan dasar mie yang sekilas mirip mie ayam pada umumnya.

Perbedaannya, menggunakan daging ayam cincang dan selada sebagai pelengkap sayurnya. Rasa mienya lebih gurih asin, tetapi saat disantap secara keseluruhan menjadi lebih sedap.

Anda yang berdomisili di Malang dan sekitarnya tentu lebih familiar dengan cwie mie. Berbeda dengan Anda yang belum pernah sama sekali mengetahui kuliner ini, tentu saja penasaran untuk coba mencicipinya.

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Malang karena Anda bisa memasaknya di rumah dengan bahan, bumbu, serta langkah-langkahnya yang direkomendasikan.

Untuk lebih jelas mengenai resep cwie mie khas Malang, silahkan menyimak informasi berikut.

Bahan-bahan

  1. 5 gulung mie keriting basah
  2. 10 lembar pangsit goreng
  3. 5 lembar daun selada
  4. 2 sendok makan bawang merah goreng
  5. 2 batang seledri dicincang halus
  6. 2 batang daun bawang dipotong kecil
  7. 5 sendok teh kecap asin
  8. ½ sendok teh garam

Bahan pelengkap

  1. Acar timun secukupnya
  2. Sambal cabai rawit secukupnya
  3. Kecap manis secukupnya
  4. Saos cabai/tomat secukupnya

Bahan untuk toping ayam

  1. 250 gram daging ayam fillet dicincang halus
  2. 3 siung bawang putih dicincang
  3. 1 cm jahe diiris tipis
  4. ¼ sendok teh garam
  5. ½ sendok teh merica bubuk
  6. 1 sendok teh kecap asin
  7. 1 sendok teh minyak wijen
  8. 2 sendok makan minyak goreng

Bahan untuk minyak ayam

  1. 100 ml minyak goreng
  2. 50 gram kulit ayam
  3. 5 siung bawang putih dicincang halus
Baca Juga :  Resep Membuat Mie Soba Yang Gurih Dan Lembut

Bahan untuk kuahnya

  1. 1 liter air kaldu ayam
  2. 3 siung bawang putih dicincang halus
  3. 2 cm jahe dicincang halus
  4. 1 sendok teh garam
  5. ¼ sendok teh kaldu bubuk
  6. ½ sendok teh merica bubuk
  7. 10 butir bakso
  8. 1 batang daun bawang dipotong kecil
  9. 2 sendok makan minyak goreng

Cara memasak cwie mie

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep cwie mie dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Langkah awal, yaitu membuat kuahnya terlebih dulu. Caranya, siapkan wajan penggorengan, lalu beri minyak goreng untuk menumis. Setelah panas, tumis bawang putih dan jahe hingga harum.
  2. Setelah itu, tuangkan air kaldu ayam ke dalam wajan dan aduk merata. Masak dengan api kompor kecil saja hingga mendidih.
  3. Bumbui dengan garam dan merica, lalu aduk merata lagi. Masukkan butiran bakso dan masak hingga matang. Jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika rasanya sudah pas, masukkan potongan daun bawang, lalu matikan kompor. Kuah untuk cwie mie sudah matang.
  4. Langkah berikutnya, yaitu membuat toping ayam. Caranya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bawang putih dan jahe hingga harum.
  5. Setelah itu, masukkan cincangan daging ayam dan aduk merata hingga berubah warna. Bumbui dengan garam, merica, kecap asin, dan minyak wijen. Aduk merata dan masak hingga mengering. Setelah matang, matikan kompor dan angkat masakannya. Sisihkan dulu.
  6. Langkah selanjutnya, yaitu membuat minyak ayam. Caranya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng yang sudah disiapkan. Setelah minyak panas, masukkan semua kulit ayam dan goreng hingga harum dengan api kompor kecil saja.
  7. Tambahkan bawang putih, lalu aduk merata hingga minyak berwarna kekuningan. Matikan kompor dan biarkan sejenak agar tidak terlalu panas. Setelah itu, disaring dan minyak ayamnya disisihkan karena akan digunakan nanti.
  8. Selanjutnya, didihkan air dan masukkan mie keriting basah. Rebus hingga matang dan lembut. Angkat dan tiriskan.
  9. Semua bahan sudah matang dan tinggal diplating saja. Siapkan mangkuk ukuran sedang untuk plating. Beri 1 sendok makan minyak ayam, 1 sendok teh kecap asin, dan sedikit merica bubuk.
  10. Aduk merata dengan sendok dan garpu, lalu masukkan mie yang sudah direbus tadi ke dalam mangkok. Aduk lagi merata dengan semua bumbunya. Setelah itu, beri 1 lembar daun selada diatasnya. Beri toping ayam secukupnya, pangsit kering, serta taburi irisan seledri, daun bawang, dan bawang merah goreng.
  11. Anda bisa memberikan bakso ke dalam mengkuknya atau ditempatkan di mangkuk terpisah bersama kuahnya. Terserah Anda saja sesuai selera masing-masing. Lengkapi dengan acar timun, sambal cabai rawit, kecap manis, dan saus cabai/tomat secukupnya, jika Anda menginginkannya.
Baca Juga :  Mau Memasak Resep Sotong Tumis Hitam yang Sedap? Baca Dulu Resepnya Berikut

Itulah resep cwie mie khas Malang selengkapnya yang dapat Anda praktikkan di rumah. Bahan-bahannya memang cukup banyak serta cara memasaknya lebih rumit. Namun jika sudah matang, rasanya benar-benar mantul. Selamat mencoba.

Lihat Videonya :

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan