Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Membuat Mul Naengmyeon (Sup Mie Dingin Korea)

Resep Membuat Mul Naengmyeon (Sup Mie Dingin Korea)

Mul Naengmyeon1 (1)

Resep Membuat Mul Naengmyeon

Hidangan musim panas terbaik adalah sup mie dingin Korea, Mul Naengmyeon-mie yang ringan dan kenyal dengan kuah kaldu sedingin es yang akan mendinginkan tubuh.

Mul Naengmyeon, sup mie dingin Korea, biasanya disajikan sedingin es (hampir seperti lumpur) selama bulan-bulan musim panas di Korea. Namun, tahukah kamu bahwa Korea Utara, secara tradisional mengkonsumsinya selama musim dingin?

Mul Naengmyeon jika diartikan dengan kata-kata yang sama persis, itu adalah ‘mie air dingin’ (mul = air, naeng = dingin, myeon = mie).

Ini mengacu pada semua Naengmyeon yang disertai dengan sup dingin, namun, jika memesan Mul Naengmyeon di restoran mana pun di Korea Selatan, supnya mungkin akan terasa manis dan tajam dalam gaya khas Korea Selatan.

Kuahnya tidak akan terasa manis atau asam kecuali jika restoran tersebut secara khusus menyatakan bahwa mereka mengkhususkan diri pada Pyeongyang Naengmyeon gaya Utara (yibuksik).

Menurut sejarah, Dinasti Joseon pada abad ke-17 memerintah bagian utara Korea. Pada saat itu, mie seluruhnya terbuat dari soba (maemil), dan karena mie ini tidak mengandung gluten, mie ini terlalu rapuh jika dimasukkan ke dalam kaldu hangat. Namun, ketika mereka mencobanya, mie ini berhasil dalam sup dingin!

Apa selanjutnya? Saat itu, mereka tidak memiliki mie tepung biasa. Gandum bukanlah tanaman asli Korea, tepung terigu berasal dari Cina dan hanya tersedia untuk orang kaya dan bangsawan beberapa ratus tahun yang lalu.

Setelah Perang Korea, tepung terigu lebih sering didatangkan, dan sekarang orang Korea lebih banyak makan roti dan mie daripada nasi!

Terlepas dari itu, beras atau soba digunakan untuk membuat mie pada masa itu, tetapi karena cuaca di bagian utara Korea tidak memungkinkan untuk menanam padi, maka soba lebih banyak digunakan.

Dongchimi, atau kimchi air lobak musim dingin, juga dibuat oleh orang Korea Utara selama panen soba di akhir musim gugur, dan sering ditambahkan ke dalam sup mie dingin.

Beginilah cara pembuatan Naengmyeon yang terkenal di Pyongyang. Sebagai hasilnya, penambahan jus Dongchimi ditekankan dengan memberikan nama Dongchimi Naengmyeon pada hidangan tersebut.

Tips Membuat Mul Naengmyeon :

  1. Karena memiliki sedikit lemak, betis sapi adalah pilihan terbaik. Selain itu, lemak yang sangat rendah dari daging sapi rebus (suyuk) membuatnya lezat baik dalam keadaan hangat maupun dingin. Namun, dapat mengganti daging sandung lamur tanpa lemak dengan daging betis jika tidak menyukai bagian yang kenyal.
  2. Dinginkan sup atau kaldu. Sajikan dengan es batu jika tidak punya waktu untuk mendinginkan kaldu di lemari es.
  3. Usahakan agar mi tidak terlalu matang. Selalu gunakan pengatur waktu dan ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan. Selain itu, aduk segera setelah menambahkan mi agar tidak saling menempel.
  4. Siram mi dengan air super dingin sebanyak 2-3 kali. Mi tidak akan menjadi terlalu kenyal dan tidak akan menempel satu sama lain.
  5. Jangan memasak mi terlalu lama. Selain itu, mi tidak akan sama lagi setelah dimasukkan ke dalam lemari es, jadi sebaiknya jangan sampai ada mi yang tersisa.
  6. Buatlah kaldu sapi satu atau dua hari sebelumnya dan simpan di lemari es.
  7. Untuk membuat kuah ICY yang terlihat seperti sup mi, bekukan kaldu selama beberapa jam hingga berubah menjadi lumpur, atau bekukan selama semalaman dan cairkan di lemari es hingga siap digunakan. Jika perlu, Anda juga bisa memecahnya dan mengikisnya dengan garpu.
Baca Juga :  Resep nasi goreng spesial ala rumahan

Bahan – Bahan :

  1. Kaldu Sapi (kurangi air hingga 40% – untuk 1,5 kg, gunakan 5 cangkir)
  2. 1,5 kg daging sapi bagian betis (sandung lamur)
  3. 5 siung bawang putih
  4. 7 gram jahe (irisan setebal 1,5 x 0,25 inci)
  5. 13 cangkir air (hanya gunakan 40% air jika menggunakan panci instan)
  6. 1 buah bawang bombay (kecil)

Bumbu untuk Kaldu Sapi

  1. 1 sdt Guk Ganjang (Kecap Sup Korea)
  2. 1 sendok teh garam laut
  3. 2 sdm cairan acar mentimun
  4. 2 sdm cairan acar lobak

Acar Mentimun (Oi Chojeolim)

  1. 1 buah Timun Korea (1 buah setara dengan 1 cangkir) (atau 1/2 buah Inggris atau 2 buah Persia)
  2. 2 sendok teh garam laut
  3. 1 sendok makan cuka beras
  4. 1 sendok makan gula pasir

Acar Lobak (Mu Chojeolim)

  1. 1 cangkir lobak Korea (potong tipis-tipis, berbentuk persegi panjang)
  2. 2 sendok teh garam laut
  3. 1 sendok makan cuka beras
  4. 1 sendok makan gula pasir
  5. 1/4 buah pir Asia

Sawi Kuning dan Cuka

  1. 2 butir telur
  2. 60 gram mie naengmyeon soba

CARA MEMBUAT SUYUK DAN BEEF BROTH :

  1. Saat menyiapkan daging, potong betis sapi menjadi dua untuk mengurangi waktu memasak.
  2. Buatlah kaldu sapi dengan menambahkan sengkel sapi, bawang bombay utuh, jahe, bawang putih, dan air ke dalam panci.
  3. Didihkan terlebih dahulu, kemudian didihkan dengan api sedang-kecil selama sekitar dua jam, tiga puluh sampai empat puluh menit, atau sampai garpu dapat dengan mudah dimasukkan.
  4. Masak selama 35 menit dalam Panci Instan menggunakan pengaturan tekanan tinggi.
  5. Angkat daging sapi dari kaldu setelah dimasak dan biarkan dingin selama 10 menit. Hingga daging cukup dingin untuk dipegang, biarkan dingin di atas talenan selama beberapa menit. Daging sapi harus ditutupi saat didinginkan agar tidak mengering.
  6. Saring kaldu hamburger melalui saringan halus atau kain katun tipis ke dalam mangkuk atau wadah.
  7. Dinginkan kaldu sapi hingga dingin. Buatlah penangas es di wastafel atau mangkuk besar dan dinginkan kaldu dengan mendinginkan wadah kaldu di dalam penangas es untuk hasil yang lebih cepat. Jika kamu bertanya-tanya, betis sapi seberat 1,5 pon akan menghasilkan sekitar 1 liter kaldu.
  8. Daging sapi harus dipotong tipis-tipis di sepanjang urat atau ototnya. Sajikan dingin dari lemari es atau pada suhu kamar dengan sedikit kecap asin.
  9. Setelah kaldu daging sapi didinginkan, keluarkan sisa-sisa lemak yang mengeras. Gunakan tisu dapur atau kertas penyerap lemak untuk menyerapnya. Bagian betis akan memiliki sedikit lemak karena lemaknya sangat sedikit.
  10. Dinginkan hingga siap disajikan.
Baca Juga :  Menu Sehat Dan Praktis Membuat Resep Urap Sayur

Metode paling efektif untuk membuat garis Mul Naengmyeon :

  • Acar Mentimun – Cara membuat acar mentimun (Oi Chojeolim)
  • Saat daging sapi dimasak, mentimun dapat dipotong menjadi persegi panjang atau miring, tergantung selera.
  • Dalam mangkuk, tambahkan mentimun, cuka, garam, gula, dan aduk rata. Masukkan ke dalam lemari es selama sekitar 10 hingga 15 menit, atau sampai mentimun lemas dan menjadi acar.
  • Untuk ekstra crunchy (opsional): Setelah mentimun benar-benar menjadi acar, kamu dapat memeras cairan berlebih dengan memasukkannya ke dalam kain katun tipis atau kain katun. Jangan membuang cairannya. Dengan cara ini, topping mentimun akan lebih renyah.
  • Dinginkan di bawah penutup sampai siap disajikan.
  • Acar Lobak Cara membuat acar mu Chojeolim (lobak) : 
  • Kupas lobak, potong menjadi piringan setebal satu inci, lalu potong secara vertikal untuk membuat irisan tipis.
  • Campurkan lobak yang sudah dipotong, cuka, garam, dan gula ke dalam mangkuk. Dinginkan di bawah penutup sampai siap disajikan. Rencanakan untuk menggunakan sisa cairan untuk membumbui kaldu.
  • Ada banyak cara untuk memasak telur rebus. Kupas telur dan potong menjadi dua. Sisihkan.
  • Buatlah mustard kuning dengan mencampurkan 2 sendok teh bubuk dan 3 sendok teh air. Kamu juga bisa menggunakan tabung yang sudah jadi, tapi rasanya tidak akan seenak ini.
  • Iris pir Asia tipis-tipis. (OPSIONAL).
Baca Juga :  Resep Mie Kuah Kari Daging, Sajian Kuliner Berkuah Hangat di Musim Penghujan

Cara Membuat Mie “Al Dente” yang Kenyal :

  1. Tambahkan mie ke dalam panci berisi air mendidih dan masak sesuai dengan petunjuk pada kemasan. Aduk terus mie saat dimasak dan uji apakah sudah matang.
  2. Untuk Mie Kering, biasanya dimasak selama tiga sampai empat menit, tetapi saya memasaknya selama tiga menit lagi.
  3. Masak selama 30 hingga 40 detik untuk Mie Basah. Sebelum menambahkan mie ke dalam panci, pastikan memisahkan mie dengan mengaduk-aduknya dengan tangan untuk mencegah penumpukan.
  4. Siapkan rendaman es dan letakkan mi yang sudah matang di dalamnya. Gosok mi dengan tangan untuk membilasnya. Tiga kali lagi. Dengan mengaduk-aduk dan menggumpalkan mi dengan tangan Anda, Anda dapat membuat porsi tersendiri. Tuang lebih banyak air ke dalamnya dengan meletakkannya di atas saringan.

Lihat video membuat Mul Naengmyeon

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan