Lompat ke konten
Home » Resep Tahu Jeletot Ayam untuk Bisnis Kuliner yang Menguntungkan

Resep Tahu Jeletot Ayam untuk Bisnis Kuliner yang Menguntungkan

Tahu Jeletot Ayam

Resep tahu jeletot ayam

Resep tahu jeletot ayam merupakan salah satu menu kuliner yang hingga sekarang masih eksis.

Bahkan, tidak sedikit yang menggilai makanan tahu isi pedas ini karena rasanya benar-benar enak di lidah. Oleh karenanya, tahu jeletot banyak dijual di pinggiran jalan oleh pedagang kaki lima di berbagai daerah terutama di Pulau Jawa.

Anda mungkin salah satu penggemar berat tahu jeletot atau berniat ingin berbisnis kuliner kecil-kecilan dengan menjualnya.

Jika seperti itu, Anda harus tahu cara dan Langkah membuatnya terlebih dulu. Tentu saja cara pembuatannya yang direkomendasikan agar bentuk tahu jeletotnya bagus serta rasanya mantul. Berikut resep tahu jeletot ayam yang perlu Anda ketahui lebih detail.

Bahan-bahan

  1. 10 buah tahu pong
  2. 2 potong dada ayam segar tanpa tulang
  3. ½ kol dicincang halus
  4. 2 buah wortel besar dicincang halus
  5. 2 genggam touge segar diseduh air panas lalu ditiriskan
  6. 3 helai daun bawang dipotong kecil
  7. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera dipotong kecil
  8. 2 sendok makan tepung terigu dilarutkan air hingga kalis
  9. 3 siung bawang putih dicincang halus
  10. 1 sendok teh garam
  11. 1 sendok teh gula pasir
  12. 1 sendok teh kaldu bubuk
  13. ½ sendok teh lada bubuk
  14. Minyak goreng secukupnya untuk menumis dan menggoreng tahu jeletot
Baca Juga :  Ayam Nanking Saus ala Chinese yang Cita Rasanya Lezat

Bahan untuk adonan tepung

  1. 5 sendok makan terigu
  2. 2 sendok makan tepung maizena
  3. 1 sendok teh garam
  4. 1 sendok teh kaldu bubuk
  5. ½ sendok teh lada bubuk
  6. Air matang secukupnya

Bahan pelengkap

  1. Kecap manis secukupnya
  2. Saus cabai/tomat secukupnya

Cara membuat tahu jeletot ayam

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep tahu jeletot ayam dengan Langkah-langkah membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus ayam sekitar 15 menit, lalu angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu agar tidak terlalu panas, lalu cincang kasar saja. Sisihkan lagi.
  2. Selanjutnya, silahkan panaskan dulu wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bawang putih hingga harum.
  3. Setelah itu, masukkan cincangan daging ayam dan aduk merata. Tambahkan wortel, kol, dan touge. Aduk merata lagi dan masak hingga layu.
  4. Bumbui dengan garam, gula pasir, kaldu bubuk, dan lada bubuk. Aduk merata lagi. Setelah itu, tambahkan daun bawang dan potongan cabai. Aduk lagi.
  5. Tuangkan larutan tepung terigu dan adauk merata. Anda bisa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Setelah itu, matikan kompor dan sisihkan dulu isian tahu jeletotnya.
  6. Selanjutnya, ambil satu tahu pong yang sudah disiapkan. Belah bagian pinggirnya dan isi dengan bahan isian tahu sekitar 2 sendok makan. Lakukan Langkah tersebut hingga semua tahu pong terisi semua. Sisihkan.
  7. Langkah berikutnya membuat adonan tepung. Caranya, siapkan wadah baskom dulu, lalu masukkan semua bahan yang sudah disediakan satu per satu ke dalam baskom. Setelah itu, beri air matang secukupnya dan aduk merata hingga adonan tepung kalis.
  8. Masukkan satu per satu tahu pong yang sudah terisi isian jeletotnya ke dalam adonan tepung. Bolak balik agar seluruh permukaan tahu terselimuti adonan.
  9. Panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng cukup banyak untuk menggoreng tahu jeletot. Pastikan minyak sudah panas, barulah masukkan tahunya satu per satu ke dalam wajan. Jangan lupa dibolak-balik agar matangnya merata. Setelah berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan. Tahu jeletot ayam sudah matang dan siap disajikan.
  10. Siapkan piring saji untuk plating, lalu letakkan dan tata semua tahu jeletot yang sudah matang diatas piring. Lengkapi dengan kecap manis dan saus cabai/tomat.
Baca Juga :  Resep Bebek Goreng Sambal Pencit, Kuliner Khas Surabaya yang Dijamin Menggugah Selera

Sekarang, Anda sekalian sudah mengetahui Langkah-langkah mempraktikkan resep tahu jeletot ayam. Selanjutnya, silahkan dicoba di rumah agar bisa dicicipi dan atau dijual untuk mendapatkan keuntungan. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info