Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Sop Makaroni Ayam Kampung, Masakan Hangat Penggugah Selera di Musim Penghujan

Resep Sop Makaroni Ayam Kampung, Masakan Hangat Penggugah Selera di Musim Penghujan

sop makaroni ayam kampung (1)

Resep sop makaroni ayam kampung

Resep sop makaroni ayam kampung menjadi sebuah hidangan hangat berkuah memanjakan lidah Anda sekalian.

Terutama pada musim hujan seperti ini sangat cocok mengkonsumsi makanan dan minuman yang hangat. Dimana masakan sop sudah identik dengan kuah hangat berbumbu gurih.

Di dalamnya terdapat beragam sayuran yang bergizi dan bernutrisi. Apalagi ditambah daging ayam untuk melengkap protein hewaninya.

Mulai dari anak kecil hingga orang tua menyukai masakan sop dengan pilihan isian seperti yang diinginkan.

Untuk sekarang, ada sop makaroni dengan potongan ayam kampung di dalamnya. Dijamin menggugah selera dan rasanya mantul. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah sesuai pedoman resep sop makaroni ayam kampung yang diuraikan berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram ayam kampung segar terserah bagian mana
  2. 2 liter air untuk merebus
  3. 3 buah wortel diiris tipis
  4. 2 buah kentang dikupas lalu dipotong-potong
  5. 1 genggang makaroni matang
  6. 2 helai buncis  dipotong-potong
Baca Juga :  Resep Semur Daging Kentang Enak

Bumbu-bumbu

  1. 4 siung bawang putih dihaluskan
  2. 1 sendok teh merica bubuk
  3. 1 sendok makan garam
  4. 1 batang daun bawang dipotong kecil
  5. 1 batang daun seledri dipotong kecil

Cara memasak sop makaroni ayam kampung

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep sop makaroni ayam kampung dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua ayam kampung yang sudah disediakan di bawah air mengalir, lalu potong menjadi beberapa bagian jika ukurannya terlalu besar. Setelah itu, rebus ayam hingga mendidih dan mengeluarkan kaldu. Anda bisa menggunakan panci presto agar lebih cepat merebusnya hingga empuk.
  2. Setelah matang, angkat semua ayam dan tiriskan. Biarkan dulu beberapa saat agar mendingin. Setelah itu, Anda bisa suwir-suwir dagingnya, jika menginginkannya. Sisihkan.
  3. Selanjutnya, panaskan lagi air kaldu bekas merebus ayam di api kompor kecil saja. Buang gumpalan-gumpalan serta buih di dalamnya. Setelah itu, masukkan bawang putih, wortel, dan kentang. Aduk merata.
  4. Masukkan makaroni, buncis, dan potongan/suwiran ayam. Aduk merata. Lalu, tambahkan juga dengan garam, merica bubuk, daun bawang, dan seledri. Aduk dan masak hingga mendidih.
  5. Anda bisa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasa. Jika sudah matang dan rasanya pas, matikan kompor karena masakan siap disajikan.
  6. Siapkan mangkuk saji ukuran sedang untuk plating, lalu tuangkan masakan sop makaroni ayam kampung yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Anda juga bisa melengkapinya dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Semur Jantung Ayam, Masakan Sederhana, Murah Meriah, dan Rasanya Mantap

Setelah mengetahui cara memasak resep sop makaroni ayam kampung selengkapnya, silahkan Anda praktikkan sendiri sekarang juga. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info