Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Puding Kelapa Gula Jawa, Sajian Berbuka Puasa yang Manis, Segar, dan Enak

Resep Puding Kelapa Gula Jawa, Sajian Berbuka Puasa yang Manis, Segar, dan Enak

Resep Puding Kelapa Gula Jawa (1)

Resep puding kelapa gula Jawa

Resep puding kelapa gula Jawa sangat cocok dibuat untuk buka puasa di bulan Ramadhan. Rasa puding yang manis dan kenyal menjadi santapan ringan saat berbuka, sebelum Anda menyantap makanan berat, seperti nasi dengan lauk pauknya.

Sebenarnya pasti banyak orang berjualan puding dan berbagai cemilan di luar sana menjelang waktu berbuka. Namun demikian, tidak ada salahnya Anda membuatnya sendiri di rumah.

Dengan begitu, porsi pudingnya lebih besar dan banyak untuk dinikmati seluruh keluarga saat berbuka puasa.

Lalu, bagaimana resep puding kelapa gula Jawa yang rasanya enak dan direkomendasikan? Berikut informasi selengkapnya yang harus Anda baca dan ketahui.

Bahan-bahan

  1. 2 liter santan dari 1 butir kelapa
  2. 2 bungkus agar-agar bubuk
  3. 2 sendok teh jelly
  4. 4 lembar daun pandan disimpul
  5. 500 gram gula Jawa disisir
  6. 4 buah kelapa muda dikeruk
  7. ½ sendok teh garam
Baca Juga :  Simpel dan Enak Rasanya, Anda Harus Coba Resep Lomie Hokkian

Cara membuat puding kelapa gula Jawa

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep puding kelapa gula Jawa dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Siapkan panci ukuran sedang, lalu masukkan ke dalamnya santan, agar-agar bubuk, dan jelly. Setelah itu, panaskan panci diatas api kompor sedang sambil diaduk perlahan adonannya.
  2. Tambahkan gula Jawa, daun pandan, dan garam. Aduk perlahan lagi terus menerus hingga semua bahan tercampur dan santan tidak pecah. Masak hingga mendidih. Rasa manis dari gula Jawanya dijamin lebih alami dan enak.
  3. Setelah adonan jadi, matikan kompor dan biarkan beberapa saat. Sementara itu, Anda bisa menyiapkan loyang puding dengan bentuk seperti yang diinginkan.
  4. Letakkan dulu kerukan daging kelapa di dasar loyang. Setelah itu, tuangkan adonan puding hingga ketinggian seperempat loyang. Biarkan sejenak agar mengeras.
  5. Selanjutnya, panaskan lagi adonan pudingnya, lalu tuangkan ke loyang hingga penuh. Hal tersebut dilakukan agar bisa membentuk dua warna puding berbeda, sehingga lebih menarik.
  6. Setelah itu, masukkan ke dalam kulkas, tetapi jangan di freezer agar tidak membeku. Anda bisa mengecek adonannya tiap 30 menit untuk memastikan adonan puding sudah mengeras serta bisa dikonsumsi atau belum. Jika sudah, keluarkan puding dan potong sesuai selera untuk disajikan.
  7. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu letakkan dan tata potongan puding kelapa gula Jawa yang sudah jadi. Jangan lupa menunggu adzan Maghrib dulu untuk bisa mencicipinya dan menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Pakcoy Kuah Telur Sederhana Rasanya Menggugah Selera

Cukup mudah bukan resep puding kelapa gula Jawa diatas? Anda dapat mempraktikkan langkah-langkahnya sekarang juga. Bahkan, Anda bisa menjadikannya ide berbisnis kuliner yang menguntungkan.

Lihat Video Resep Puding Kelapa Gula Jawa

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan