Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Tuna Kimbap (Chamchi Kimbap)

Resep Tuna Kimbap (Chamchi Kimbap)

Chamchi Kimbap

Resep Tuna Kimbap

Resep nasi gulung Korea yang lezat dengan kimbap tuna. Hidangan favorit keluarga adalah hidangan gurih dengan rasa tuna mayo ini! Sangat lezat dan mudah dibuat.

Kimbap tuna juga dikenal sebagai Chamchi kimbap adalah hidangan yang sangat disukai di Korea. Ini adalah sejenis kimbap atau gimbap, yang merupakan gulungan nasi yang berisi berbagai macam bahan.

Tuna kalengan, telur, wortel, mentimun, acar lobak kuning, nasi, dan rumput laut adalah komponen utama kimbap tuna. Laver kering (gim) adalah jenis rumput laut yang biasanya digunakan dalam hidangan ini.

Nasi putih dengan butiran pendek atau sedang harus digunakan untuk hidangan ini. Beberapa orang juga menambahkan akar burdock yang sudah disiapkan, daun perilla, atau kue ikan ke dalam gulungan untuk menghasilkan rasa dan permukaan yang lebih menakjubkan.

TIPS : Jika kamu baru belajar memasak, menggulung kimbap bisa jadi sulit.

  1. Gunakan nasi yang sudah agak dingin yang dapat disentuh tanpa membuat ujung jari terbakar. Rumput laut dapat menjadi lembek dan layu jika nasi terlalu panas.
  2. Jangan mengisi ujung sisi gulungan secara berlebihan, terutama pada bagian tuna. Saat mulai menggulung, tuna akan mudah keluar. Selain itu, jangan mengisi kimbap terlalu banyak, karena bisa pecah saat mengirisnya.
  3. Pegang bahan dengan erat menggunakan tangan saat menggulung kimbap agar tidak bergeser dari tempatnya. Setelah membungkus isian, tekan dengan lembut di atas tikar bambu untuk membentuk gulungan, lalu gulung . Untuk menyelesaikan pembentukan, turunkan gulungan kimbap ke bagian bawah tikar bambu, gulung, dan tekan dengan kuat di atasnya.
Baca Juga :  Resep Puding Roti Tawar Kukus Rumahan

BAHAN-BAHAN UNTUK KIMBAP TUNA, MEMBUAT 7 GULUNGAN

BAHAN UTAMA

  1. 1 buah mentimun (350g/ 12,3 ons)
  2. 4 butir telur
  3. 3 buah wortel (320g / 11,3 ons), potong kecil-kecil
  4. 2 lembar kue ikan Korea (90g / 3,2 ons), dibilas dengan air panas & diiris tipis
  5. 5 cangkir nasi (dihasilkan dari 2 cangkir beras pendek atau beras medium yang belum dimasak)
  6. 7 acar lobak kuning (danmuji), potong-potong panjang jika tidak membeli versi yang sudah dipotong
  7. 14 potongan akar burdock yang sudah dibumbui
  8. 555g / 19,6 ons tuna kalengan, tiriskan (3 kaleng tuna dengan berat masing-masing 185 gram / 6,5 ons)
  9. 1/4 cangkir mayones
  10. 7 lembar rumput laut kering (gim / sushi nori)
  11. 7 hingga 14 lembar daun perilla (tergantung ukurannya, opsional), dibilas
  12. 1 sendok makan minyak wijen
  13. Minyak goreng

BUMBU MENTIMUN

  1. 1/2 sendok makan garam laut halus

BUMBU TELUR

  • 1/8 sdt garam laut halus
  • 1 sdt arak beras (mirin)

BUMBU KUE IKAN

  1. 1 sendok makan kecap asin, biasa
  2. 1/2 sdt gula pasir

BUMBU NASI

  1. 2 sdm minyak wijen
  2. 1/2 sdt garam laut halus

CARA MEMBUAT TUNA KIMBAP :

  1. Buang biji mentimun dengan memotongnya menjadi potongan-potongan panjang. Letakkan di atas piring, bumbui dengan 1/2 sendok teh garam halus, dan aduk rata. Sisihkan.
  2. Kocok telur dalam mangkuk sedang setelah dipecahkan. Tambahkan telur yang sudah disiapkan (garam laut halus dan arak beras) dan aduk rata. Tambahkan sedikit minyak goreng ke dalam wajan panas. Masak kedua sisinya dengan api sedang setelah menambahkan lapisan tipis telur kocok (sekitar sepertiganya).
  3. Pindahkan ke piring atau talenan dan dinginkan. Ulangi sampai semua telur kocok matang.
  4. Tambahkan sedikit minyak goreng ke dalam wajan yang sudah dipanaskan dan masak wortel selama dua hingga tiga menit dengan api sedang. Letakkan di atas piring.
  5. Taruh kertas dapur ke dalam wajan, tambahkan sedikit minyak goreng, dan masak kue ikan dengan bumbu (kecap asin dan gula) selama sekitar 2 menit dengan api sedang. Letakkan di atas piring.
  6. Gulung telur yang sudah digoreng dan iris tipis-tipis sebelum menumpuknya di atas satu sama lain. Letakkan di atas piring.
  7. Campurkan nasi dan bumbu nasi dalam mangkuk besar. Simpan hingga dingin.
  8. Untuk menghilangkan kelebihan air, peras acar lobak kuning, akar burdock yang sudah dibumbui, dan potongan mentimun. Pindahkan ke piring.
  9. Taruh tuna yang sudah dikeringkan dalam mangkuk berukuran sedang. Tambahkan mayones dan aduk rata. Simpan.
  10. Di penggulungan kimbap, kumpulkan semua bahan untuk kimbap. Oleh karena itu, mudah untuk dirakit.
  11. Letakkan satu lembar rumput laut kering di atas tikar bambu (sisi yang berkilau menghadap ke atas). Ambil nasi, yang seharusnya seukuran bola tenis, dan sebarkan tipis-tipis di atas lembaran rumput laut untuk menutupi rumput laut. Sisakan celah sekitar 5 cm atau 2 inci di bagian atas rumput laut.
  12. Sekarang, isi rumput laut dengan bahan-bahan untuk pengarsipan. Untuk menghindari kehabisan, sebarkan bahan secara merata.
  13. Tuna harus ditempatkan di tengah-tengah setiap daun perilla (setengah jika terlalu besar, dua jika terlalu kecil), diikuti dengan satu acar lobak kuning dan dua potongan burdock di sekelilingnya. Setelah itu, susun batang mentimun, potongan kue ikan, potongan telur dadar ikan, dan potongan wortel dalam satu tumpukan.
  14. Kemudian, gulung rumput laut dengan cara menyatukan bahan-bahan tersebut dengan tangan. Oleskan beberapa tetes air pada celah yang tersisa untuk merekatkan ujung atas rumput laut. Di sisi lain, masukkan beberapa butir nasi ke dalam lubang ini. Dengan menekan menggunakan tikar bambu, bentuk gulungan setelah selesai menggulung rumput laut. Simpan gulungan yang sudah selesai.
  15. Letakkan semua kimbap di talenan, dan percikkan sedikit minyak wijen (sekitar 1 sendok makan) ke permukaan rumput laut. Kimbap harus dipotong-potong seukuran sekali gigit. Kimchi atau acar lobak kuning adalah pelengkap yang cocok.
Baca Juga :  Resep Sup Ayam Jagung Yang Banyak Peminatnya

Lihat video membuatnya Chamchi Kimbap

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan