Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak Resep Kare Daging Sapi untuk Lauk Makan yang Rasanya Dijamin Lezat

Memasak Resep Kare Daging Sapi untuk Lauk Makan yang Rasanya Dijamin Lezat

Resep Kare Daging Sapi1 (1)

Resep kare daging sapi

Resep kare daging sapi menjadi masakan yang spesial karena bukan hanya bahan utamanya saja, tetapi juga rasanya.

Anda sekalian yang ingin membuktikannya sendiri betapa spesialnya masakan ini, silahkan untuk coba memasaknya. Setelah matang, cicipi dan santap dan nasi putih hangat bersama keluarga tercinta dan orang terdekat.

Biasanya, masakan kare memakai bahan daging ayam atau telur sebagai protein hewaninya. Namun sekarang, kare akan dimasak menggunakan daging sapi, sehingga rasanya dijamin lebih lezat lagi.

Beragam rempah dan bumbu dilibatkan dalam proses memasaknya. Oleh karenanya, tidak heran jika masakannya berasa umami karena memadukan berbagai rasa. Anda yang ingin coba memasaknya silahkan membaca dulu resep kare daging sapi selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram daging sapi atau tetelan
  2. 1 siung bawang putih dicincang kasar
  3. ½ butir bawang bombai dicincang kasar
  4. 2 buah kentang dikupas dan dipotong dadu
  5. 1 genggam kacang mete digoreng lalu dihaluskan kasar
  6. 1 liter santan
  7. 4 buah tomat merah dipotong-potong
  8. ½ sendok makan garam
  9. 2 sendok teh gula pasir
  10. 1 sendok makan air asam Jawa
  11. Kaldu bubuk secukupnya
  12. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Baca Juga :  Resep Ikan Holat Khas Sumatera Utara, Makanan Berkuah yang Menjadi Kesukaan Raja Tapanuli Selatan

Bumbu yang dihaluskan

  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 2 buah cabai merah besar
  • 2 cm kunyit dibakar
  • 2 butir kemiri disangrai
  • 1 cm lengkuas
  • ½ sendok teh ketumbar
  • ¼ sendok teh merica butiran

Cara membuat kare daging sapi

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep kare daging sapi dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua daging sapi atau tetelan yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus sekitar 30 menit, angkat dan potong-potong ukuran sedang atau sesuai selera Anda. Sisihkan dulu.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  3. Tambahkan semua bumbu halus, lalu aduk merata lagi hingga mendidih. Setelah itu, masukkan potongan daging dan aduk lagi merata hingga berubah warna.
  4. Tuangkan semua santan dan kecilkan api kompor. Aduk perlahan secara terus menerus agar santannya tidak pecah. Setelah itu, masukkan kacang mete yang sudah dihaluskan kasar dan potongan tomat. Aduk lagi.
  5. Bumbui dengan garam, gula pasir, air asam Jawa, dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk merata dan masak hingga mendidih. Silahkan untuk mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya.
  6. Jika dirasa masih kurang sedang, Anda bisa menambahkan lagi garam atau kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk sebentar. Setelah kuahnya mengental dan sedikit menyusut, matikan kompor karena masakan siap disajikan.
  7. Siapkan sebuah mangkuk sedang untuk plating, lalu tuangkan masakan kare daging sapi yang sudah matang. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya sebagai lauk yang lezat.
Baca Juga :  Resep Pizza Ayam BBQ Pedas Khas Korea

Beberapa langkah memasak resep kare daging sapi diatas silahkan Anda coba praktikkan di rumah. Dijamin rasanya menggugah selera, jika cara memasaknya sesuai yang direkomendasikan. Selamat mencoba.

Lihat video cara membuat Resep Kare Daging Sapi

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan