Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Ikan Asam Manis Mangga, Masakan Chinese Food di Bulan Ramadhan

Resep Ikan Asam Manis Mangga, Masakan Chinese Food di Bulan Ramadhan

Ikan Asam Manis Mangga1

Resep ikan asam manis mangga

Resep ikan asam manis mangga merupakan salah satu macam Chinese food atau makanan China. Rasa asam manis mangga sepertinya sudah bisa Anda bayangkan sendiri. Ditambah bahan ikan gurami sebagai protein hewaninya sangat cocok untuk disantap seluruh keluarga.

Apalagi pada saat bulan Ramadhan seperti ini Anda bisa memasak menu berbuka puasa dan makan sahur di rumah.

Selain untuk menghemat pengeluaran, menu yang dimasak dan disajikan juga bisa dibuat bervariasi. Salah satunya menu ikan asam manis ini yang dapat Anda coba masak di rumah. Namun sebelumnya, silahkan membaca resep ikan asam manis mangga selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ikan gurami segar ukuran besar
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 1 sendok teh garam
  4. 1 butir putih telur ayam
  5. 100 gram tepung sagu
  6. ½ sendok teh kaldu bubuk
  7. ½ sendok teh merica bubuk
  8. Minyak goreng secukupnya

Bahan saus asam manis mangga

  1. 1 gelas sari jeruk manis atau jus jeruk manis
  2. 3 sendok makan saus tomat
  3. 3 cm jahe digeprek
  4. 3 sendok makan pasir
  5. 2 sendok makan larutan tepung maizena
  6. Mangga muda secukupnya diserut
Baca Juga :  Bumbu Marinasi Sate Kambing: Rahasia Membuat Sate Kambing yang Lezat dan Mudah Disediakan

Cara memasak ikan asam manis mangga

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep ikan asam manis mangga dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ikan gurami yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Bersihkan semua sisik dan kotoran di bagian insang serta perut ikan. Setelah itu, masukkan ke dalam baskom dan beri perasan jeruk nipis dan garam. Ratakan ke seluruh tubuh ikan, lalu diamkan sekitar 15 menit untuk menghilangkan amisnya.
  2. Setelah 15 menit, bilas ikan dengan air bersih. Lalu, fillet ikan untuk mengambil bagian dagingnya saja. Potong-potong daging ikan gurami ukuran sedang atau sesuai selera Anda.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng akan banyak untuk menggoreng daging ikan gurami. Masukkan satu per satu potongan daging ke dalam putih telur, lalu gulingkan diatas adonan tepung sagu yang sudah dicampur kaldu bubuk dan merica bubuk.
  4. Setelah itu, masukkan ke dalam minyak panas dan goreng hingga berwarna kecoklatan permukaannya. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  5. Langkah berikutnya membuat saus asam manis. Caranya, siapkan wadah, lalu campurkan sedikit saru jeruk manis dengan larutan maizena. Aduk merata.
  6. Panaskan wajan penggorengan di api kompor kecil saja, lalu masukkan campurkan sisa semua sari jeruk manis dengan saus tomat, jahe, dan gula pasir. Setelah itu, tuangkan larutan maizena ke dalam wajan. Aduk merata lagi dan masak hingga mendidih serta mengental. Jangan lupa menambahkan serutan mangga secukupnya, lalu aduk merata sebentar.
  7. Silahkan mencicipi saus asam manisnya sedikit untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah sesuai selera, matikan kompor.
  8. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu letakkan daging ikan gurami goreng yang sudah matang. Setelah itu, tuangkan saus asam manis mangga diatasnya. Siapkan juga nasi putih hangat saat ingin menyantapnya sebagai lauk menu berbuka atau makan sahur.
Baca Juga :  Resep Gazpacho, sup dingin yang berasal dari Spanyol

Sekarang, Anda sudah mengetahui cara memasak resep ikan asam manis mangga, seperti diuraikan diatas. Silahkan Anda coba memasaknya karena rasanya dijamin mantul.

Lihat video membuat Ikan Asam Manis Mangga

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info