Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Sambal Goreng Kentang tanpa Santan

Resep Sambal Goreng Kentang tanpa Santan

Resep Sambal Goreng Kentang

Resep Sambal Goreng Kentang

Cara membuat Sambal Goreng Kentang

Untuk membuat sambal goreng kentang, 

  1. Langkah pertama adalah menyiapkan kentang dengan cara mencuci dan memotongnya menjadi kubus kecil[1]. 
  2. Kentang harus direbus dalam air asin sampai empuk, tetapi jangan terlalu empuk. Setelah kentang matang, tiriskan dan sisihkan[2].

Selanjutnya sambal dibuat dengan cara 

  1. menumis cabai merah, cabai rawit keriting, bawang merah, dan bawang putih[3]. 
  2. Panaskan sedikit minyak dalam wajan, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. 
  3. Kemudian masukkan campuran cabai bubuk dan tumis hingga harum [4]. 
  4. Tambahkan sedikit air, garam, dan gula ke dalam campuran cabai dan biarkan mendidih hingga saus mengental[3].

Langkah terakhir membuat Sambal Goreng Kentang : 

  1. Terakhir, kentang harus digoreng hingga renyah dan berwarna cokelat keemasan. 
  2. Dalam wajan terpisah, sambal harus dipanaskan dan kentang goreng harus ditambahkan ke dalam wajan dan dicampur dengan saus[5]. 
  3. Kentang harus dilapisi secara merata dengan saus sambal dan dimasak beberapa menit lagi[6]. 
  4. Hidangan ini dapat disajikan panas dan dihias dengan irisan tomat, daun salam, dan irisan jeruk nipis[7]. 

Selain resep tradisional, terdapat variasi masakan yang menggunakan bahan-bahan seperti udang, tahu, dan saus tomat. Apa pun resepnya, sambal goreng kentang merupakan hidangan lezat dan mudah dibuat yang bisa dinikmati sebagai lauk atau hidangan utama.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Pilih Kentang yang Tepat** – Pilih kentang yang mengandung tepung seperti Russet atau Yukon Gold untuk hasil terbaik saat membuat saus sambal goreng kentang. Kentang bertepung memiliki kandungan pati yang tinggi, yang membantunya menghasilkan bagian dalam yang empuk dan bagian luar yang renyah saat digoreng. Hindari kentang berlilin seperti kentang merah, karena cenderung mempertahankan bentuknya dengan baik saat dimasak dan mungkin tidak menghasilkan tekstur masakan yang diinginkan.

**Potong Kentang Secara Seragam** – Untuk memastikan pemasakan merata, potong kentang menjadi ukuran yang seragam. Ini akan membantu kentang matang dengan kecepatan yang sama dan menghasilkan tekstur dan kematangan yang konsisten. Potongan kentang yang tidak rata dapat menyebabkan beberapa potongan kentang kurang matang sementara yang lain terlalu matang. Usahakan untuk membuat irisan atau kubus setebal 1/4 hingga 1/2 inci untuk tekstur seimbang pada hidangan yang sudah jadi.

Baca Juga :  Resep Kerang Kupas Saus Tiram ala Abang Warteg yang Menggugah Selera

**Panaskan Minyak dengan Benar** – Sangat penting untuk memanaskan minyak terlebih dahulu pada suhu yang tepat sebelum menambahkan kentang. Jika minyaknya kurang panas, kentang akan menyerap lebih banyak minyak sehingga menghasilkan masakan yang berminyak. Sebaliknya, jika minyak terlalu panas, bagian luar kentang bisa gosong, namun bagian dalamnya masih kurang matang. Suhu penggorengan yang ideal untuk kentang adalah sekitar 325-375°F (163-190°C).

**Tiriskan Minyak Berlebih** – Setelah menggoreng kentang, letakkan di atas piring atau nampan berlapis tisu untuk mengalirkan minyak berlebih. Langkah ini membantu menghilangkan kelebihan minyak dan memastikan kentang tetap renyah. Ini juga mencegah hidangan terasa berat atau berminyak.

**Sesuaikan Saus Cabai** – Bereksperimenlah dengan variasi saus sambal yang berbeda untuk menemukan profil rasa yang sesuai dengan preferensi Anda. Baik itu saus sambal yang tajam, manis, atau pedas, menyesuaikan bahan-bahan seperti sambal, cuka, gula, dan rempah-rempah memungkinkan Anda menyesuaikan saus sesuai selera Anda. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memasukkan unsur tambahan seperti bawang putih, jahe, atau kecap untuk menambah kompleksitas saus sambal dan melengkapi kentang goreng. Dengan mengikuti tips berikut ini, Anda dapat meningkatkan cita rasa dan tekstur sambal goreng kentang Anda sehingga menghasilkan hidangan yang lezat dan memuaskan.

FAQ

Q: Apa saja bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat Saus Sambal Goreng Kentang? A: Bahan utama pembuatan Sambal Goreng Kentang antara lain kentang, bawang putih, cabai merah, bawang merah, tomat, kecap, gula pasir, garam, dan minyak untuk menggoreng.

Baca Juga :  Gulai Nangka Khas Masakan Padang Ini Tidak Boleh diLewatkan

Q: Bagaimana cara menyiapkan kentang untuk Saus Cabai Goreng Kentang? A: Untuk menyiapkan kentang, kupas dan potong dadu kecil. Kemudian, goreng potongan kentang hingga berwarna keemasan dan garing. Setelah digoreng, sisihkan di atas tisu untuk menghilangkan minyak berlebih.

Q: Bagaimana proses pembuatan sambalnya? A: Saus sambal dibuat dengan mencampurkan cabai merah, bawang putih, bawang merah, dan tomat. Campuran tersebut kemudian ditumis dalam wajan dengan sedikit minyak hingga menjadi harum. Setelah itu tambahkan kecap asin, gula pasir, dan garam, lalu biarkan saus mendidih hingga mengental.

Q: Bagaimana cara menggabungkan kentang goreng dengan saus sambal? A: Setelah menyiapkan sambal dan menggoreng kentang, campurkan dengan cara memasukkan kentang goreng ke dalam sambal yang sudah disiapkan hingga terlapisi secara merata. Hiasi dengan daun bawang cincang sebelum disajikan.

Q: Bisakah saya menyesuaikan pedasnya sambal sesuai selera saya? A: Ya, Anda bisa mengatur kepedasan sambal dengan menambahkan lebih banyak atau lebih sedikit cabai merah sesuai selera. Selain itu, Anda juga bisa membuang biji cabai untuk mengurangi tingkat panas saus.

Referensi : 

1.   Resep Sambel Goreng Kentang Ati Disertai Tips dan ….  (n.d.)   Diperoleh January 3, 2024, dari www.gramedia.com 

2.   Resep Sambal Goreng Kentang Tanpa Santan … – detikFood.  (n.d.)   Diperoleh January 3, 2024, dari food.detik.com 

3.   3 Resep Sambal Goreng Kentang Rumahan, Enak dan ….  (n.d.)   Diperoleh January 3, 2024, dari www.liputan6.com 

4.   Resep Kentang Saus Pedas oleh dian pawero.  (n.d.)   Diperoleh January 3, 2024, dari cookpad.com/id/resep/16308977-kentang-saus-pedas 

5.   Resep Sambal Goreng Kentang Ati, Bumbu Meresap dan ….  (n.d.)   Diperoleh January 3, 2024, dari www.tokopedia.com 

6.   Resep Sambal Goreng Kentang Cabai Hijau Enak Ini ….  (n.d.)   Diperoleh January 3, 2024, dari ramadhanalasase.sajiansedap.grid.id 

Baca Juga :  Bebek Liwet Khas Masakan Jawa yang Dijamin Mantul

7.   5 Resep Sambal Goreng Enak Bergizi yang Cocok untuk ….  (n.d.)   Diperoleh January 3, 2024, dari www.fimela.com 

8.   332 resep sambal goreng kentang saos enak dan mudah.  (n.d.)   Diperoleh January 3, 2024, dari cookpad.com/id/cari/sambal%20goreng%20kentang%20saos 

9.   Resep Kentang Balado oleh Siswaty Elfin Bachtiar.  (n.d.)   Diperoleh January 3, 2024, dari cookpad.com/id/resep/15726252-kentang-balado 

10.   15 Resep Sambal Goreng Kentang dengan Berbagai ….  (n.d.)   Diperoleh January 3, 2024, dari www.diadona.id 

11.   Apa jenis saus atau bumbu yang cocok dengan kentang ….  (n.d.)   Diperoleh January 3, 2024, dari id.quora.com 

12.   5 Resep Sambal Goreng Kentang yang Enak, Anti Gagal!.  (n.d.)   Diperoleh January 3, 2024, dari id.theasianparent.com/resep-sambal-goreng-kentang 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan