Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Nasi Ungu Korea, Enak dan Mudah Dibuat di Rumah!

Resep Nasi Ungu Korea, Enak dan Mudah Dibuat di Rumah!

Resep Nasi Ungu1 (1)

Resep Nasi Ungu

Nasi Korea berwarna ungu yang dimasak dikenal sebagai nasi ungu Korea. Dalam bahasa Korea, sering menyebutnya sebagai heukmi bap, yang diterjemahkan menjadi “beras hitam”. Tetapi mengapa kadang-kadang disebut sebagai beras ungu dan bukan beras hitam?

Pada dasarnya keduanya memiliki arti yang sama. Satu-satunya perbedaan yang nyata adalah warna nasinya, yang akan berubah tergantung pada seberapa banyak beras hitam yang dimasak selain beras putih.

Biasanya menggunakan rasio berikut untuk nasi ungu.

  1. 1 cangkir beras putih berbiji pendek + 1 1/2 sendok teh beras manis hitam – 2 sampai 3 porsi
  2. 2 cangkir beras putih berbiji pendek + 1 sendok makan beras manis hitam – 4 hingga 5 porsi

Dalam masakan Korea, ada dua jenis beras hitam. Yang pertama adalah beras hitam non-ketanin, sedangkan yang kedua adalah beras ketan hitam yang tampaknya lebih sering digunakan saat menyiapkan hidangan nasi.

Ketika dimasak, beras ketan hitam, juga dikenal sebagai beras manis hitam, memiliki konsistensi yang lebih lengket dan rasanya sedikit lebih manis daripada beras hitam biasa.

Kamu dapat menambah jumlah beras hitam jika ingin membuatnya lebih sehat. Ya, hal ini akan mengubah warna, rasa, dan tekstur nasi. Waktu memasaknya juga bisa bervariasi.

BAHAN-BAHAN UNTUK NASI UNGU KOREA (4 HINGGA 5 PORSI)

  1. 2 cangkir beras putih berbiji pendek
  2. 1 sendok makan beras ketan hitam
  3. 2 cangkir & 1 sendok makan air (rasio 1:1 untuk penanak nasi atau panci instan)

** Gelas yang digunakan di sini adalah gelas takar beras (1 gelas = sekitar 180 ml), bukan gelas takar standar.

Baca Juga :  Resep Gulee Sie Puteh Khas Aceh, Hidangan Mirip Opor yang Rasa Rempahnya Sangat Kuat

*** Perbandingan beras dan air 1 : 1 berlaku jika memasak dengan penanak nasi atau panci instan.  Jika memasak di atas kompor (metode penyerapan), tambahkan 1,21 kali lebih banyak air dibandingkan dengan berat beras (sekitar rasio volume 1 : 1,125).

CARA MEMBUAT NASI UNGU KOREA

  1. MEMBUAT NASI UNGU DENGAN PENANAK BERAS KOREA (CUCKOO)
  2. Bilas beras di panci bagian dalam penanak nasi sampai airnya jernih. Kamu perlu membilasnya tiga sampai empat kali. Tiriskan air dengan baik.
  3. Tutup penutupnya dan tutupi beras dengan air dengan perbandingan satu banding satu. Atur penanak nasi ke pengaturan.
  4. Alihkan ke pengaturan tetap hangat setelah nasi matang. Ini bisa selesai dalam 23 hingga 26 menit. Dengan menggunakan dayung beras, pulaskan nasi. Sajikan sekarang atau simpan untuk nanti.

Berikut ini adalah panduan penyimpanan:

  • MENGGUNAKAN POT INSTAN
  • Masukkan beras ke dalam panci bagian dalam panci instan dan bilas beras hingga airnya jernih. Kamu perlu membilasnya tiga sampai empat kali. Tiriskan airnya dengan baik.
  • Tutupi beras dengan air (perbandingan beras dan air adalah 1: 1) dan atur panci penanak ke “pressure cook” dengan tekanan tinggi. Hapus fitur “tetap hangat”. Periksa apakah gagang pelepas uap mengarah ke “menutup”. Atur pengatur waktu selama tiga menit, lalu tunggu sampai nasi matang.
  • Kembalikan uap secara normal selama 10 menit kemudian kembalikan sisa ketegangan dengan cepat. Waktu memasak berlangsung sekitar 24 menit.
  • Dengan menggunakan pengaduk nasi, segera kocok nasi setelah membuka tutupnya. Sajikan sekarang atau simpan untuk nanti. Nasi akan mulai menempel di dasar panci jika kamu membiarkannya terlalu lama.
Baca Juga :  Enak dan Praktis, Kue Bugis Ubi Ungu Wajib Dicoba

MEMANFAATKAN PEMBAKAR

  1. Gunakan panci berdasar tebal dengan tutup yang rapat, seperti dutch oven, untuk hasil terbaik.
  2. Beras harus dibilas di dalam mangkuk pengaduk hingga airnya jernih. Kamu perlu membilasnya tiga sampai empat kali. Tiriskan air dengan baik.
  3. Tambahkan air ke dalam beras dan masukkan ke dalam panci. Tambahkan air sebanyak 1,21 kali lebih banyak dari berat beras (sekitar 1: 1,125 rasio volume) karena uap tambahan keluar dari panci.
  4. Di atas api sedang-besar, didihkan air di dalam panci. Ini akan memakan waktu 8 hingga 9 menit). Rebus selama enam hingga tujuh menit lagi setelah menurunkan api menjadi sedang.
  5. Setelah itu, kecilkan api secara bertahap menjadi kecil dan didihkan selama lima menit. Jangan buka penutupnya saat mendidih karena akan mengurangi laju penguapan air.

Dengan tutupnya masih terpasang, angkat panci dari kompor dan diamkan selama 15 menit.

Nasi dapat ditepuk-tepuk dengan rice paddle setelah tutupnya dibuka. Sajikan sekarang atau simpan untuk nanti.

Cara terbaik untuk menyimpan nasi adalah di dalam freezer jika kamu memasak lebih dari yang dibutuhkan.

  1. Bagi nasi menjadi porsi yang lebih kecil agar dapat disimpan dalam wadah yang kedap udara dan aman untuk lemari es dan microwave. Sambil meminimalkan jumlah uap yang keluar, lakukan hal ini segera setelah nasi matang.
  2. Hal ini untuk memastikan nasi tetap lembab saat dipanaskan kembali di dalam microwave berkat uapnya. Dan nasi ini rasanya sama enaknya dengan nasi segar!
  3. Nasi dapat disimpan di dalam freezer hingga satu bulan. Jika kamu ingin menggunakan nasi untuk menumis, saya sarankan untuk menyimpannya di lemari es (hingga tiga sampai empat hari) karena nasi akan mengering secara alami di luar. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kamu dapat menyimpannya tanpa batas waktu selama disimpan di bawah suhu -18 C/0 F.) Hal ini akan memudahkan untuk menumis.
Baca Juga :  Memasak Kare Ayam yang Rasanya Maknyus untuk Disantap Seluruh Keluarga

Lihat video Resep Nasi Ungu

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan