Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Pempek Krispi dengan Cuko Khas Palembang yang Rasanya Mantul

Resep Pempek Krispi dengan Cuko Khas Palembang yang Rasanya Mantul

Resep Pempek Krispi (1)

Resep pempek krispi

Apakah Anda sudah mengetahui resep pempek krispi beserta cuko khas Palembang yang rasanya benar-benar menggoyang lidah?

Jika belum, silahkan membaca informasi ini hingga rampung karena akan menjabarkannya mulai dari bahan pempek, bahan cukp, serta yang penting cara membuatnya.

Langkah-langkah membuat pempek harus benar agar hasilnya benar-benar krispi. Saat digigit, pempeknya begitu krunchy di luar dan lembut serta gurih di dalamnya.

Masih menggunakan bahan dari daging ikan tenggiri yang terkenal tebal, lembut, dan kenyal. Sementara untuk cukonya, jangan pernah melewatkan cara membuatnya agar rasa asamnya mampu mengimbangi rasa pempek yang gurih.

Dengan begitu, pempek dan cuko saat disantap bersama-sama akan berasa lezat.

Lalu, bagaimana resep pempek krispi bersama cukonya yang direkomendasikan? Berikut informasi selengkapnya yang harus Anda baca.

Bahan-bahan

  1. 2 ekor ikan tenggiri segar ukuran sedang
  2. 15 gram tepung terigu protein sedang
  3. 150 ml air matang
  4. 2 siung bawang putih diparut
  5. ½ sendok teh garam
  6. 1 sendok teh baking powder
  7. ½ sendok teh gula pasir
  8. ¼ sendok teh kaldu bubuk
  9. Minyak goreng secukupnya

Bahan pelapis

  1. 100 gram tepung terigu
  2. 25 gram tepung sagu
  3. 25 gram tepung beras
  4. ½ sendok teh baking powder
  5. ¼ sendok teh garam
Baca Juga :  Resep Telur Geprek Viral Dan Enak

Bahan untuk cuko

  1. 500 gram gula Jawa disisir
  2. 1,5 liter air
  3. 50 gram asam kandis
  4. 1½ sendok teh garam
  5. 2½ sendok teh cuka

Cara membuat pempek krispi

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan resep pempek krispi dengan langkah-langkah membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ikan tenggiri yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, ambil dagingnya saja tanpa kulit, tulang, dan duri, lalu haluskan secara manual atau menggunakan chopper ataupun blender. Sisihkan dulu.
  2. Selanjutnya, siapkan panci dan rebus air bersama tepung terigu dan bawang putih diatas api kompor kecil saja. Aduk perlahan hingga mengental, lalu matikan kompor dan tutup pancinya.
  3. Siapkan baskom lalu masukkan daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan tadi. Tambahkan garam, baking powder, gula pasir, dan kaldu bubuk. Aduk merata menggunakan tangan saja hingga semua tercampur.
  4. Setelah itu, masukkan bubur tepung yang sudah dibuat sebelumnya. Sedikit demi sedikit saja memasukkannya sambil terus diaduk hingga adonannya kalis.
  5. Selanjutnya, ambil baskom lainnya dan campurkan semua bahan pelapis hingga merata dan kalis. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng pempek.
  6. Ambil sekitar 1 sendok makan adonan pempek dibuat oval, lalu dimasukkan ke dalam adonan pelapis. Setelah itu, masukkan ke dalam minyak panas. Lakukan langkah tersebut hingga semua adonannya habis.
  7. Goreng pempek hingga berwarna kecoklatan dan matang. Jangan lupa dibolak-balik agar metangnya merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  8. Sambil menunggu pempeknya agak mendingin, Anda bisa membuat saus cukonya. Caranya, rebus air dan gula Jawa diatas api kompor kecil saja hingga larut serta berwarna kecoklatan.
  9. Tambahkan asam kandis, cuka, dan garam. Aduk merata hingga sedikit mengental, lalu matikan kompor. Setelah itu, saring cairannya hingga didapatkan cukonya.
  10. Pempek dan cuko sudah jadi, sehingga tinggal disajikan. Siapkan sebuah piring saji untuk tempat pempek dan sebuah mangkuk untuk cukonya. Silahkan Anda mencicipi sendiri pempek krispi dengan cuko khas Palembang tersebut.
Baca Juga :  Dadar Jagung Renyah, Mudah Kok, Begini Resepnya

Sekarang, Anda sekalian sudah mengetahui resep pempek krispi beserta cuko yang direkomendasikan. Selanjutnya, silahkan Anda coba membuatnya di rumah karena dijamin rasanya mantul. Selamat mencoba.

Lihat video Resep Pempek Krispi

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan