Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Ayam Popcorn Sambal Ijo, Sajian ala Rumahan yang Mantap dan Menggugah Selera

Resep Ayam Popcorn Sambal Ijo, Sajian ala Rumahan yang Mantap dan Menggugah Selera

Ayam Popcorn Sambal Ijo1 (1)

Resep ayam popcorn sambal ijo

Resep ayam popcorn sambal ijo sangat menarik untuk dimasak, dicicipi, dan disantap beramai-ramai.

Biasanya ayam popcorn menjadi salah satu toping di menu ricebowl yang sekarang masih cukup populer di tengah masyarakat.

Anda yang belum pernah mencicipi ayam popcorn mungkin agak aneh membayangkannya. Hal itu dikarenakan popcorn sangat identik dengan jagung meletup yang biasanya dimakan saat bersantai.

Namun sekarang, popcorn tersebut berbahan daging ayam yang dimasak dan dibuat menyerupai popcorn jagung.

Hanya ukurannya agak besar, sehingga lebih cocok untuk dijadikan toping lauk. Apalagi ditambah dengan sambal ijo khas Padang yang akan semakin menggugah selera.

Anda sekalian yang penasaran dengan resep ayam popcorn sambal ijo selengkapnya silahkan membaca uraian di bawah ini.

Bahan-bahan

  1. 2 potong paha ayam atas atau bawah
  2. ½ sendok teh garam
  3. ¼ sendok teh merica bubuk
  4. ½ sendok makan air jeruk nipis
  5. 250 ml minyak goreng untuk menggoreng ayam dan menumis
  6. 200 ml air es untuk pencelup

Bahan tepung pelapis

  1. 200 gram tepung terigu
  2. 100 gram tepung beras
  3. 2 sendok teh garam
  4. 1 sendok teh merica bubuk

Bahan sambal ijo

  1. 10 buah cabai rawit hijau
  2. 7 buah cabai keriting hijau
  3. 3 buah cabai besar hijau
  4. 6 buah bawang merah
  5. 2 siung bawang putih
  6. ½ sendok teh garam
  7. ½ sendok teh gula pasir
  8. ½ sendok makan air jeruk nipis
Baca Juga :  Memasak Resep Steak Daging Sapi Teflon yang Mudah dan Praktis

Cara membuat ayam popcorn sambal ijo

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep ayam popcorn sambal ijo dengan cara memasaknya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Ambil dan buang tulangnya. Setelah itu, potong dadu ukuran sekitar 2 cm x 2 cm.
  2. Selanjutnya, siapkan wadah baskom lalu masukkan semua potongan daging ayam ke dalamnya. Setelah itu, beri air jeruk nipis, garam, dan merica. Aduk merata dengan tangan, lalu masukkan ke dalam kulkas kurang lebih 10 menit.
  3. Sambil menunggu daging ayam dimarinasi, Anda bisa membuat adonan tepung untuk pelapisnya. Siapkan dulu wadah baskom lagi, lalu masukkan semua bahan tepung pelapis ke dalamnya. Aduk merata.
  4. Keluarkan ayam yang sudah dimarinasi dari dalam kulkas. Lalu, celupkan satu per satu ke dalam air es yang sudah disiapkan. Setelah itu, gulingkan diatas tepung pelapis sambil dicubit-cubit. Lakukan langkah tersebut untuk semua potongan ayam.
  5. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan diatas api kompor sedang dan beri minyak goreng untuk menggoreng ayam tepung. Pastikan minyak sudah panas, barulah masukkan satu per satu daging ayam yang sudah diberi bumbu tepung ke dalam wajan.
  6. Jangan lupa dibolak-balik agar kematangannya merata. Setelah berwarna kecoklatan, segera angkat dan tiriskan.
  7. Ayam popcorn sudah jadi dan tinggal membuat sambal ijonya. Cara membuatnya, yaitu haluskan kasar saja semua cabai, bawang merah, dan bawang putih.
  8. Setelah itu, panaskan lagi wajan penggorengan dan kurangi minyak goreng sisa menggoreng ayam sebelumnya hanya tinggal sekitar 2 sendok makan. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu sambal ijo hingga harum dan jangan lupa dibumbui garam dan gula pasir.
  9. Masukkan ayam popcorn yang sudah matang ke dalam wajan dan aduk merata sebentar. Tambahkan air jeruk nipis dan aduk merata sebentar. Setelah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  10. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan ayam popcorn sambal ijo yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya untuk menambah aroma sedap. Jika ingin menyantapnya sebagai lauk, jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat.
Baca Juga :  Resep Bubur Beras Hitam kaya Manfaat Kesehatan

Resep ayam popcorn sambal ijo yang diuraikan diatas dengan jelas bisa Anda praktikkan sekarang juga. Setelah matang, jangan lupa mengajak seluruh keluarga mencicipinya.

Lihat video membuat Ayam Popcorn Sambal Ijo

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info