Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Lezatnya Risotto, Hidangan Khas Italia, Mudah Bikinnya

Lezatnya Risotto, Hidangan Khas Italia, Mudah Bikinnya

resep risotto

Resep Risotto

Bagi kamu yang suka traveling di luar negeri, khususnya di eropa tentunya menu satu ini tidaklah asing bagi kalian. Hidangan Risotto yang terkenal itu memiliki tekstur yang lembut, rasanya gurih dan nikmat.

Risotto ini terbuat dari beras Arborio dipadukan dengan berbagai rempah dan kaldu dalam olahannya. Sajian lezat ini tentunya mirip dengan olahan yang ada di Indonesia dengan mayoritas sumber karbohidrat dari beras.

Risotto sangat enak jika dipadukan dengan berbagai sayuran dan ayam. Untuk membuat risotto ini sendiri membutuhkan waktu kurang lebih 60 menit dan tidak perlu peralatan yang aneh, cukup dengan peralatan harian bunda.

Nah jika kalian penasaran dengan makanan satu ini. yuk simak resep dari topwisata berikut.

Bahan Utama :

  1. 150 gram beras
  2. 2 potong daging ayam
  3. 50 gram keju cheddar
  4. 1 buah wortel kecil
  5. 5 buah buncis

Bahan dan Bumbu Risotto:

  1. 600 ml air kaldu ayam
  2. 1 siung bawang putih dicincang
  3. Secukupnya daun seledri
  4. minyak untuk menumis
  5. garam dan merica
  6. 1/2 bawang bombay, diiris kotak kecil
Baca Juga :  Memasak Resep Sup Jagung yang Hangat dan Lezat di Rumah

Cara Membuat Risotto Ayam Sayuran yang Enak, Lezat Khas Italia yang Mudah

Tips persiapan Bahan Utama:

  1. Pertama-tama yang harus kita siapkan adalah berasnya, cuci bersih beras agar mendapatkan rasa yang nikmat. pisahkan kotoran beras dan buang.
  2. Kemudian langkah kedua adalah dengan membersihkan daging ayam dari kotoran. Pastikan ayam bersih agar nantinya tidak ada nuansa jadi badmood ketika makan. Setelah dirasa bersih, masukan ayam kedalam wadah
  3. Sayuran yang mama siapkan tadi potong menjadi bagian kecil-kecil. paling tidak berukuran 1 cm. Kemudian masukan potongan sayur tadi kedalam wadah.
  4. Kemudian tips terakhir adalah mempersiap keju, parut keju tadi dan masukkan hasil parutannya dalam wadah untuk kemudian sisihkan juga.

Nah, setelah semua bahan sudah mama siapkan. Sekarang saatnya membuat Risotto.

Cara Membuat Risotto Ayam Sayuran:

  1. Semua bahan utama sudah disiapkan, sekarang saatnya membuat Risotto yang mantab ini. Siapkan ayam yang sudah mama bersihkan tadi, kemudian rebus hingga matang. setelah matang, angkat ayam tadi kemudian potong-potong sesuai selera. Rekomendasi potong menjadi dadu, kemudian sisihkan.
  2. Kemudian langkah selanjutnya adalah, siapkan panci, tuangkan minyak dan panaskan dengan api kecil. tumis bawang bombay, seledri, dan bawang putih sampai aromanya wangi.
  3. Masukan beras Risotto tadi ke dalam wajan, kemudian tumis dan aduk-aduk sampai merata dan meresap.
  4. Tambahkan 3 sendok sayur kaldu ke dalam tumisan beras tadi, aduk-aduk dan tunggu sampai meresap.
  5. Tambahkan garam dan merica sesuai dengan selera, mama bisa mencampurnya tanpa merica jika dikonsumsi anak-anak. aduk-aduk terus sampai kaldu tersebut meresap dan menyusut.
  6. Setelah beras matang, angkat dan tuangkan Nasi Risotto ke dalam piring saji. Tambahkan topping ayam potong, buncis, wortel dan aduk-aduk sampai merata.
  7. Jadi deh, sajian Risotto yang begitu terkenal di Italia ini. Risotto siap dihidangkan bersama keluarga. Selamat mencoba dan menikmati bun.
Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info