Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Risotto Beras Merah ala Italiano yang Lebih Sehat dan Tetap Mengenyangkan

Resep Risotto Beras Merah ala Italiano yang Lebih Sehat dan Tetap Mengenyangkan

Risotto Beras Merah (1)

Resep risotto beras merah

Resep risotto beras merah cukup menarik untuk diketahui informasinya. Bukan hanya mengetahui resepnya saja, tetapi juga bisa mempraktikkannya langsung di rumah. Terutama Anda sekalian yang suka mekanan Western khususnya asal negara Italia. Risotto merupakan santapan berbahan nasi putih yang dimasak dengan kaldu dan menjadi semacam kaldu. Mungkin mirip dengan bubur ayam khas Indonesia, tetapi bahan dan cara membuatnya berbeda.

Untuk risotto kali ini, bahan yang dipakai adalah beras merah. Jenis beras yang bersifat organik, sehingga lebih menyehatkan karena sedikit mengandung glukosa. Risotto beras merah tersebut masih ditambah jamur kancing. Sangat cocok disantap oleh Anda yang berdiet atau vagetarian. Lalu, bagaimana resep risotto beras merah selengkapnya? Silahkan membaca uraian berikut yang semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 250 gram beras merah organik
  2. 20 gram jamur kancing kering
  3. 100 gram jamur kancing segar dibersihkan lalu potong jadi dua bagian
  4. 2 sendok makan minyak zaitun
  5. 1 butir bawang bombay dicincang kasar
  6. 2 batang seledri dipotong kecil
  7. ½ sendok teh kunyit bubuk
  8. ½ sendok teh garam
  9. ¼ sendok teh merica bubuk
  10. 500 ml kaldu sayuran
  11. Parutan keju parmesan secukupnya
Baca Juga :  Coba Bikin Mie Bebek Menggunakan Panci Presto yang Lebih Mudah

Cara membuat risotto beras merah

Setelah semua bahan diatas sudah disediakan lengkap, silahkan Anda mempraktikkan resep risotto beras merah dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Silahkan rendam dulu jamur kering ke dalam air panas mendidih selama 15 menit. Angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  2. Selanjutnya, siapkan wajan penggorengan dan panaskan diatas api kompor kecil saja. Beri minyak zaitun yang sudah disiapkan, lalu tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  3. Tambahkan potongan seledri dan jamur kancing segar. Aduk merata dan tumis hingga layu. Setelah itu, masukkan beras merah.
  4. Aduk perlahan terus menerus agar beras tidak lengkat. Tambahkan kunyit bubuk dan jamur kering yang sudah direndam air panas temasuk airnya. Aduk perlahan lagi.
  5. Sambil diaduk, tuangkan kaldu sayur sedikit demi sedikit ke dalam wajan. Masak seperti itu selama kurang lebih 20 menit.
  6. Bumbui dengan garam dan merica bubuk, lalu aduk perlahan lagi. Masak hingga berasnya menjadi nasi lembek dan lembut, seperti bubur.
  7. Silahkan Anda mencicipi sedikit masakannya untuk memastikan rasanya sudah sesuai selera. Jika sudah dan tekstur risotto benar-benar matang serta berwarna kemerahan, segera matikan. Diamkan dulu beberapa menit agar tidak terlalu panas.
  8. Siapkan 2 – 3 piring saji utuk plating, lalu pindahkan risotto beras merah yang sudah matang diatasnya. Beri parutan keju parmesan secukupnya di tiap piring. Risotto siap disantap.
Baca Juga :  Resep Soto Tangkar Legenda khas Betawi

Bagaimana resep risotto beras merah dengan tambahan jamur kancing diatas? Anda yang begitu berselera untuk segera mencicipinya silahkan mempraktikkan resepnya sekarang juga. Risotto seperti itu cocok untuk sarapan pagi yang lezat dan tetap mengenyangkan perut.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan