Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Udang Goreng Cabai Bawang, Masakan Eksklusif ala Rumahan yang Pasti Lezat

Resep Udang Goreng Cabai Bawang, Masakan Eksklusif ala Rumahan yang Pasti Lezat

Udang Goreng Cabai Bawang1 (1)

Resep udang goreng cabai bawang

Resep udang goreng cabai bawang merupakan salah satu masakan seafood atau Chinese food yang cukup eksklusif.

Bukan hanya karena rasanya saja, tetapi juga penyajiannya benar-benar elegan. Terutama di restoran berbintang, sehingga jangan heran jika menu kuliner tersebut dibandrol dengan harga cukup mahal.

Anda yang penasaran dengan rasa masakannya tidak perlu mengeluarkan uang berlebih untuk membelinya di restoran berbintang.

Anda bisa memasaknya di rumah dengan bahan dan bumbu yang mudah mendapatkannya di pasar tradisional atau supermarket terdekat.

Namun demikian, langkah-langkah memasaknya harus benar dan direkomendasikan. Oleh karenanya, silahkan membaca dan memahami terlebih dulu resep udang goreng cabai bawang selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram udang segar ukuran sedang
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 1 sendok teh cabai bubuk
  4. ½ sendok teh garam
  5. 500 ml minyak goreng untuk menggoreng udang

Bahan tepung pelapis

  1. 150 gram tepung terigu
  2. 50 gram tepung beras
  3. ¼ sendok teh baking powder
  4. ¼ sendok teh kaldu ayam bubuk
  5. ¼ sendok teh garam
  6. ¼ sendok teh merica bubuk
  7. 250 ml air es

Bahan tumisan cabai bawang

  1. 4 siung bawang putih dicincang kasar
  2. 5 buah cabai rawit merah dipotong kecil
  3. 2 buah cabai merah besar dicincang kasar
  4. 1 sendok teh cabai bubuk
  5. 1 helai daun seledri dicincang halus
  6. 1 sendok makan margarin untuk menumis
Baca Juga :  Resep Cumi Bumbu Daun Kemangi Bikin Nagih

Cara memasak udang goreng cabai bawang

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep udang goreng cabai bawang dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua udang yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang bagian kepala, cangkang, serta kotoran di punggungnya.
  2. Setelah itu, masukkan semua udang ke dalam baskom bersih, lalu beri perasan jeruk nipis, cabai bubuk, dan garam. Aduk merata sebentar, lalu diamkan sekitar 15 menit.
  3. Langkah berikutnya membuat bahan pelapis. Caranya cukup mudah, yaitu siapkan baskom bersih lainnya. Setelah itu, masukkan satu per satu semua bahan tepung pelapis, kecuali air es.
  4. Selanjutnya, masukkan satu per satu udang yang sudah dimarinasi ke dalam tepung pelapis. Setelah itu, masukkan ke dalam air es, lalu guling-gulingkan lagi ke tepung pelapis. Lakukan langkah tersebut untuk semua udang. Sisihkan dulu.
  5. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menggoreng udang. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan satu per satu udang ke dalam wajan.
  6. Goreng udang hingga berubah warna dan tepung pelapisnya kecoklatan. Jangan lupa dibolak-balik agar tingkat kematangannya merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  7. Kurangi minyak goreng sisa menggoreng udang sebelumnya hingga tersisa sekitar 2 sendok makan karena hanya akan digunakan untuk menumis. Panaskan lagi minyaknya, lalu beri margarin.
  8. Setelah margarin meleleh, tumis bawang putih hingga harum. Tambahkan semua cabai dan aduk merata.
  9. Setelah itu, masukkan udang goreng ke dalam wajan dan kecilkan api kompor. Aduk merata.
  10. Tambahkan cabai bubuk dan cincangan seledri. Aduk lagi sebentar. Anda bisa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Setelah itu, matikan kompor karena masakan sudah matang dan siap disajikan.
  11. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan udang goreng cabai bawang yang sudah matang diatasnya. Anda bisa memberikan taburan bawang merah goreng secukupnya agar lebih sedap. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya sebagai lauk.
Baca Juga :  Resep Som Tum, terkenal dengan rasa segar dan pedasnya

Langkah-langkah memasak resep udang goreng cabai bawang diatas silahkan Anda praktikkan di rumah. Setelah masakannya matang, ajak seluruh keluarga dan orang terdekat untuk mencicipinya. Selamat mencoba.

Lihat video membuat Udang Goreng Cabai Bawang

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info