Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Jajan Madu Mongso enak dan manis

Resep Jajan Madu Mongso enak dan manis

Resep Madu Mongso (2)

Resep Jajan Madu Mongso

Recipe By siti
Course: Pemula Cusine:Indonesia Difficulty:Mudah

Servings

6 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

60 minutes

Calories

300 kcal

INGREDIENTS

  1. 250 gram Tape Ketan

  2. 100 gram kelapa parut

  3. 100 ml air matang

  4. 3 sendok makan Gula pasir dan Gula Merah

  5. Garam secukupnya

  6. Kurma tanpa biji

  7. Madu

  8. Pandan

DIRECTION

  1. Campurkan

    Campurkan tepung tape ketan, kelapa parut, air matang, Gula Pasir dan Gula merah, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan membentuk adonan yang kalis.

  2. Ambil sedikit adonan

    Ambil sedikit adonan, lalu bentuk bulat pipih sesuai selera.

  3. Panaskan

    Panaskan air dalam panci.

  4. Masak

    Masak adonan hingga air meresap dan matang sempurna. Angkat dan tiriskan.

NOTES

    <a href="https://www.topwisata.info/2024/04/resep-jajan-madu-mongso-ini-video-membuatnya.html">Lihat video membuatnya</a>

Halo semua pembaca setia! Siapa di antara kita yang tidak suka jajan? Makanan ringan yang enak dan manis seringkali menjadi pilihan terbaik untuk menemani waktu luang. Salah satu jajanan favorit yang sedang populer belakangan ini adalah Jajan Madu Mongso. Jajanan ini memiliki cita rasa manis yang lezat dan kaya akan nutrisi. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat sendiri di rumah, berikut adalah resep praktis untuk menciptakan Jajan Madu Mongso yang lezat dan sehat.

Bahan-bahan:

  1. 250 gram tepung ketan
  2. 100 gram kelapa parut
  3. 100 ml air matang
  4. 3 sendok makan madu
  5. Garam secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Campurkan tepung ketan, kelapa parut, air matang, gula pasir dan gula merah, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan membentuk adonan yang kalis.
  2. Ambil sedikit adonan, lalu bentuk bulat pipih sesuai selera.
  3. Panaskan panci hingga mendidih.
  4. Masak adonan hingga berwarna air meresap mengental dan matang sempurna. Angkat dan tiriskan.
Baca Juga :  Resep Terik Daging Lezat untuk Hidangan Makan Siang

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat Jajan Madu Mongso sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Manfaat Jajan Madu Mongso

Jajan Madu Mongso tidak hanya enak, tetapi juga kaya manfaat untuk kesehatan tubuh. Madu yang menjadi salah satu bahan utama pada jajanan ini mengandung berbagai nutrisi penting seperti antioksidan, vitamin, dan mineral. Selain itu, kelapa parut yang juga digunakan dalam Jajan Madu Mongso kaya serat dan baik untuk pencernaan. Dengan mengonsumsi jajanan ini secara moderat, Anda dapat menikmati manfaat kesehatan yang ditawarkannya.

Tips Memilih Bahan Berkualitas

Agar Jajan Madu Mongso yang Anda buat memiliki rasa yang lezat dan kaya nutrisi, pastikan untuk memilih bahan-bahan berkualitas. Pilihlah madu asli yang murni tanpa tambahan gula atau bahan kimia lainnya. Selain itu, pilih kelapa parut segar yang masih alami tanpa bahan pengawet. Dengan memilih bahan berkualitas, Anda dapat menjamin kualitas jajanan yang Anda buat di rumah.

Variasi Jajan Madu Mongso

Jajan Madu Mongso memiliki rasa yang lezat secara standar, namun Anda juga dapat bereksperimen dengan berbagai varian rasa untuk menambah variasi. Anda dapat menambahkan kacang-kacangan cincang atau wijen ke dalam adonan untuk memberikan tekstur yang berbeda. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan bubuk cokelat atau kayu manis untuk memberikan aroma yang khas. Cobalah berbagai variasi rasa untuk menciptakan Jajan Madu Mongso yang unik dan menarik.

Baca Juga :  Resep Ayam Goreng Tepung Saus Pedas, Variasi Kuliner yang Menggugah Selera

Jajan Madu Mongso Sebagai Camilan Sehat

Jajan Madu Mongso tidak hanya enak untuk dinikmati sebagai camilan, tetapi juga sehat untuk dikonsumsi. Dibandingkan dengan jajanan-jajanan lain yang sering mengandung pengawet dan pemanis buatan, Jajan Madu Mongso terbuat dari bahan-bahan alami yang lebih sehat. Dengan mengonsumsi jajanan ini secara bijak dan seimbang, Anda dapat menikmati camilan sehat tanpa perlu khawatir akan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Jajan Madu Mongso adalah pilihan camilan yang lezat dan sehat untuk dinikmati. Dengan bahan-bahan alami dan proses pembuatan yang sederhana, Anda dapat dengan mudah membuat jajanan ini di rumah. Selain enak, Jajan Madu Mongso juga kaya manfaat untuk kesehatan tubuh. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep ini dan nikmati camilan sehat nan lezat bersama keluarga tercinta.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah bisa mengganti tepung beras dengan tepung terigu?

Ya, Anda bisa mengganti tepung beras dengan tepung terigu jika tidak memiliki tepung beras. Namun, tekstur dan rasa Jajan Madu Mongso mungkin akan sedikit berbeda.

2. Berapa lama masa simpan Jajan Madu Mongso?

Jajan Madu Mongso dapat disimpan dalam wadah kedap udara selama 2-3 hari di suhu ruangan. Pastikan untuk menyimpannya di tempat yang kering agar tetap renyah.

Baca Juga :  Apam/Apem Mini Camilan Enak, Legit Lagi

3. Apakah bisa menggunakan madu biasa daripada madu murni?

Ya, Anda bisa menggunakan madu biasa sebagai pengganti madu murni. Namun, pastikan untuk memilih madu yang berkualitas agar rasa Jajan Madu Mongso tetap lezat.

4. Bisakah Jajan Madu Mongso disajikan sebagai oleh-oleh?

Tentu saja! Jajan Madu Mongso bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang unik dan lezat untuk dibagikan kepada kerabat atau teman. Pastikan untuk menyajikannya dalam wadah yang menarik dan higienis.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info