Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Yeong Gye Baeksuk (Sup Ayam Jiwa)

Resep Yeong Gye Baeksuk (Sup Ayam Jiwa)

Yeong Gye Baeksuk1 (1)

Resep Yeong Gye Baeksuk

Yeong gye baeksuk, yang juga dikenal sebagai young gye baeksook, adalah sup ayam Korea untuk jiwa. Sup ayam Korea yang bening ini memiliki tiga variasi utama, masing-masing dengan nama yang unik:

  1. Yeong gye baeksuk adalah sup yang dibuat dengan ayam muda yang tidak mengandung bumbu tambahan.
  2. Dak baeksuk adalah sup yang dibuat dengan ayam dewasa yang mengandung beberapa bumbu.
  3. Sam gye tang adalah sup yang dibuat dengan ayam muda yang menggunakan ginseng, kurma, dan isian nasi manis.

Bahan – Bahan :

(Tingkat kesulitan: mudah. Porsi: 4. Waktu persiapan: 15 menit. Waktu memasak: 35-40 menit)

  1. 1 ekor ayam buruan cornish (atau ayam muda 2-3 kg), harus dicairkan di lemari es semalaman jika dibekukan
  2. 1 siung bawang putih utuh, kupas (atau 8-10 siung bawang putih)
  3. 1 bawang bombay utuh, kupas
  4. 3 daun bawang
  5. garam dan merica

Saus untuk ayam :

  1. 1 T kecap asin hitam
  2. 1 sdt cuka

Cara Membuat :

  1. Pilihan terbaik adalah ayam buras Cornish. Ayam ini memiliki lebih sedikit lemak dan empuk. Akan lebih baik jika kamu bisa mengeluarkannya langsung dari freezer. Jika tidak, belilah yang beku dan cairkan sepenuhnya. Ayam kecil yang masih muda dapat dibeli sebagai pengganti ayam cornish jika tidak tersedia. Cara paling efektif untuk mencairkan adalah dengan membiarkannya di dalam lemari es dalam waktu singkat atau 10 jam. Kamu juga dapat mencairkan ayam, yang masih terbungkus, selama tiga hingga empat jam dalam air dingin jika memiliki waktu yang lebih sedikit. Ayam juga dapat dicairkan di dalam microwave, tetapi hal ini tidak disarankan jika tidak memiliki banyak waktu.
  2. Buang ujung ekor, leher, dan ujung sayap. Buang bagian perut ayam jika mengandung jeroan ayam itik. Mungkin ada banyak lemak di dekat bagian bawah atau di sekitar dada. Buanglah sebanyak mungkin lemak yang bisa. Tepuk-tepuk ayam hingga kering setelah dicuci dengan air mengalir.
  3. Siapkan bawang putih dengan mengupas dan merendam seluruh umbi dalam air.
  4. Bawang bombay tidak boleh dikupas sama sekali.
  5. Didihkan 7 C air dingin, ayam, bawang putih, dan bawang bombay dalam panci.
  6. Untuk ayam yang lebih kecil (kurang dari 2 kg), didihkan selama 35 menit dengan api sedang atau kecil, untuk ayam yang lebih besar, didihkan selama 40 menit. Dengan menusuk area antara paha dan perut ayam, lihat apakah ada darah untuk menentukan apakah ayam sudah benar-benar matang. Jika kamu melihat adanya warna kemerahan, masaklah selama beberapa menit lagi.
  7. Letakkan ayam di atas piring dan biarkan dingin selama beberapa menit. Daun bawang harus dipotong kecil-kecil, sekitar 1/3 bagian.
  8. Dalam mangkuk, sajikan sup, nasi, ayam, dan daun bawang. Bumbui dengan garam dan merica sebelum disajikan. Jika orang ingin menyantap ayam tanpa sup, buatlah saus kecap untuk dicelupkan ke dalamnya. Kamu juga dapat menyajikan ayam dengan garam dan merica, dan alih-alih menggunakan saus kecap, orang dapat mencelupkan potongan ayam ke dalam campuran garam dan merica. Terakhir, sajikan kimchi dan rumput laut kering yang direbus.
Baca Juga :  Kreasi tahu telur khas surabaya ini enak untuk disajikan, ini dia resepnya

Catatan : Ayam tidak boleh dimasak terlalu matang. Waktu memasak harus lebih singkat untuk ayam yang lebih kecil. Tusuk ayam setiap 35 menit sekali untuk terus mengujinya. Ayam akan menjadi lembek dan pucat jika terlalu matang.

Lihat video membuat Yeong Gye Baeksuk

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan