Lompat ke konten
Home » Wisata » Camping Seru Dikelilingi Bunga Anggrek di Orchid Forest Cikole

Camping Seru Dikelilingi Bunga Anggrek di Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole6

Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole Lembang sudah ada semenjak tahun 2017 bulan Agustus. Ini adalah taman anggrek paling luas di Indonesia. Letaknya berada di tengah hutan lindung terbentang hingga 12 hektar.  Di taman ini, paling tidak ada 157 jenis bunga anggrek yang dikembangkan.

Orchid Forest Cikole ini fokus dalam memperkenalkan serta membudidayakan tanaman-tanaman anggrek. Memakai metode lokal dan internasional.

Spesies tanaman anggrek tak hanya dari Indonesia yang memang adalah negara kedua paling banyak mempunyai varian anggrek. Tanaman anggrek di sini pun ada yang berasal dari negara lain, seperti Argentina, Filipina, Venezuela, Amerika Serikat, dan Peru.

Jam Buka

Orchid Forest Cikole buka dari pagi sampai sore hari. Di akhir pekan, pengunjung dapat menikmati suasana saat malam hari yang dihiasi dengan hiasan-hiasan lampu.

Untuk jam buka sendiri adalah Senin – Jumat 09.00 – 18.00 WIB dan Sabtu – Minggu 08.00 – 19.00 WIB.

Apa Saja yang Menarik di Orchid Forest Bandung?

Salah satu yang menjadi ciri khas tempat wisata satu ini adalah koleksi bunga anggrek. Bahkan di sini ada bunga Anggrek langka sulit ditemukan seperti anggrek kantong semar (Paphiopedilum Glaucophyllum), anggrek hitam (Coelogyne pandurata), dan jenis Paraphalaenopsis Laycocky terpanjang.

Selain bisa melihat dan menikmati keindahan dari berbagai bunga anggrek, pengunjung pun bisa menikmati indahnya pohon pinus berjejer serta hawa sejuk yang luar biasa. Suhu dingin disini membuat bunga anggrek dapat tumbuh sangat baik.

Baca Juga :  5 Tempat Menikmati Keindahan City Light of Bandung

Tempat wisata ini pun menyediakan berbagai macam wahana, atraksi, serta aktivitas-aktivitas yang bisa manjakan wisatawan. Mulai dari pergelaran atau permainan. Berikut ini sejumlah hal yang jadi daya tarik Orchid Forest Cikole.

  • Wood Bridge

Jembatan yang bergoyang-goyang ini dibuat dari kayu dan tali tambang berwarna putih. Jembatan ini memanjang kurang lebih sepanjang 50 meter. Ketika malam hari, otomatis lampu-lampu di tempat ini akan menyala karena telah dipasangi sensor cahaya. Seketika suasana menjadi kian romantis di tempat ini.

Untuk bisa menaiki jembatan ini, wisatawan perlu membayar  Rp20.000 per orangnya. (Harga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan dari Orchid Forest Cikole Bandung).

  • Kegiatan Outbond

Tak lengkap rasanya jika di tempat sesejuk ini wisatawan tidak mencoba kegiatan outbond. Lokasinya menarik karena berada di ruang terbuka hijau. Ada beberapa wahana yang tersedia yaitu wahana Flying fox, airsoft Gun, high rope, panahan, dan lain-lain yang bisa menjadi pilihan untuk menguji keberanian.

  • Garden Of Light

Selama berada tempat wisata ini tak lengkap rasanya jika wisatawan tidak mengabadikan momen saat berjalan-jalan. Di tempat ini terdapat spot-spot foto menarik yang akan memanjakan mata.

Beberapa di antaranya yaitu terdapat panggung terbuka, rumah pohon, dan rumah kelinci. Di sini wisatawan dapat mengabadikan momen berwisata ke dalam kamera kesayangan.

  • Camping Ground Orchid Forest Cikole

Selanjutnya bagi yang ingin bermalam di Orchid Forest Bandung bisa berkemah di camping Ground. Serunya berkemah di alam terbuka dapat wisatawan rasakan di tempat ini.

Baca Juga :  Pemandian Kalireco Malang, Segar Alami untuk Hilangkan Penat

Sedangkan biayanya cukup terjangkau mulai dari Rp450.000 untuk empat orang, dan Rp950.000 untuk 9 orang per malamnya. Biaya ini sudah termasuk biaya makan pagi, api unggun, dan jagung bakar.

  • Toko Dan Konsultasi

Selain dapat menikmati keindahan bunga anggrek dan pohon pinus. Wisatawan dapat membeli bunga anggrek yang tersedia. Namun jangan terlalu kaget jika wisatawan harus merogoh dompet cukup dalam untuk bisa memilikinya.

Selain terdapat penjualan bunga anggrek, wisatawan yang sudah menanam anggrek di rumah juga dapat berkonsultasi. Seperti berdiskusi perihal cara merawat bunga anggrek dengan baik, sampai permasalahan bunga anggrek yang sakit atau tidak berkembang dengan benar.

  • Wahana Lain

Tidak kalah menarik dari wahana dan fasilitas yang ada di tempat ini, terdapat rumah kaca berbentuk kubah, ada juga spot foto di mana wisatawan bisa langsung memberi makan kelinci. Bagi yang suka berolahraga terdapat tempat untuk tenis meja.

Fasilitas Orchid Forest Cikole

Bagi wisatawan yang enggan berjalan kaki mengitari hutan anggrek yang sangat luas, Orchid Forest Cikole menyediakan mobil golf. Mobil golf ini akan membawa pengunjung berkeliling  ke tempat-tempat indah yang ada di sini.

Sedangkan untuk biayanya jangan khawatir. Karena wisatawan tidak perlu membayar biaya lagi untuk menaikinya alias gratis.

Fasilitas lain yaitu tempat dimana terdapat kursi berundak dari kayu yang membentuk tribun stage. Tempat ini bisa juga dijadikan sebagai tempat pagelaran musik dan acara lain yang bertemakan alam, tempat ini disebut teras paphio.

Baca Juga :  Destinasi Wisata Indah di Adipala Cilacap, Gunung Selok

Untuk menambah kenyamanan pengunjung Orchid Forest Cikole juga menyediakan cafe. Pengunjung bisa menikmati berbagai menu makanan tanpa khawatir merasa lapar. Sedangkan bagi yang membawa kendaraan, parkiran yang cukup luas juga tersedia.

Pengunjung juga bisa menginap di Orchid Forest Bandung. Dengan menyewa fasilitas ground yang tersedia di taman anggrek ini.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan