Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat Resep Rendang Jengkol Dengan Kelezatan Dan Aroma Khas

Membuat Resep Rendang Jengkol Dengan Kelezatan Dan Aroma Khas

Rendang Jengkol 1 (1)

Membuat Resep Rendang Jengkol Dengan Kelezatan Dan Aroma Khas- Mungkin sebagian orang tidak menyukai jengkol karena mengeluarkan aroma yang tidak sedap setelahnya. Padahal jengkol memiliki cita rasa yang nikmat, apalagi jika diolah dengan bumbu yang kuat.

Resep Rendang Jengkol

Siapa yang bisa menolak kelezatan dan aroma rendang yang menggugah selera? Resep rendang jengkol akan menghadirkan sensasi baru dan memikat lidah Anda. Meski kontroversial, jengkol yang biasanya dikenal dengan aromanya yang khas,

Resep Rendang Jengkol merupakan menu yang bisa dimasak kapan saja. Sajian ini bisa menjadi alternatif jika ingin mengganti daging sapi. Jengkol merupakan bahan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai menu yang lezat. Bagi pecinta jengkol tentunya sudah tidak asing lagi mengkreasikan bahan makanan ini dalam menu masakan sehari-hari.

Baca Juga :  Kreasi tahu telur khas surabaya ini enak untuk disajikan, ini dia resepnya

Bahan Resep Rendang Jengkol

Meski memiliki aroma yang khas, jengkol juga enak jika diolah dengan bumbu rendang. Bahan dan bumbu yang digunakan untuk memasak sama dengan membuat rendang daging sapi. Rendang Jengkol biasanya ditemukan di rumah makan Padang. Perpaduan bumbu jengkol dan rendang tentu membuat siapapun ketagihan.

  1. 500 gram jengkol
  2. 1 liter santan
  3. 4 lembar daun salam
  4. 1 batang serai, memarkan
  5. Lengkuas 5 cm, memarkan
  6. Garam
  7. Gula

Bumbu halus

  1. 10 bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 3 lembar daun jeruk
  4. 100 gram cabai merah besar
  5. 4 bijih kemiri
  6. lengkuas 4 sentimeter
  7. Jahe 3 sentimeter
  8. ½ sendok makan ketumbar
  9. ½ sendok makan lada bubuk

Cara Membuat Resep Rendang Jengkol

Kali ini jika ingin mencicipi rendang jengkol, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan resep pilihan Anda. Bumbu rendang jengkol siap disajikan kapan saja. Berikut ini adalah tentang cara membuat rendang jengkol:

  1. Rebus jengkol bersama serai dan lengkuas tumbuk hingga empuk. Lalu pipihkan jengkol agar saat sudah matang bumbu bisa meresap.
  2. Tumis bumbu halus dan daun salam hingga harum, masukkan jengkol, aduk rata.
  3. Kemudian masukkan santan, aduk agar santan tidak pecah, setelah mendidih tambahkan garam dan gula, aduk terus hingga santan menyusut dan mengering. Koreksi rasa, Angkat dan sajikan setelah matang.
Baca Juga :  Resep Wedang Uwuh, Minuman hangat dan menenangkan

Demikian penjelasan dari saya tentang membuat Resep Rendang Jengkol dengan kelezatan dan aroma khas semoga bermanfaat, terimakasih.

Lihat video membuat Rendang Jengkol

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan