Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Ayam Krispi Saus Mayo, Kuliner Enak yang Disukai Banyak Orang

Resep Ayam Krispi Saus Mayo, Kuliner Enak yang Disukai Banyak Orang

Ayam Krispi Saus Mayo (1)

Resep ayam krispi saus mayo

Resep ayam krispi saus mayo merupakan masakan yang sederhana dan cukup mudah membuatnya. Namun, rasanya enak dan membuat ketagihan banyak orang mulai dari anak kecil hingga orang tua.

Tentu saja daya tarik utamanya dari daging ayam yang empuk dan lembut. Selain itu, balutan tepungnya menjadikan daging ayam lebih krispi atau renyah. Dengan begitu, makanannya renyah di luar, tetapi lembut dan masih tetap juicy di bagian dalam.

Apalagi ada sensasi saus mayo yang dibuat dari beberapa bahan mudah didapatkan. Setelah matang, Anda bisa memakannya dengan mencocolkan ayam krispi ke saus mayo.

Atau mungkin, saus mayonya langsung disiram diatas ayam krispi, lalu disantap hingga habis. Dijamin rasanya enak dan menggoyang.

Anda yang ingin membuatnya di rumah silahkan membaca dulu resep ayam krispi saus mayo selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 300 gram daging ayam segar tanpa tulang
  2. 2 butir putih telur ayam
  3. 3 siung bawang putih dihaluskan
  4. ½ sendok teh garam
  5. ½ sendok teh lada bubuk
  6. 100 gram tepung serbaguna
  7. 50 gram tepung maizena
  8. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Bahan untuk saus mayo

  1. 4 sendok makan saus mayonais
  2. 2 sendok makan saus mayonais pedas
  3. 1 sendok makan minyak wijen
  4. 2 sendok makan susu kental manis putih
  5. 1 sendok makan madu
  6. 1 sendok makan air jeruk lemon
  7. 5 sendok makan air matang
  8. 1 sendok makan margarin
  9. 3 siung bawang putih dicincang kasar
Baca Juga :  Resep Sate Kambing Kuah Gulai, Menu Masakan Sedap Berkualitas untuk Semua Orang

Cara membuat ayam krispi saus mayo

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, silahkan Anda mempraktikkan resep ayam krispi saus mayo dengan langkah-langkah membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, potong ukuran sedang atau sesuai selera Anda.
  2. Siapkan wadah baskom bersih, lalu masukkan semua potongan ayam ke dalamnya. Tambahkan bawang putih, garam, dan lada bubuk. Lalu, aduk merata semuanya dan simpan di dalam kulkas sekitar 2 jam agar bumbu marinasinya meresap.
  3. Sambil menunggu daging ayam dimarinasi, Anda bisa membuat saus mayonya terlebih dulu. Caranya cukup mudah, panaskan wajan penggorengan diatas api kompor kecil saja dan beri margarin untuk menumis.
  4. Setelah margarin meleleh, tumis bawang putih hingga harum. Tambahkan satu per satu semua bahan saus mayo lainnya ke dalam wajan. Aduk perlahan hingga semua bahan tercampur dan mendidih.
  5. Jangan lupa mencicipi sedikir sausnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah matang dan rasanya sesuai selera, matikan kompor. Sisihkan dulu.
  6. Setelah 2 jam dimarinasi, keluarkan daging ayam dari dalam kulkas. Lalu, campurkan tepung serbaguna dengan tepung maizena.
  7. Celupkan dulu potongan ayam ke dalam putih telur, angkat dan guling-gulingkan diatas adonan tepung. Lakukan hal tersebut sekali lagi hingga semua permuka daging ayam tertutupi tepung.
  8. Panaskan wajan penggorengan lainnya dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan satu per satu ayam yang sudah dibaluri tepung ke dalam wajan.
  9. Goreng diatas api kompor sedang saja dan jangan lupa dibolak-balik agar kematangannya merata. Jika warna ayam sudah kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  10. Siapkan piring saji untuk plating, lalu letakkan semua ayam krispi yang sudah matang diatasnya. Siapkan juga mangkuk kecil untuk wadah saus mayonya yang sudah jadi. Atau mungkin, Anda ingin menuangkan langsung saus mayo diatas tumpukan ayam krispi.
Baca Juga :  Resep Ayam Bakar Taliwang khas Lombok yang Pedas

Ternyata memang benar, resep ayam krispi saus mayo cukup mudah mempraktikkannya. Oleh karenanya, silahkan Anda coba di rumah sekarang juga.

Lihat video membuat Ayam Krispi Saus Mayo

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan