Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Yuk, Memasak Resep Sate Daging Sapi untuk Dibagikan Kepada Orang Terdekat

Yuk, Memasak Resep Sate Daging Sapi untuk Dibagikan Kepada Orang Terdekat

Sate Daging Sapi

Resep sate daging sapi

Resep sate daging sapi merupakan salah satu menu kuliner yang bisa Anda coba di rumah. Terutama saat stok daging sapi di rumah masih cukup banyak pasca perayaan Idul Adha.

Jangan membuangnya karena mubazir dan tidak berkah. Pilihan terakhir, yaitu diberikan kepada orang lain yang mungkin masih membutuhkan.

Namun demikian, lebih baik memberikan daging sapi tersebut sudah dalam kondisi matang dan siap santap.

Dengan kata lain, daging sapinya sudah dimasak atau diolah menjadi menu kuliner tertentu yang pastinya menggugah selera.

Selanjutnya, kuliner yang sudah matang tersebut silahkan diberikan kepada orang terdekat atau orang lain yang membutuhkan. Mereka yang menerimanya merasa senang dan Insya Allah Anda mendapatkan pahala.

Salah satu menu kuliner berbahan daging sapi yang direkomendasikan, yaitu sate. Berikut resep sate daging sapi yang bisa Anda praktikkan di rumah.

Bahan-bahan

  1. 500 gram daging sapi dibersihkan lalu dipotong dadu
  2. 6 sendok makan minyak wijen
  3. 1 sendok makan kecap asin
  4. 1 buah buah nanas matang dikupas lalu dicincang kasar
  5. 2 buah apel merah atau hijau dicincang kasar
  6. 1 sendok makan saus cabai
  7. 1 buah jeruk nipis
  8. ¼ sendok teh lada bubuk
  9. 1 sendok makan biji wijen disangrai
  10. Kecap manis secukupnya
  11. Tusuk sate secukupnya
Baca Juga :  Resep Masakan Tim Ikan Hainam

Cara membuat sate daging sapi

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan resep sate daging sapi dengan langkah-langkah membuatnya sebagai berikut.

  1. Siapkan wadah baskom bersih, lalu masukkan semua potongan daging sapi ke dalamnya. Tambahkan minyak wijen dan kecap asin. Aduk merata dan diamkan sekitar 10 menit agar bumbunya meresap ke dalam daging.
  2. Sambil menunggu daging sapi dimarinasi, Anda bisa membuat saus pendampingnya. Caranya, siapkan dulu sebuah mangkuk besar, lalu masukkan ke dalamnya nanas dan apel yang sudah disiapkan.
  3. Tambahkan saus cabai, perasan jeruk nipis, dan lada bubuk. Setelah itu, aduk merata hingga semua bahan tercampur. Sisihkan dulu.
  4. Ambil sebuah tusuk sate, lalu tusukkan 4 – 5 potongan daging sapi. Lakukan langkah tersebut hingga semua potongan daging sapi habis.
  5. Selanjutnya, siapkan tempat pembakaran dengan menggunakan tungku bara api atau kompor pemanggangan.
  6. Sebelum dibakar, olesi dulu atau celupkan ke dalam kecap manis. Setelah itu, bakar sate hingga berwarna kecoklatan dan ada beberapa bagian yang kehitaman.
  7. Jangan lupa membolak-balikkan satenya agar kematangannya merata. Setelah matang, angkat dan sisihkan dulu.
  8. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu tata dan letakkan sate daging sapi yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan saus nanas apel yang sudah dibuat sebelumnya. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya sebagai lauk makan.
Baca Juga :  Resep Mie Yamin Ayam Jamur ala Rumahan yang Rasanya Dijamin Mantul

Bagaimana resep sate daging sapi diatas, cukup menarik, bukan? Silahkan Anda coba di rumah dan jangan lupa bagikan kepada tetangga dan orang terdekat. Selamat mencoba.

Lihat video membuat Sate Daging Sapi

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan