Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Yuk, Coba Memasak Resep Ayam Bumbu Rujak yang Menggugah Selara di Rumah

Yuk, Coba Memasak Resep Ayam Bumbu Rujak yang Menggugah Selara di Rumah

Resep Ayam Bumbu Rujak1 (1)

Resep ayam bumbu rujak

Anda mungkin sudah pernah mencicipi atau menyantap resep ayam bumbu rujak. Namun, bagaimana jika memasaknya sendiri di rumah? Terutama bagi Anda sekalian yang hobi atau suka memasak serta belum pernah memasaknya. Pasti tertantang untuk memasak ayam bumbu rujak. Disebut bumbu rujak bukan karena bumbunya memakai sambal khas rujak, tetapi bumbu untuk memasaknya memakai beragam rempah khas Nusantara.

Menu kuliner yang satu ini lebih berciri khas masakan Jawa. Oleh karenanya, banyak warung Tegal (warteg) yang menjualnya. Rasa masakannya gurih, pedas, dan manis menjadi satu sehingga sangat menggugah selera. Jika penasaran dengan masakannya, silahkan memasaknya di rumah dengan panduan resep ayam bumbu rujak selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram ayam segar di bagian sesuai selera
  2. 2 lembar daun jeruk
  3. 2 lembar daun salam
  4. 1 batang serai digeprek
  5. 1 sendok makan larutan asam Jawa
  6. ½ sendok teh garam
  7. 1 sendok makan gula pasir
  8. 1 sendok makan gula Jawa disisir
  9. 300 ml santan
  10. 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis
Baca Juga :  Mencoba Memasak Nasi Goreng Thailand yang Rasanya Mantul

Bumbu yang dihaluskan

  • 5 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 2 buah cabai merah besar
  • 2 cm jahe
  • 4 butir kemiri disangrai

Cara memasak ayam bumbu rujak

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, silahkan Anda mempraktikkan cara memasak resep ayam bumbu rujak dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan ayam yang sudah dibersihkan di bawah air mengalir, lalu potong menjadi beberapa bagian sesuai selera.
  2. Setelah itu, masukkan potongan ayam ke dalam wadah baskom bersih dan beri garam dan larutan asam Jawa. Aduk sebentar, lalu diamkan beberapa saat hingga meresap.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  4. Tambahkan daun jeruk, daun salam, dan batang serai. Tumis lagi hingga layu. Setelah itu, masukkan potongan ayam, lalu aduk merata dan masak hingga berubah warna.
  5. Tuangkan santan dan kecilkan apii kompor. Aduk perlahan saja terus menerus agar santan tidak pecah. Masak hingga sedikit menyusut dan mengental. Pastikan ayam sudah matang dan empuk. Jika belum, tambahkan air secukupnya dan masak lagi beberapa menit.
  6. Jangan lupa bumbui dengan garam, gula pasir, dan gula Jawa. Aduk perlahan lagi. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk memastikan rasanya sudah sesuai selera. Jika sudah, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  7. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan ayam bumbu rujak yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada untuk menjadikan masakannya lebih sedap. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menjadikannya lauk makan.
Baca Juga :  Tahu Crispy Saus Sambal Pedas, Camilan Enak

Cukup mudah bukan memasak resep ayam bumbu rujak? Silahkan Anda coba memasaknya di rumah dan jika sudah matang ajak seluruh keluarga untuk mencicipinya. Selamat mencoba.

Lihat video membuat Resep Ayam Bumbu Rujak

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan