Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Mie Kari Penang, Kuliner Khas Melayu dengan Citarasa Nusantara

Resep Mie Kari Penang, Kuliner Khas Melayu dengan Citarasa Nusantara

Mie Kari Penang (2)

Resep mie kari penang

Resep mie kari penang memang identik dengan kuliner khas Malaysia. Mungkin mirip dengan mie Aceh, tetapi ada beberapa bahan dan bumbunya berbeda. Secara umum, masakan yang satu ini masih satu serumpu, yaitu Melayu. Oleh karenanya, sebagian masyarakat Indonesia yang berasal dari suku Melayu tetap mempertahankan kekayaan kulinernya.

Anda mungkin salah satu penggemar kuliner Melayu yang kaya akan bumbu berempah. Silahkan mencoba mie kari penang tersebut. Mungkin jarang ada yang menjualnya di Indonesia. Namun demikian, Anda masih bisa coba memasaknya di rumah dengan bahan dan bumbu yang familiar untuk masyarakat Indonesia. Untuk lebih jelas dan lengkap resep mie kari penang, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 200 gram mie kuning
  2. 200 gram bihun kering rendam dalam air panas hingga melunak
  3. 300 gram udang segar dibersihkan dan direbus hingga berubah warna
  4. 100 gram daging kerang hijau
  5. 2 potong cumi asin diiris tipis
  6. 300 gram daging dada ayam direbus hingga matang lalu disuwir
  7. 200 gram tahu putih digoreng setengah matang lalu dipotong dadu
  8. 2 batang serai digeprek diambil bagian putihnya
  9. 500 ml santan kental
  10. 1 liter kaldu ayam
  11. 1 sendok teh garam
  12. 1 sendok teh gula pasir
  13. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Baca Juga :  Enak Murah Meriah Tahu Crispy Renyah ala Street Food, Ternyata ini Resepnya

Bumbu yang dihaluskan

  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 cabai merah besar
  • 5 cabai rawit merah
  • 1 sendok makan ketumbar disangrai
  • 1 sendok teh merica butiran
  • 1 sendok teh terasi

Bahan pelengkap

  • Sambal cabai rawit secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Saus cabai/tomat secukupnya

Cara memasak mie kari penang

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep mie kari penang dengan langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus yang sudah disiapkan hingga harum.
  2. Tambahkan irisan cumi kering dan serai. Tumis hingga tercampur merata dan layu. Setelah itu, tuangkan semua kaldu ayam. Kecilkan api kompor, lalu aduk perlahan. Masak hingga kuahnya mendidih.
  3. Setelah itu, tuangkan santan kental dan aduk perlahan saja terus menerus agar santannya tidak pecah. Setelah mendidih, masukkan daging kerang hijau, suwiran daging ayam, dan potongan tahu. Aduk lagi dan masak sekitar 5 menit.
  4. Bumbui dengan garam dan gula pasir, lalu aduk perlahan. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk memastikan rasanya sudah sesuai selera atau belum. Jika rasanya sudah sedap, segera matikan kompor dan biarkan beberapa saat agar tidak terlalu panas.
  5. Waktunya plating. Siapkan piring atau mangkuk saji untuk plating, lalu beri mie kuning dan bihun secukupnya. Setelah itu, tuangkan kuah karinya yang sudah matang secukupnya. Taburi bawang merah goreng untuk menambah sedap masakan. Lengkapi dengan sambal cabai rawit, kecap manis, dan sambal cabai rawit/tomat sesucukupnya sesuai selera Anda.
Baca Juga :  Resep Pisang Goreng Crispy ala Rumahan

Sekarang, Anda sekalian sudah mengenal cara memasak salah satu kuliner khas Melayu, yaitu resep mie kari penang. Selanjutnya, silahkan mencoba resepnya di rumah untuk bisa membuktikan sendiri kesedapan rasanya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan