Lompat ke konten
Home » Resep » Bernostalgia Dengan Resep Es Podeng yang Rasanya Benar-Benar Mantap

Bernostalgia Dengan Resep Es Podeng yang Rasanya Benar-Benar Mantap

Es Podeng (2)

Resep es podeng

Resep es podeng zaman dulu memang sangat populer hingga dijajakan di pinggiran jalan. Namun sekarang, es tersebut seperti hilang dari peredaran karena kalah populer dengan jenis minuman dingin lainnya. Anda mungkin yang dulu pernah merasakan manis legit dan gurih santan dari es podeng. Oleh karenanya, sekarang ingin bernostalgia dengan rasanya yang benar-benar autentik.

Mungkin saat ini jarang ditemui penjual esnya, kecuali di kota-kota besar masih ada penjualnya. Anda sekalian yang ingin mencicipi dan menikmati es podeng seperti zaman dulu, tidak perlu khawatir. Silahkan membaca terlebih dulu resep es podeng selengkapnya berikut. Setelah itu, Anda dapat mempraktikkannya sendiri di rumah. Dijamin resepnya direkomendasikan dan rasanya mantap.

Bahan-bahan

  1. 1 bungkus atau 7 gram bubuk agar-agar merah
  2. 75 gram gula pasir
  3. 1,5 liter air untuk merebus
  4. 75 gram biji mutiara merah muda kering
  5. 2 buah alpukat matang dikeruk daging buahnya
  6. 12 scup es puter santan vanila
  7. 3 sendok makan susu kental manis vanila
  8. 3 lembar roti tawar potong dadu
  9. 2 sendok makan coklat meises
  10. 2 sendok makan kacang tanah dikupas, lalu disangrai sebentar dan dicincang kasar
Baca Juga :  Rahasia Nasi Liwet Sunda yang Selalu Menggugah Selera

Cara membuat es podeng

Setelah semua bahan diatas sudah disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan resep es podeng dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Langkah awal membuat agar-agarnya terlebih dulu. Caranya, siapkan panci bersih ukuran sedang, lalu rebus sekitar 750 ml air diatas api kompor sedang.
  2. Masukkan bubuk agar-agar merah dan gula pasir ke dalam panci. Rebus sambil sesekali diaduk perlahan hingga mendidih.
  3. Setelah itu, matikan kompor lalu tuangkan cairan agar-agar ke dalam loyang bersih ukuran sedang. Masukkan ke dalam kulkas hingga mengeras. Jika agar-agar sudah mengeras, silahkan diserut dengan sendok atau parutan keju. Sisihkan dulu.
  4. Langkah selanjutnya, siapkan panci bersih lagi dan rebus sisa air yang sudah disediakan diatas api kompor sedang. Masukkan biji mutiara dan rebus hingga berwarna bening serta mengapung. Setelah itu, angkat dan tiriskan, lalu siram dengan air matang. Sisihkan.
  5. Waktunya plating. Sediakan beberapa mangkuk saji ukuran sedang untuk plating. Beri alpukat secukupnya, serutan agar-agar merah, dan biji mutiara.
  6. Lalu, tambahkan es puter yang sudah disiakan, susu kental manis, serta taburi meises coklat dan cincangan kacang. Es podeng siap disajikan.
Baca Juga :  Resep Pepes Tahu Kemangi, hidangan tradisional rasa khas dan lezat

Setelah membaca uraian resep es podeng diatas, diharapkan Anda bisa memahami, lalu mempraktikkannya di rumah. Cocok disajikan di siang hari yang panas untuk disantap agar mendinginan tubuh. Silahkan mencoba resepnya dan semoga sesuai selera.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info